Viral Foto Jatuhnya Meteor di Puncak Gunung Merapi

Viral Foto Jatuhnya Meteor di Puncak Gunung Merapi

Viral Foto Jatuhnya Meteor di Puncak Gunung Merapi – Gunung Merapi  adalah gunung berapi di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung api teraktif di Indonesia. Lereng sisi selatan berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Magelang di sisi barat, Kabupaten Boyolali di sisi utara dan timur, serta Kabupaten Klaten di sisi tenggara.

Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. Jagat media sosial dihebohkan dengan sebuah foto dan video yang menunjukkan adanya kilatan cahaya biru mengarah ke puncak Gunung Merapi.

Warganet menduga kilatan itu merupakan meteor yang jatuh di puncak Gunung Merapi. Foto tersebut sudah ramai dibicarakan oleh warganet sejak  Deposit IDN Poker Via Dana dini hari tadi WIB. Bahkan, sempat menjadi viral dan dibahas di berbagai linimasa.

1. Tersebar di instagram

Adanya desas-desus terkait meteor yang jatuh di puncak Gunung Merapi, bermula dari unggahan salah satu warganet di instagram dengan nama akun @gunarto_song.

Dia mengunggah hasil fotonya 18 jam yang lalu. @gunarto_song memamerkan hasil jepretan ciamiknya ke Gunung Merapi.

2. Kilat biru di tengah puncak Gunung Merapi

Foto yang menarik, karena di tengah puncak, terlihat kilatan warna biru mengarah ke puncak Gunung Merapi.

“Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi ??, Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta(27 Mei 2021, Jam 23.07 WIB),” begitu caption @gunart_song.

3. Langsung viral
Heboh Foto Meteor Jatuh di Puncak Gunung Merapi

Jepretan @gunarto_song banjir komentar. Ada yang kagum karena @gunarto_song bisa menangkap momen yang diduga meteor jatuh. Tak sedikit yang memberikan selamat kepada @gunarto_song karena fotonya menjadi viral.

Memang, foto ini menuai 12.432 likes di instagram. Selain itu, foto tersebut juga dibagikan ulang sejumlah akun di media sosial twitter yang membuatnya makin viral.

Gunung ini memiliki potensi kebencanaan yang tinggi karena menurut catatan modern mengalami erupsi setiap dua sampai lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang padat. Sejak tahun 1548, gunung ini sudah meletus sebanyak 68 kali. Kota Magelang dan Kota Yogyakarta adalah kota besar terdekat, berjarak kurang dari 30 km dari puncaknya.

Di lerengnya masih terdapat permukiman sampai ketinggian 1.700 meter dan hanya berjarak empat kilometer dari puncak. Oleh karena tingkat kepentingannya ini, Merapi menjadi salah satu dari enam belas gunung api dunia yang termasuk dalam proyek Gunung Api Dekade Ini (Decade Volcanoes).