Ulasan Seputar Penemuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021

Ulasan Seputar Penemuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021

Ulasan Seputar Penemuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021 – Planet luar surya, atau eksoplanet, adalah planet di luar Tata Surya. Sampai dengan 1 September 2021, terdapat 4.834 planet terkonfirmasi di dalam 3.572 sistem keplanetan, 795 di antaranya memiliki lebih dari satu planet. Sebagian besar telah terdeteksi melalui metode pengamatan langsung kecepatan radial (radial velocity) dan metode-metode lainnya selain penginderaan.

Kebanyakan dari planet yang telah ditemukan tersebut adalah planet raksasa besar seperti Jupiter, bukan planet kecil yang padat dikarenakan keterbatasan dalam teknologi deteksi. Sejak pertama kali ditemukan di tahun 1989, keberadaan eksoplanet atau planet ekstrasurya terus menjadi perhatian. Berbagai misi eksplorasi eksoplanet diluncurkan dan terus berlangsung hingga saat ini.

Eksoplanet sendiri adalah planet-planet yang berada di luar tata surya dan tidak mengorbit matahari, melainkan mengorbit bintang lain ataupun pusat galaksi! Dikutip dari laman nasa.gov, terhitung ada 4.576 exoplanet yang berhasil terdeteksi oleh satelit milik NASA hingga 5 Desember 2021.

1. Gliese 486 b
6 Temuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021, Ada Planet yang Layak Huni

Bulan Maret 2021 lalu, Trifon Trifonov, yaitu peneliti astronomi dari Max Planck Institute for Astronomy Jerman dan rekannya menemukan eksoplanet mirip Venus dan Bumi yang diberi nama Gliese 486 b. Eksoplanet ini ditemukan berjarak hanya 24 tahun cahaya dari bintang induk yang diorbitnya, lho!

Dilansir jurnal Science, eksoplanet berbatu ini punya massa tiga kali lebih besar dari bumi, namun punya waktu orbit yang lebih pendek, yaitu 1,46 hari. Dengan jarak planet yang hanya 2,5 juta kilometer dari bintang yang diorbit dan waktu orbit yang pendek, gak mengherankan kalau eksoplanet ini sangat panas!

Suhu Gliese 486 b hampir menyaingi suhu Planet Venus, yaitu sekitar 800 Farenheit atau 426 derajat celcius! Dari suhunya saja, sudah pasti eksoplanet ini tidak bisa dihuni ya!

2. TOI-2257 b
6 Temuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021, Ada Planet yang Layak Huni

Sebuah planet es mirip Neptunus di luar tata surya ditemukan pada November 2021 lalu oleh Schanche, yaitu peneliti dari Universitas Bern, Swiss dan 63 Ilmuwan lainnya.

Dalam jurnal Astronomy and Astrophysics  dijelaskan bahwa planet es yang diberi nama TOI-2257 b ini ditemukan sejauh 189 tahun cahaya dari bumi. Disebut planet es, eksoplanet TOI-2257 b ini diduga memiliki suhu 256 K atau setara dengan -17,15 derajat celcius!

Meskipun termasuk planet yang dingin, peneliti menganggap masih ada kemungkinan planet ini bisa menunjang kehidupan layaknya di Bumi. Menarik ya!

3. Luyten 98-59 e
6 Temuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021, Ada Planet yang Layak Huni

Penemuan eksoplanet Luyten 98-59 e pada Maret 2021 lalu menarik perhatian ilmuwan. Planet ‘hangat’ yang punya massa 3,06 kali massa Bumi ini ternyata berpotensi masuk dalam daftar eksoplanet yang berada di zona layak huni!

Dilansir jurnal Astronomy and Astrophysics, Demangeon, yaitu ahli Astronomi dari Pusat Astrobiologi di Madrid, Spanyol menjelaskan adanya kemungkinan Luyten 98-59 e memiliki temperatur yang hangat dan atmosfer layaknya bumi. Meskipun begitu, dugaan Demangeon ini perlu dikonfirmasi melalui penelitian lebih lanjut.

4. GJ 367 b
6 Temuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021, Ada Planet yang Layak Huni

Pada 2 Desember 2021 lalu, penemuan eksoplanet terkecil sepanjang sejarah diumumkan dalam jurnal Science edisi terbaru. Dilansir laman nasa.gov, eksoplanet yang dinamai GJ 367 b ini ternyata ditemukan hanya sejauh 31 tahun cahaya dari Bumi dan punya massa setengah kali lebih kecil dari Bumi!

Dikutip dari jurnal Science edisi terbaru, Kristin W. F. Lam yaitu peneliti asal Technical University Berlin, Jerman dan rekannya menjelaskan bahwa eksoplanet ini hanya butuh waktu 0,3 hari atau kurang dari 1 hari untuk mengorbit bintang induknya!

Sayangnya, karena waktu orbit yang singkat dan jarak planet yang dekat dengan bintang yang diorbit membuat eksoplanet ini terlalu panas untuk dihuni.

5. YSES 2 b
6 Temuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021, Ada Planet yang Layak Huni

Bukan cuma planet berbatu, tipe eksoplanet gas juga ditemukan di tahun 2021. Dalam jurnal Astronomy and Astrophysics, Alexander Bohn, yaitu peneliti dari Leiden Observatory dan rekannya mengumumkan penemuan eksoplanet yang diberi nama YSES 2 b.

Dijuluki planet gas raksasa, YSES 2 b ternyata punya jarak yang sangat jauh dengan bintang yang diorbitnya lho! Planet YSES 2 b butuh waktu 1.176,5 tahun untuk mengorbit bintang induknya! Lama banget, bukan?

Dilansir dari jurnal yang sama, Bohn dan rekannya juga memprediksi kalau eksoplanet ini ada sejak 14 juta tahun lalu dan punya massa 6,3 kali lebih besar dari planet Jupiter, yaitu planet terbesar di tata surya.

6. Kepler-129 d
6 Temuan Terbaru Eksoplanet di Tahun 2021, Ada Planet yang Layak Huni

Penemuan planet gas berukuran super besar yang dinamai Kepler-129 d diumumkan oleh Jingwen Zhang, yaitu peneliti dari University of Hawaii dan 12 rekannya pada bulan Agustus 2021 lalu. Dilansir The Astronomical Journal, Kepler-129 d ditemukan sejauh 1.334 tahun cahaya dari Bumi melalui pengamatan terhadap sistem Kepler 129 selama 6 tahun.

Pengamatan ini dilakukan menggunakan spektrometer resolusi tinggi, yaitu alat yang bisa memantau komposisi planet ataupun temuan lain di galaksi yang jauh dari bumi. Masih dikutip dari jurnal yang sama, eksoplanet yang super besar ini ternyata punya massa 8 kali lebih besar dari planet Jupiter yang ada di tata surya, lho! Beda dari planet YSES 2 b yang butuh waktu ribuan tahun untuk mengorbit bintangnya, Kepler 129 d punya waktu orbit yang lebih singkat, yaitu 7,2 tahun.

Planet-planet luar surya menjadi subjek penelitian ilmiah di pertengahan abad ke-19. Banyak astronom menduga bahwa planet-planet tersebut ada, tetapi mereka tidak tahu seberapa banyak planet-planet tersebut, atau semirip apa dengan planet-planet di Tata Surya.

Deteksi pertama yang dikonfirmasi adalah melalui metode kecepatan radial dilakukan pada tahun 1995, yang menyatakan bahwa terdapat planet gas raksasa di sekitar bintang 51 Pegasi yang termasuk ke dalam bintang Kelas G. Frekuensi deteksi dengan metode tersebut cenderung meningkat sejak itu.

Itulah eksoplanet terbaru yang ditemukan ilmuwan di tahun 2021. Ternyata ada ya planet di luar tata surya yang punya karakteristik mirip dengan Bumi bahkan beberapa di antaranya berpotensi mendukung kehidupan layaknya di Bumi. Sekarang pengetahuan astronomimu jadi makin bertambah, bukan? Jangan lupa untuk terus update pengetahuan sainsmu ya!