Temu Ireng Untuk Kesehatan

temu ireng

Temu Ireng Untuk Kesehatan – Nama latin temu hitam atau temu ireng adalah Curcuma aeruginosa Roxb yang merupakan tanaman temu-temuan yang memiliki rimpang berwarna gelap atau kehitaman. Ia merupakan tumbuhan semak yang tingginya bisa sampai 2 meter, memiliki batang berwarna hijau dan agak lunak karena merupakan batang semu yang tersusun atas kumpulan pelepah daun.

Temu ireng tumbuh subur di Tanah Air. Di Sumatera, temu ireng dikenal dengan nama temu erang, di Sunda dikenal dengan nama koneng hideung, temu ereng (Madura), temu leteng (Makassar), maupun temu lotong (Bugis).  .onversity.

Pemanfaatan temu ireng sebagai jamu atau obat tradisional khas Indonesia bukan lagi rahasia. Penelitian telah mengungkap bahwa mereka kaya akan flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan dan antimikroba.

Selain itu, tanaman rimpang merupakan obat tradisional paling ampuh yang satu ini juga mengandung minyak atsiri (turmerone dan zingiberene) sebanyak 2 persen.

Meski rimpangnya berwarna hitam, temu ireng juga mengandung zat pewarna kuning alias kurkuminoid, yakni kurkumin 62 persen dan desmetoksi kurkumin 38 persen. Temu ireng juga terbukti mengandung alkaloid, saponin, pati, damar atau getah, dan lemak.

berdasarkan kandungannya yang lengkap dengan gizi dan nutrisi, manfaat untuk kesehatan temu ireng ada sangat banyak, yaitu :

1. Detoksifikasi

Manfaat temu ireng yang di percaya oleh masyarakat Indonesia adalah sebagai detoksifikasi alias mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Hal inilah yang mendasari penggunaan temu hitam sebagai salah satu komposisi dalam jamu pelancar haid maupun pelancar nifas untuk ibu setelah melahirkan.

Temu Ireng Untuk Kesehatan

2. Menyehatkan saluran pencernaan

Sehatnya saluran cerna inilah yang di percaya dapat membuat nafsu makan anak meningkat. Banyak masyarakat percaya bahwa khasiat temu hitam sangat baik untuk menghilangkan kolik dan menghilangkan cacingan yang memengaruhi kesehatan pencernaan. Livechat Live22

3. Antimikroba

Temu hitam bermanfaat untuk mencegah infeksi bakteri. Kandungan minyat atsiri pada temu ireng membuat mereka memiliki sifat antimikroba terhadap bakteri gram positif, yakni Staphylococcus aureus dan Escherichia coli. Bakteri S.

4. Mengobati batuk, asma, dan reumatik

Manfaat temu ireng lainnya adalah mengobati asma, reumatik, hingga obesitas. Hal ini di dapat dari sifat rimpang temu hitam yang bersifat anthelmintik dan depuratif. Selain temu hitam bermanfaat sebagai obat asma, tanaman ini juga berperan penting untuk mengatasi reumatik dan batuk.