Satelit Paling Ringan di Dunia Ciptaan Remaja India

Satelit Paling Ringan di Dunia Ciptaan Remaja India

Satelit Paling Ringan di Dunia Ciptaan Remaja India – Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alami dan satelit buatan. Sisa artikel ini akan berkisar tentang satelit buatan.

Satelit buatan manusia pertama adalah Sputnik 1, diluncurkan oleh Soviet  pada tanggal 4 Oktober 1957, dan memulai Program Sputnik Rusia, dengan  Sergei Korolev sebagai kepala disain dan Kerim Kerimov sebagai asistennya. Peluncuran ini memicu lomba ruang angkasa (space race) antara Soviet dan  Amerika.

Baru-baru ini media massa internasional memberitakan penemuan muda asal India. Ia berhasil menciptakan sebuah benda yang Daftar Live22 Slot dianggap akan menjadi satelit paling ringan di dunia.

Ikut Kompetisi yang di Sponsori oleh NASA

Houston City and NASA's Space Center Sightseeing Tour 2021

Berkat hasil ciptaannya, benda ini nantinya akan diluncurkan ke orbit dari fasilitas Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) pada Juni 2017. Diketahui, perangkat seberat 64 gram karya Rifath Shaarook itu terpilih sebagai pemenang dalam sebuah kompetisi yang disponsori oleh NASA.

Dilansir dari laman telegraph.co.uk, ia mengatakan, tujuan utama dari pembuatan satelit ini untuk memperlihatkan cara kerja serat karbon yang dicetak menggunakan mesin cetak 3D. Rifarh juga mengungkapkan, satelit yang diciptakannya itu akan melakukan misi selama empat jam untuk penerbangan suborbital.

Dalam waktu empat jam, satelit ringan itu akan beroperasi selama sekitar 12 menit di lingkungan gravitasi mikro. “Kami merancang satelit itu sepenuhnya dari awal. Nantinya ada komputer jenis baru yang melekat pada satelit serta delapan unit sensor untuk mengukur kecepatan, rotasi dan magnetosfer bumi,” kata Rifarh, seperti dikutip situs BBC, Rabu (17/5/2017).

Karya Rifath Shaarook terpilih sebagai pemenang sebuah kompetisi yang disponsori oleh NASA
Remaja India Usia 18 tahun Ciptakan Satelit Paling Ringan di Dunia

Dilansir dari laman thehindu.com, satelit yang beratnya hanya 64 gram ini termasuk 80 model yang dipilih di antara 86 ribu desain, diajukan oleh kontestan muda yang tergabung dalam 57 negara, dalam kontes “Cubes in Space”, diselenggarakan oleh Idoodle Learning terkait NASA.

Satelit adalah satu-satunya model yang dipilih dari India yang akan diluncurkan ke dalam ruang sub-orbital oleh roket SR 4. Butuh waktu lebih dari dua tahun bagi Shaarook dan timnya untuk merancang satelit tersebut menggunakan teknologi cetak 3D dengan biaya hanya ₹ 1 lakh.

Berkat kerja kerasnya, ia mendapat piagam penghargaan dari NASA
Remaja India Usia 18 tahun Ciptakan Satelit Paling Ringan di Dunia

Satelit tersebut dinamakan KalamSat yang diambil dari nama mantan Presiden India, Abdul Kalam, seorang pelopor ambisi ilmiah aeronautika di negeri Bollywood itu. Proyek Rifarh terpilih dalam sebuah kompetisi yang disebut “Cubes in Space”, yang diselenggarakan oleh NASA dan perusahaan pendidikan idoodle.

Rifath adalah ilmuwan pendatang baru yang berasal dari sebuah kota kecil di Tamil Nadu. Kini ia bekerja sebagai ilmuwan utama di Space Kidz India, Chennai, sebuah organisasi yang mempromosikan ilmu pengetahuan dan pendidikan untuk anak-anak dan remaja India.

KalamSat bukanlah satu-satunya penemuan pertamanya. Saat berusia 15 tahun, ia membuat sebuah balon cuaca helium sebagai bagian dari kompetisi nasional bagi para ilmuwan muda.