Pengertian Dan Cabang Astronomi

Pengertian Dan Cabang Astronomi

Pengertian Dan Cabang Astronomi – Astronomi adalah ilmu yang mempelajari tentang pergerakan benda-benda langit, seperti bulan,bintang. Dan Astronomi jugak mempelajari pembentukan dan pengembangan alam semesta.

Astronom awal melakukan pengamatan metodis dari langit saat malam dan artefak astronomi sudah ada ratusan tahun sebelumnya. Namun ilmu astronomi baru benar-benar mengalami perkembangan yang cukup radikal setelah Teleskop ditemukan.

Berikut Ini Cabang-Cabang Ilmu Astronomi Menurut onversity.net

Pengertian Dan Cabiang Astronomi

1. Cabang ilmu astronomi observasional

Dalam astronomi observasional ada beberapa cabang yang sudah diakui secara global,berikut ini contohnyah.

.Astronomi radio

Salah satu cabang astronomi yang fokus pada pendeteksian gelombang elektromanetik atau gelombang radio yang datang atau diterima dari luar angkasa.

.Astronomi Inframerah

Pada dasarnya, ilmu ini secara khusus mempelajari pola deteksi dan analisis terhadap radiasi inframerah yang diserap atmosfer.

.Optikal

Adalah cabang ilmu astronomi observasional yang secara khusus mempelajari fenomena optik alami yang bisa dilihat oleh mata telanjang.

Fenomena tersebut dipandang sebagai hasil dari radiasi elektromagnetik, yang juga sudah ada sejak ratusan tahun silam.

Salah satu contoh penerapan dari cabang ilmu astronomi ini adalah pengamatan benda-benda luar angkasa menggunakan peralatan Fotografi.

.Ultraungu

Astronomi ultraungu adalah salah satu cabang astronomi yang secara khusus mempelajari radiasi elektromagnetik.

Namun radiasi yang dipelajari hanya pada panjang gelombang tertentu dimulai dari 100-3.200 Å (10-320 nm).

Cahaya inilah yang bisa diserap oleh atmosfer, yang memungkinkan para astronom mempelajari lapisan bumi, ukurannya dan bagian-bagian luar atmosfer.

2. Astronomi teoristik

Ada beberapa cabang ilmu astronomi teoristik yang juga sudah dipelajari dan diakui secara global,berikut ini contohnya. Daftar Live22

.Astrometri

Astrometri adalah salah satu cabang ilmu astronomi paling kuno yang berusaha mempelajari ukuran bulan, matahari dan planet-planet yang bisa diamati dengan mata telanjang.

Menurut planetary Society, Astrometri adalah salah satu metode paling tua yang digunakan untuk mendeteksi planet ekstrasurya.

Secara awam, kata ini juga dimengerti sebagai salah satu cabang ilmu astronomi teoristik yang mempelajari posisi benda-benda di luar angkasa.

.Astrofisika

Astrofisika adalah pengamatan bintang-bintang yang telah ditentukan melalui observasi dan pemahaman teoritis dan dari simulasi komputer interior.

Pembentuk bintang terjadi di daerah padat debu dan gas yang dikenal sebagai awan molekul raksasa.

Ketika tidak stabil, fragmen awan dapat runtuh oleh pengaruh gravitasi dan membentuk proto bintang.

.Kosmogoni

Awalnya, kosmogoni hanyalah teori awal yang berusaha menjawab pertanyaan tentang asal mula terjadinya benda langit dan luar angkasa.

Seiring waktu berjalan, teori ini mulai populer dan kini sudah dianggap sebagai salah satu cabang dalam dunia astronomi modern.