Miliader Jepang Melakukan Penerbangan Luar Angkasa Komersial

Miliader Jepang Melakukan Penerbangan Luar Angkasa Komersial

Miliader Jepang Melakukan Penerbangan Luar Angkasa Komersial – Yusaku Maezawa adalah Jepang miliarder pengusaha dan kolektor seni. Dia mendirikan Start Today pada tahun 1998 dan meluncurkan situs web ritel fesyen online Zozotown pada tahun 2004, yang sekarang terbesar di Jepang.

Baru-baru ini, Maezawa memperkenalkan merek pakaian custom-fit ZOZO dan sistem pengukuran di rumah, ZOZOSUIT, pada tahun 2018. Pada Juli 2021, ia diperkirakan oleh Forbes memiliki kekayaan bersih sebesar $1,9 miliar.  Miliarder asal Jepang, Yusaku Maezawa (46), tiba dengan selamat di modul Poisk di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), setelah melakukan perjalanan selama enam jam. Dia pun akan tinggal selama 12 hari hingga 20 Desember 2021.

Dilansir Kyodo News, Maezawa menjadi orang Jepang pertama yang melakukan penerbangan luar angkasa komersial dalam 31 tahun terakhir, yang sebelumnya dilakukan oleh reporter Toyohiro Akiyama dari Tokyo Broadcasting System Television Inc. pada tahun 1990, dan menjadi warga sipil ke-10 yang tinggal di ISS.

1. Perjalanan ruang angkasa yang bernilai fantastis

Dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Rusia, Soyuz MS-20, yang diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan, Maezawa berhasil mewujudkan impian masa kecilnya. Dalam unggahannya di Twitter sebelum menaiki pesawat ruang angkasa Soyuz, dia menuliskan, “Mimpi yang menjadi kenyataan”.

Setelah tiba dan memasuki ISS, Maezawa pun mengungkapkan kegembiraan dan keheranannya saat tiba di stasiun. Sebelumnya, dia telah menjalani pelatihan selama sekitar 100 hari dan lulus ujian akhir guna melakukan perjalanan ke ISS. Maezawa juga telah memperkirakan biaya perjalanan ruang angkasanya akan bernilai fantastis, yakni sekitar 88 juta dolar AS atau sekitar Rp1,26 triliun.

2. Siapa Yusaku Maezawa dan apa yang akan dilakukannya di ISS?
Miliarder Jepang Tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Maezawa adalah pendiri Zozo, bisnis fashion online yang sukses, juga seorang kolektor seni terkenal yang menurut laporan The Guardian, Maezawa memiliki kekayaan bersih 1,9 miliar dolar AS atau sekitar Rp27,2 triliun dan menjadi orang terkaya ke-30 di Jepang versi Forbes. Perjalanannya ke ISS bersama dengan asistennya Yozo Hirano dan astronot Rusia, Alexander Misurkin, dibawah kontrak dengan perusahaan perjalanan ruang angkasa AS Space Adventures Inc.

Maezawa akan berbagi pengalaman kehidupannya sehari-sehari dan akan menyelesaikan 100 hal yang akan dilakukan selama di stasiun luar angkasa, termasuk bermain bulu tangkis melalui saluran YouTube-nya, yang akan didokumentaikan oleh Hirano.  Sebelum perjalanannya, dia telah meminta ide kepada orang-orang tentang apa yang harus dia lakukan nanti.

3. Maezawa berencana mengelilingi orbit bulan pada tahun 2023
Miliarder Jepang Tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Tidak berhenti sampai disitu, Maezawa menjadikan perjalanannya kali ini sebagai batu loncatan dan telah mendaftar untuk perjalanan yang lebih ambisius untuk mengelilingi bulan dengan roket SpaceX milik Elon Musk yang direncanakan pada tahun 2023.

Dikutip dari DW, Maezawa adalah salah satu dari miliarder yang telah melakukan penerbangan pariwisata komersial ke luar angkasa tahun ini, setelah miliarder Richard Branson, Elon Musk, dan Jeff Bezos.

Maezawa adalah pendiri Yayasan Seni Kontemporer yang berbasis di Tokyo, yang ia dirikan pada tahun 2012 dengan tujuan “mendukung seniman muda sebagai pilar seni kontemporer generasi berikutnya.” Yayasan Seni Kontemporer saat ini menyelenggarakan pertunjukan koleksi dua kali setahun. 

Pada Mei 2016, Maezawa menarik perhatian media yang signifikan dengan rekor harga pembelian di lelang sebesar $57,3 juta untuk karya seni Iblis Tanpa Judul (1982) oleh Jean-Michel Basquiat , dan memecahkan rekor lagi pada Mei 2017 dengan lelang senilai $110,5 juta untuk yang lain.