Manfaat Kesehatan Buah Biwa

Manfaat Kesehatan Buah Biwa

Manfaat Kesehatan Buah Biwa – Buah loquat (Eriobotrya japonica) merupakan buah asli Tiongkok berwarna jingga. Buah ini juga di kenal dengan sebutan plum jepang atau buah biwa di Indonesia. Rasa buah loquat mirip dengan apel yang manis dan sedikit asam.

Buah biwa di percaya mengandung berbagai senyawa fitokimia yang dapat menguntungkan kesehatan. Buah ini bahkan telah dimanfaatkan sejak dahulu dalam pengobatan tradisional Tiongkok dan India. .onversity.

Buah loquat mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi kesehatan, mulai dari vitamin, mineral, protein, karbohidrat, serat, hingga senyawa-senyawa fitokimia.

berikut adalah manfaat manfaat kesehatan dari buah biwa yang sangat baik dan teruji.

1. Melancarkan sirkulasi darah

Kadar zat besi yang tinggi pada buah biwa dapat bermanfaat meningkatkan produksi hemoglobin. Manfaat ini akan meningkatkan sirkulasi dan memperlancar distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Kebutuhan oksigen yang terpenuhi pada setiap organ tubuh dapat mempercepat penyembuhan, meningkatkan energi, dan memastikan semua sistem organ bekerja dengan baik.

2. Menyehatkan ginjal

Loquat memiliki efek yang mirip dengan diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine sehingga dipercaya mampu memperbaiki fungsi ginjal. Hal ini dianggap bermanfaat bagi penderita gangguan ginjal, seperti asam urat berlebih, batu ginjal, serta artritis gout.

3. Mencegah diabetes

Salah satu manfaat buah loquat adalah mencegah penyakit diabetes. Senyawa pada loquat dapat membantu meregulasi insulin dan kadar glukosa dalam darah. Sehingga, gula darah dapat dikontrol pada tingkatan yang aman dan membantu mencegah diabetes.

Manfaat Kesehatan Buah Biwa

4. Menurunkan risiko kanker

Banyaknya kandungan senyawa antioksidan pada buah biwa bermanfaat untuk menangkal efek buruk dari radikal bebas sehingga isiko terjadinya kanker dapat diturunkan. Teh loquat khususnya, telah dikaitkan dengan penurunan risiko kemunculan kembali kanker paru dan mulut.

5. Mengontrol tekanan darah

Kalium pada loquat berfungsi sebagai vasolidator atau melebarkan pembuluh darah pada sistem kardiovaskuler. Mineral ini dapat menurunkan tekanan darah dan melindungi jantung dengan menurunkan tekanan darah dan peregangan pada pembuluh darah. Daftar Live22

6. Melegakan sistem pernapasan

Teh loquat juga dapat dimanfaatkan sebagai espektoran, yang bekerja melegakan tenggorokan dengan cara mengencerkan dan mempermudah pengeluaran dahak.