Lima jenis Galaksi Satelit yang Sangat Dekat dengan Bumi

Lima jenis Galaksi Satelit yang Sangat Dekat dengan Bumi

Lima jenis Galaksi Satelit yang Sangat Dekat dengan Bumi – Satelit adalah benda yang mengorbit benda lain dengan periode revolusi dan rotasi tertentu. Ada dua jenis satelit yakni satelit alami dan satelit buatan. Sisa artikel ini akan berkisar tentang satelit buatan. Satelit adalah objek yang mengelilingi sebuah objek lain yang lebih besar. Nah, objek luar angkasa tersebut bisa berbeda-beda. Planet memiliki satelitnya masing-masing. Untuk Planet Bumi, satelit alaminya adalah Bulan. Sedangkan objek lainnya yang mengelilingi Bumi adalah satelit buatan manusia.

Tahukah kamu bahwa Galaksi juga memiliki satelit? Ya, Dilansir dari Deposit IDN Poker Via Dana Galaksi Bima Sakti memiliki banyak setelit yang bergerak mengelilingi galaksi kita ini. Di antara beberapa satelit tersebut, ada lima yang memiliki jarak paling dekat dengan Bumi dan Galaksi Bima Sakti. Yuk, kita mengenal 5 Galaksi satelit yang berjarak terdekat dengan Bumi. Apa saja, ya?

1. Galaksi Canis Major
Yuk Kenali 5 Galaksi Satelit yang Terdekat dengan Bumi, Apa Saja?

Galaksi Canis Major merupakan galaksi kerdil yang terletak sejauh 25.000 tahun cahaya, seperti dicatat dalam Universe Today. Galaksi ini mengelilingi Galaksi Bima Sakti dan dianggap sebagai satelit dari galaksi kita.

Penelitian yang awalnya menggunakan teleskop 2MASSĀ  tersebut akhirnya dikonfirmasi melalui studi lanjutan menggunakan teleskop luar angkasa Hubble. Para ilmuwan juga melihat bahwa Galaksi Canis Major lambat laun tertarik gravitasi dari Galaksi Bima Sakti, sehingga di masa yang akan datang keduanya akan bergabung menjadi satu.

2. Galaksi Sagitarius
Yuk Kenali 5 Galaksi Satelit yang Terdekat dengan Bumi, Apa Saja?

Satelit berikutnya yang mengelilingi Galaksi Bima Sakti adalah Galaksi Sagitarius, sebuah galaksi yang juga dianggap sebagai galaksi kerdil. Karena ukurannya yang sangat kecil jika dibandingkan dengan Bima Sakti, Galaksi Sagitarius terus tertarik oleh gravitasi Bima Sakti, seperti ditulis dalam laman Space.

Meskipun pernah menjadi salah satu satelit paling terang, nyatanya Galaksi Sagitarius tidak memiliki bintang sebanyak Canis Major. Diperkirakan Galaksi Sagitarius hanya memiliki bintang dan planet sebanyak puluhan juta saja.

3. Galaksi Ursa Major II
Yuk Kenali 5 Galaksi Satelit yang Terdekat dengan Bumi, Apa Saja?

Institute of Physics dalam jurnalnya mencatat bahwa Galaksi Kerdil Ursa Major II merupakan salah satu galaksi satelit yang tidak aktif, artinya hanya terdapat banyak bintang mati di sana.

Dari sekian banyak satelit yang mengelilingi Bima Sakti, Galaksi Ursa Major II adalah galaksi dengan kumpulan bintang-bintang yang renggang atau saling berjauhan. Nasib galaksi kerdil tersebut sama dengan galaksi kecil lainnya, yang pada akhirnya akan tertarik total menjadi satu dengan Galaksi Bima Sakti.

4. Awan Magellan Besar
Yuk Kenali 5 Galaksi Satelit yang Terdekat dengan Bumi, Apa Saja?

Tanpa bantuan teleskop canggih, Awan Magellan Besar juga dapat terlihat di langit, terutama pada saat malam hari. Earth Sky dalam lamannya menulis bahwa meskipun berbentuk seperti gugusan awan luar angkasa, satelit ini juga termasuk galaksi karena terdiri dari banyak gugusan bintang.

Awan raksasa tersebut terletak sejauh 150.000 hingga 160.000 tahun cahaya dari Bumi. Bentuknya cenderung tidak beraturan karena memang gabungan dari beberapa galaksi yang lebih kecil.

Kemungkinan, Awan Magellan Besar memiliki 10 miliar bintang. Ukuran tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan Galaksi Canis Major dan Galaksi Sagitarius.

5. Galaksi Draco
Yuk Kenali 5 Galaksi Satelit yang Terdekat dengan Bumi, Apa Saja?

Seperti dicatat dalam Oxford Academic, Galaksi Draco merupakan salah satu galaksi kerdil yang mengelilingi Bima Sakti. Sifatnya masih misterius dan sulit untuk diprediksi. Para ilmuwan meyakini bahwa ada beberapa materi gelap yang ada di galaksi tersebut.

Gugusan Galaksi Draco ditemukan oleh ilmuwan bernama Albert G. Wilson dari Observatorium Lowell di Amerika Serikat pada 1954 silam. Penampakan dari galaksi satelit tersebut tidak terlalu mencolok dan tampak redup.

Itulah beberapa galaksi yang menjadi satelit bagi Galaksi Bima Sakti. Ternyata, alam semesta memang benar-benar luas, ya!