Lima Black Hole Dengan Ukuran Berbeda yang Berperilaku Aneh

Lima Black Hole Dengan Ukuran Berbeda yang Berperilaku Aneh

Lima Black Hole Dengan Ukuran Berbeda yang Berperilaku Aneh – Lubang hitam adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori relativitas umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada di ruang waktu.

Di sekitar lubang hitam ada permukaan yang disebut horizon peristiwa. Lubang hitam menjadi mimpi buruk bagi hampir semua objek yang ada di alam semesta. Sesuai dengan namanya, lubang hitam adalah lubang raksasa berukuran jauh lebih besar dari matahari.

Dan layaknya sebuah lubang, lubang hitam yang ada di luar angkasa akan menghisap apa pun yang berada terlalu dekat dengannya. Terlepas dari ukurannya yang berbeda satu sama lain, tidak semua lubang hitam itu sama. Beberapa di antaranya justru menunjukkan perilaku aneh dan membuat para astronom kebingungan.

1. Lubang hitam super besar

Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungan

Sebenarnya hampir semua lubang hitam memang sangat besar. Tapi sejauh ini para peneliti NASA dan badan antariksa internasional lainnya menemukan sebuah lubang hitam berukuran super besar yang berada di sebuah galaksi bernama Holm 15A.

Galaksi Holm 15A sendiri adalah galaksi super besar yang terbentuk dari tabrakan dengan berbagai galaksi kecil lainnya sehingga tidak heran kalau galaksi ini memiliki lubang hitam super besar dengan massa 40 miliar kali massa matahari.

Meski memiliki ukuran maha besar, tapi kamu tidak perlu khawatir dengan keberadaan mereka. Pasalnya, dua lubang hitam ini tinggal sangat jauh dari Bumi kita!

2. Lubang hitam yang berkeliaran bebas tanpa galaksi
Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungan

Hampir semua galaksi memiliki lubang hitam, termasuk galaksi Bimasakti kita. Kebanyakan dari lubang hitam ini berada di pusat galaksi. Namun tidak semua lubang hitam tinggal menetap dalam sebuah galaksi. Pasalnya ketika dua galaksi bertabrakan, sebuah lubang hitam bisa saja terpental keluar dari  galaksi dan berkeliaran bebas di alam semesta.

Para ahli bahkan pernah menemukan sebuah lubang hitam yang diberi nama SDSSJ0927 + 2943, dengan massa 600 juta kali massa matahari sedang berkeliaran bebas dengan kecepatan 5,9 juta mph tanpa ada satu galaksi pun yang mengelilinginya.

3. Lubang hitam kecil tapi ganas
Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungan

Bukan hanya berhasil menemukan lubang hitam  super besar, para ahli juga menemukan lubang hitam terkecil. Sejauh ini, rekor lubang hitam terkecil dipegang oleh IGR J17091-3624 yang memiliki massa kurang dari tiga kali massa matahari kita. Meski kecil, lubang hitam ini sangat ganas karena dia menghisap apa pun dengan kecepatan 20 juta mph.

4. Lubang hitam kanibal
Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungan

Ternyata bukan hanya hewan yang bisa kanibal, lubang hitam yang ada di alam semesta pun bisa melakukan hal yang sama. Melalui NASA Chandra X-ray Observatory, para peneliti menemukan sebuah lubang hitam yang memangsa lubang hitam lainnya.

Hal ini terjadi di sebuah galaksi bernama NGC3393. Sama seperti galaksi lainnya, NGC3393 juga memiliki banyak lubang hitam termasuk lubang hitam dengan massa 30 juta kali massa matahari yang bisa memangsa lubang hitam kecil dengan massa 1 juta kali massa matahari kita.

5. Lubang hitam yang suka menembakkan “peluru”
Berperilaku Aneh, 5 Lubang Hitam ini Bikin Astronom Kebingungan

Normalnya sebuah lubang hitam akan menghisap apa pun yang berada terlalu dekat dengannya. Tapi hal yang berbeda justru dilakukan oleh H1743-322 yang berada 28.000 tahun cahaya dari Bumi.

Lubang hitam dengan massa 10 kali massa matahari ini bukan hanya menghisap objek lain, tapi juga memuntahkannya kembali dalam bentuk “peluru” gas raksasa yang bergerak dengan kecepatan seperempat kecepatan cahaya atau kurang dari 300.000 km per detik.

Alam semesta yang jadi tempat tinggal Tata Surya memang misterius, termasuk lubang hitam yang ada di dalamnya. Dulu kita mungkin hanya tahu bahwa lubang hitam sangat berbahaya, tapi siapa sangka jika lubang hitam juga bisa menelan lubang hitam lain yang lebih kecil darinya.

Objek ini disebut “hitam” karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. Secara teoretis, lubang hitam dapat memliki ukuran sebesar apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati. Teori medan kuantum dalam ruang-waktu melengkung memprediksi bahwa horizon peristiwa memancarkan radiasi  disekitarnya dengan suhu yang terbatas.

Suhu ini berbanding terbalik dengan massa lubang hitam, sehingga sulit untuk diamati lubang hitam bermassa bintang atau lebih. Lubang hitam terbagi menjadi 4: lubang hitam bermassa menengah, lubang hitam primordial, lubang hitam bintang, dan lubang hitam supermasif yang sering kali ada di pusat suatu galaksi.