Inilah Struktur Kosmik Indah yang Terbentuk Dari Galaksi

Inilah Struktur Kosmik Indah yang Terbentuk Dari Galaksi

Inilah Struktur Kosmik Indah yang Terbentuk Dari Galaksi – Dalam  kosmologi dan astrofisika, Struktur berskala besar alam semesta adalah pola galaksi dan materi pada skala yang jauh lebih besar daripada galaksi individu atau kelompok galaksi dan merupakan kerangka Alam semesta.

Struktur yang berkorelasi ini dapat terlihat hingga miliaran tahun cahaya panjangnya dan dibuat serta dibentuk oleh gravitasi.  Objek seperti  bintang, lubang hitam, bintang neutron, kuasar, galaksi, gugus galaksi hingga super gugus galaksi dan termasuk materi adalah bahan penyusun struktur berskala besar yang mencakup rentang skala fisik dan variasi kondisi fisik yang luar biasa.

Objek-objek seperti ini biasanya menerapkan banyak disiplin Livechat Fafaslot ilmu fisika, termasuk mekanika,  elektromagnetisme, mekanika statistik,  termodinamika, mekanika kuantum, relativitas, fisika nuklir dan partikel, serta fisika atom dan molekuler.

1. Galaksi bianglala
Fotogenik, 10 Galaksi Ini Membentuk Struktur Kosmik yang Indah Banget!

Terletak sekitar 500 juta tahun cahaya di rasi bintang sculptor, bentuk galaksi yang seperti wahana bermain bianglala ini adalah hasil dari tabrakan ganas antar galaksi.

Sebuah galaksi yang ukurannya lebih kecil telah melintas ke arah cakram galaksi yang lebih besar, dan menghasilkan gelombang kejut yang menyapu gas dan debu. Seperti riak air yang dihasilkan saat sebuah batu terjatuh ke sebuah danau, gelombang kejut memicu daerah-daerah pembentukan bintang secara intens (tampak berwarna biru).

Cincin di bagian terluar galaksi berukuran sekitar 1,5 kali lipat lebih besar daripada galaksi Bima Sakti kita, dan menandai gelombang kejut yang terjadi paling awal.

2. Galaksi kincir angin
Fotogenik, 10 Galaksi Ini Membentuk Struktur Kosmik yang Indah Banget!

M83, juga dikenal sebagai galaksi kincir angin selatan, terletak 15 juta tahun cahaya jauhnya dari Bumi di rasi bintang Hydra. Gambar ini menangkap ratusan ribu bintang, ribuan gugus bintang, dan ratusan sisa peristiwa supernova. Dengan mempelajari sisa-sisa supernova ini, para astronom dapat lebih memahami sifat bintang-bintang yang meledak dan menyebarkan unsur-unsur kimia yang diproses melalui fusi nuklir ke seluruh galaksi.

Serta memberikan kontribusi kepada bintang-bintang baru generasi selanjutnya. Generasi terbaru bintang di M83 sebagian besar terbentuk di dalam gugus-gugus yang berada di tepi jalur putaran debu yang gelap.

Gugus bintang berusia muda dan terang ini baru berusia beberapa juta tahun dan menghasilkan sinar ultraviolet dalam jumlah besar. Sinar ultraviolet diserap oleh awan-awan gas hidrogen yang menyebar di sekitarnya, dan menyebabkan mereka berwarna merah muda.

3. Galaksi antena
Fotogenik, 10 Galaksi Ini Membentuk Struktur Kosmik yang Indah Banget!

Citra paling tajam dari penggabungan antara dua buah galaksi, yang membentuk struktur mirip antena. Selama tabrakan, miliaran bintang akan terbentuk.

Daerah-daerah yang menjadi tempat kelahiran bintang ini adalah yang paling terang dan paling padat disebut sebagai gugus bintang super. Dua galaksi spiral mulai berinteraksi beberapa ratus juta tahun yang lalu, menjadikan galaksi antena sebagai salah satu contoh terdekat dan termuda dari peristiwa tabrakan sepasang galaksi. Hampir setengah dari objek-objek samar di gambar galaksi antena adalah gugus muda yang berisi puluhan ribu bintang.

Gumpalan oranye di sebelah kiri dan kanan dari pusat gambar adalah bagian inti asli dari kedua galaksi asli, yang terutama mengandung bintang-bintang tua diselingi oleh filamen-filamen debu berwarna coklat. Kedua galaksi juga dihiasi oleh titik-titik yang merupakan daerah-daerah pembentuk bintang biru yang dikelilingi oleh gas hidrogen bercahaya merah muda.

4. Galaksi cincin
Fotogenik, 10 Galaksi Ini Membentuk Struktur Kosmik yang Indah Banget!

Apakah terdiri dari satu atau dua galaksi? Seorang astronom bernama Art Hoag, pertama kali menanyakan pertanyaan ini ketika secara kebetulan menemukan galaksi cincin yang tidak biasa ini. Di bagian terluar adalah sebuah cincin yang didominasi oleh bintang-bintang berwarna biru terang, sementara di dekat bagian pusat terdapat bintang-bintang yang jauh lebih merah dan kemungkinan jauh lebih tua, dan membentuk struktur mirip sebuah bola.

Di antara keduanya adalah celah yang tampak hampir sepenuhnya gelap. Bagaimana galaksi ini terbentuk masih belum diketahui, meskipun beberapa objek serupa telah diidentifikasi dan secara kolektif diberi label sebagai sebuah galaksi berbentuk cincin. Beberapa hipotesis terbentuknya objek ini termasuk tabrakan antar galaksi yang terjadi miliaran tahun yang lalu dan efek gravitasi dari batang pusat galaksi telah menghilang.

Luas galaksi cincin ini mencakup sekitar 100.000 tahun cahaya, dan terletak 600 juta tahun cahaya jauhnya di rasi bintang Serpens. Secara kebetulan, terlihat di celah (arah jam satu) adalah sebuah galaksi cincin lainnya yang terletak lebih jauh lagi.

5. Galaksi cerutu
Fotogenik, 10 Galaksi Ini Membentuk Struktur Kosmik yang Indah Banget!

Dikenal sebagai “galaksi cerutu”, meski nama teknisnya adalah putaran rotator. Seperti gelondong, galaksi ini berbentuk seperti cerutu dan berotasi di sepanjang sumbu terpanjangnya. Galaksi ini terbentuk ketika dua galaksi spiral saling bertabrakan. Kemudian salah satu galaksi akan membentuk sebuah “batang”, yang akhirnya menciptakan sebuah galaksi elips dengan bentuk cerutu.

Sementara itu, bintang-bintang di galaksi lainnya mengorbit batang galaksi ini. Dengan demikian, kita mendapatkan bentuk gelendong yang teratur ini.