Inilah Penjelasan Ilmiah Jika Asteroid Jatuh Menabrak Bumi

Inilah Penjelasan Ilmiah Jika Asteroid Jatuh Menabrak Bumi

Inilah Penjelasan Ilmiah Jika Asteroid Jatuh Menabrak Bumi – Asteroid adalah planet kecil di Tata Surya bagian dalam. Secara historis, istilah-istilah ini telah diterapkan pada objek astronomi apa pun yang mengorbit Matahari yang tidak berubah menjadi cakram di teleskop dan tidak diamati memiliki karakteristik komet aktif seperti ekor. Ada banyak asteroid yang terjatuh dan sampai ke bumi, namun seringnya tidak kamu ketahui.

Kebanyakan dari asteroid itu hanya menyisakan lokasi berlubang dalam dan besar di dalamnya. Mengingat tidak membahayakan, berita terkait asteroid jatuh itu kemungkinan besar akan sering kamu lewatkan. Beda jadinya bila asteroid yang jatuh itu besar sekali dan dapat memberikan bencana besar, kamu pasti akan langsung memperhatikan berita dan berbagai tulisan yang membahasnya.

Sudah ada banyak teori yang membahas apa yang terjadi kepada dunia bila ada asteroid besar jatuh ke bumi. Dilansir dari download idn poker mobile Akan tetapi tidak banyak yang membahas satu ini: apakah manusia akan mampu menghentikan asteroid tersebut? Bagaimana caranya? Berikut ini adalah penjelasannya.

1. Mengetahui laju, kecepatan, dan ukuran asteroid yang datang ke bumi adalah upaya pertama
Solusi jika Asteroid Akan Menabrak Bumi, Siapkah Kita?

Sebelum membahas lebih jauh upaya-upaya menghentikan asteroid yang jatuh ke bumi dan memberikan kiamat bagi mereka yang hidup di dalamnya, upaya pertama yang bisa dilakukan adalah menghitung kecepatan asteroid tersebut. Kecepatan benda itu tersebut menentukan apakah objek asing tersebut bisa menembus atmosfer atau tidak.

Pertanyaan terakhir yang harus dijawab tentu saja setelah itu adalah arah atau titik jatuhnya. Apabila setelah dihitung-hitung arah asteroid itu hanya melewati bumi, lantas mengapa perlu khawatir? Akan berbeda lagi bila arah benda langit tepat menuju ke bumi dan lebih parah lagi bakal mendarat di tempat yang padat penghuni. Kasus ini harus diperhitungkan.

2. Mengubah kecepatan serta lajur asteroid adalah solusi pertama
Solusi jika Asteroid Akan Menabrak Bumi, Siapkah Kita?

Faktor yang paling diperhatikan oleh para ilmuwan terkait jatuhnya asteroid ke bumi adalah mengenai arah. Selama bisa mengubah arah asteroid menjadi melewati bumi, maka kiamat tak akan terjadi. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mengubah arah asteroid itu?

Secara konsep dan teori, solusi utama adalah mengubah kecepatan asteroid tersebut. Sekecil apa pun perubahan kecepatan tersebut, itu cukup mampu mengubah arah laju benda langit itu. Masalahnya untuk mengurangi kecepatannya, dibutuhkan benturan besar pula dan setidaknya itu baru bisa diwujudkan dengan mengirimkan satu roket yang dikorbankan untuk ditabrakkan.

3. Roket yang super besar dibutuhkan bila asteroid itu merupakan kumpulan batu
Solusi jika Asteroid Akan Menabrak Bumi, Siapkah Kita?

Permasalahan pertama sudah bisa diselesaikan. Akan tetapi, ada pertanyaan lagi yang memberikan kasus baru. Bagaimana bila asteroid besar tersebut ternyata merupakan kumpulan batu, yang jika dibenturkan akan pecah semua dan malah menghasilkan hujan asteroid? Bukankah itu juga akan sama buruknya?

Akan tetapi agar bisa berhasil, roket besar tersebut harus memiliki bahan bakar banyak yang membuatnya bisa terbang hingga berhari-hari hingga berbulan-bulan. Sekalinya terjatuh, maka kamu tak lagi bisa menyelamatkannya.

4. Memakai satelit yang mampu menembakkan sinar laser
Solusi jika Asteroid Akan Menabrak Bumi, Siapkah Kita?

Solusi yang dirasa paling efektif untuk mengusir asteroid yang jatuh ke bumi, namun di satu sisi juga paling imajinatif, adalah memakai satelit yang mampu menembakkan sinar laser. Sinar laser ini datang langsung dari cahaya matahari dan akan menembak secara otomatis kepada permukaan asteroid yang mengancam bumi.

Sinar laser dari satelit itu tidak serta merta akan menghancurkan asteroid yang mengarah ke bumi. Mereka akan ditembakkan secara perlahan dan bahkan bisa menghabiskan durasi bertahun-tahun lamanya.

Hal ini akan memecah asteroid sedikit demi sedikit dan dapat mengubah arah lajunya. Jauh lebih baik bila satelit laser ini tak hanya satu, tetapi ada banyak sehingga bisa berganti menembakkannya.

5. Jatuhnya asteroid ke bumi hanya terjadi sekali dalam beribu tahun
Solusi jika Asteroid Akan Menabrak Bumi, Siapkah Kita?

Asteroid yang mampu sampai ke permukaan bumi sangat jarang terjadi. Mungkin dalam umur kehidupanmu pun, belum tentu ada satu asteroid yang bisa datang dan berhasil menembus atmosfer.

Hanya saja bukan berarti tabrakan asteroid tidak akan terjadi dalam kurun waktu tersebut. Bisa saja tiba-tiba besok dikabarkan adanya asteroid super besar yang mengarah ke bumi. Kita tidak pernah tahu hal-hal alami yang tidak bisa diprediksi.