Inilah Nebula yang Menjadi Sang Penghuni Lain Ruang Angkasa

Inilah Nebula yang Menjadi Sang Penghuni Lain Ruang Angkasa

Inilah Nebula yang Menjadi Sang Penghuni Lain Ruang Angkasa – Nebula adalah awan antarbintang yang terdiri dari debu, gas, dan plasma. Awalnya  nebula adalah nama umum yang diberikan untuk semua objek astronomi yang membentang, termasuk galaksi di luar Bima Sakti (beberapa contoh dari penggunaan lama masih bertahan; sebagai contoh, Galaksi Andromeda  kadang-kadang merujuk pada Nebula Andromeda).

Nebula terbentuk dari berbagai hal (dan jenisnya juga berbeda-beda). Kebanyakan nebula terbentuk dalam wujud nebula emisi. Nebula emisi yang berisikan gas-gas terionisasi disebut Daerah H II. Nebula seperti ini terbentuk ketika bintang yang baru saja terbentuk mengionisasi gas yang ada di sekitarnya sehingga menciptakan nebula emisi. Contoh dari Daerah H II adalah Nebula Orion dan NGC 604.

Tahukah kalian ada banyak penghuni lain ruang angkasa selain sistem tata surya yang biasa kita download aplikasi qq poker ketahui? Penghuni lain tersebut salah satunya adalah nebula. Nebula adalah awan besar dari debu dan gas yang berada di ruang angkasa. Beberapa nebula terbentuk dari gas dan debu yang terlempar dari ledakan bintang yang mati seperti supernova. Sedangkan nebula lainnya merupakan daerah di mana bintang baru mulai terbentuk.

1. Orion Nebula
4 Jenis Nebula, Si Penghuni Lain Ruang Angkasa

Nebula Orion juga disebut Messier 42 (M42). Nebula ini memiliki bentang hingga 24 tahun cahaya dan berada di Galaksi Milky Way (Galaksi Bima Sakti) dengan jarak 1350 tahun cahaya dari bumi pada konstelasi Orion yang yang membuat nebula ini menjadi yang terdekat dengan bumi.

Karena jaraknya yang dekat, nebula ini dapat kita lihat dengan kasat mata lho.

2. Butterfly Nebula
4 Jenis Nebula, Si Penghuni Lain Ruang Angkasa

Nebula Kupu-kupu atau NGC 6302 ini berjarak sekitar 4000 tahun cahaya dari konstelasi Scorpion. Dengan bentangan sayap mencapai 3 tahun cahaya dan temperatur permukaan 250.000 derajat celsius, inti bintang yang mati di tengah-tengahnya mungkin sangat panas.

Sinar terang dari nebula ini dapat terlihat di cahaya ultraviolet namun tersembunyi dari penglihatan langsung karena tertutup oleh debu tebal.

3. Eagle Nebula
4 Jenis Nebula, Si Penghuni Lain Ruang Angkasa

Messier 16 adalah sebutan lain dari Nebula Elang. Membentang sekitar 4-5 tahun cahaya, tiang nebula ini masih relatif kecil dari keseluruhan badan nebula yang terbentang hingga 55-70 tahun cahaya. Nebula ini ditemukan pertama kali oleh astronom Swiss Jean Philippe Loys de Chéseaux. Berjarak 7000 tahun cahaya dari Bumi pada konstelasi Serpen.

Keindahan nebula ini dapat dinikmati dengan teleskop dan spot paling bagus di bulan Juli.

4. Crab Nebula
4 Jenis Nebula, Si Penghuni Lain Ruang Angkasa

Crab Nebula atau Nebula Kepiting ini merupakan hasil dari supernova pada 1054. Nebula ini membentang sekitar 10 tahun cahaya dan pada bagian tengah terdapat pulsar yang berotasi sebanyak 30 kali per detik.

Sedangkan jarak nebula crab ini ke bumi sebesar 6500 tahun cahaya. Nebula seringkali juga terbentuk dari bintang-bintang seperti Matahari saat mereka menuju kematiannya, yaitu tahapan Katai putih. Nebula ini biasa disebut Nebula planeter.

Nebula ini terbentuk ketika bintang seperti Matahari kehabisan bahan bakar berupa. Hal itu mengakibatkan bintang akan terus membesar hingga akhirnya ia menghempaskan angin bintangnya dalam skala besar sehingga menyebabkan kehilangan massanya. Angin bintang tersebut kemudian membentuk Nebula Planeter dan bintangnya menjadi Katai Putih.

Selain nebula-nebula tersebut masih banyak juga nebula-nebula lain yang mengisi ruang angkasa. Jika mulai merasa tertarik dengan penghuni angkasa yang satu ini, kalian bisa eksplorasi sepuasnya di website resmi NASA ya, guys.