Inilah Lima Lapisan yang Menyusun Atmosfer Bumi Kita

Inilah Lima Lapisan yang Menyusun Atmosfer Bumi Kita

Inilah Lima Lapisan yang Menyusun Atmosfer Bumi Kita – Atmosfer bumi adalah lapisan gas yang melingkupi bumi, dari permukaannya sampai jauh di luar angkasa. Ketinggian atmosfer antara ketinggian 0 km di atas permukaan tanah hingga pada ketinggian sekitar 560 km dari atas permukaan bumi. Atmosfer merupakan sebuah lapisan atas gas yang menyelubungi suatu planet.

Perlu diketahui bahwa lapisan atmosfer tiap planet itu berbeda-beda. Terkhusus untuk planet Bumi, melansir laman National Geographic, atmosfernya tersusun atas 78% gas nitrogen, 21% gas oksigen, dan 0,9% adalah gas lainnya. Susunan atmosfer terdiri dari lapisan yang dibedakan berdasarkan komposisi, reaksi kimia, ionisasi, dan tingkatan suhunya.

Bukan hanya itu saja, nyatanya, atmosfer Bumi bukanlah satu entitas tunggal, melainkan disusun oleh beberapa lapisan. Kira-kira, ada lapisan apa saja, ya? Kalau penasaran, Dilansir dari Daftar Poker777 mari kita telusuri di bagian yang berikut ini!

1. Lapisan troposfer
Sudah Tahu Belum? Ini 5 Lapisan yang Menyusun Atmosfer Bumi Kita

Troposfer adalah lapisan atmosfer terendah yang tebalnya kira-kira sampai dengan 10 kilometer di atas permukaan bumi. Dalam troposfer ini terdapat gas rumah kaca yang menyebabkan efek rumah kaca, pemanasan global,

Lapisan troposfer memiliki ketinggian rata-rata 12 km. Namun, tinggi ini akan berbeda mengacu pada tempatnya. Selain itu, berlaku juga hukum gradient thermometric di mana suhu udara akan semakin dingin jika ketinggian semakin tinggi, dan sebaliknya.

2. Lapisan stratosfer
Sudah Tahu Belum? Ini 5 Lapisan yang Menyusun Atmosfer Bumi Kita

Stratosfer adalah lapisan kedua dari atmosfer bumi, terletak di atas troposfer dan di bawah mesosfer. Ketebalannya sekitar 15-55 km. Di lapisan ini terdapat lapisan ozon yang terbentuk pada ketinggian 20 km.

Di samping itu, udara di lapisan ini terbilang kering sehingga awan jarang ditemukan. Apabila kita semakin mencapai ketinggian yang lebih tinggi, suhu malah akan semakin panas—dikarenakan adanya lapisan ozon pada stratosfer yang menyerap panas dari sinar UV Matahari.

3. Lapisan mesosfer
Sudah Tahu Belum? Ini 5 Lapisan yang Menyusun Atmosfer Bumi Kita

Mesosfer adalah lapisan udara ketiga, di mana suhu atmosfer akan berkurang dengan pertambahan ketinggian hingga ke lapisan keempat, termosfer. Udara yang terdapat di sini akan mengakibatkan pergeseran berlaku dengan objek yang datang dari angkasa dan menghasilkan suhu yang tinggi. Alasannya, balon udara sudah tidak mampu mencapai lapisan ini untuk mempelajari karakteristiknya.

Namun yang pasti, udara akan menjadi semakin menipis sehingga kita tidak akan mampu bernapas lagi di lapisan ini. Meskipun begitu, lapisan mesosfer ada untuk melindungi kita dari meteor yang berjatuhan dari angkasa. Berkat lapisan inilah kita bisa menyaksikan fenomena bintang jatuh.

4. Lapisan termosfer
Sudah Tahu Belum? Ini 5 Lapisan yang Menyusun Atmosfer Bumi Kita

Termosfer (thermosphere) adalah lapisan atmosfer bumi yang berada persis di atas mesosfer dan di bawah eksosfer. Dalam lapisan ini, radiasi ultraviolet (UV) menyebabkan ionisasi. Kendati demikian, kita tidak akan merasakan panas karena tidak terdapat molekul gas yang cukup menghantarkan panas ke tubuh kita.

International Space Station (ISS) juga mengorbit di lapisan termosfer. Selain itu, kalau kamu familier dengan aurora, maka di lapisan inilah cahaya cantik nan warna-warni tersebut terbentuk.

5. Lapisan eksosfer
Sudah Tahu Belum? Ini 5 Lapisan yang Menyusun Atmosfer Bumi Kita

Eksosfer adalah lapisan atmosfer terluar dari rangkaian atmosfer bumi. Lapisan ini memisahkan atmosfer bumi dengan luar angkasa. Beberapa peneliti menganggap eksosfer merupakan bagian dari luar angkasa. Berada pada ketinggian 400-1000 km dpl, lapisan ini sangatlah tebal, yakni memiliki ketebalan sekitar 10.000 km.

Selain itu, gaya gravitasi sangatlah kecil di lapisan ini. Ditambah lagi, suhunya sangatlah dingin dan hampir tidak ada udara yang bisa dihirup. Meskipun udara yang tipis, masih ada gaya tarik yang dihasilkan untuk menarik satelit-satelit yang mengorbit Bumi.

Itulah tadi informasi mengenai lima lapisan atmosfer yang menyelubungi Bumi kita. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu tentang atmosfer Bumi, ya!