Inilah Lima Fakta Tetangga dari Galaksi Bima Sakti

Inilah Lima Fakta Tetangga dari Galaksi Bima Sakti

Inilah Lima Fakta Tetangga dari Galaksi Bima Sakti – Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap–komponen yang penting namun belum begitu dimengerti. Hampir semua rumah memiliki tetangga, termasuk rumah kamu. Tapi sama seperti kamu, rupanya galaksi tempat tinggal Bumi kita juga memiliki tetangga.

Jika ditanya siapa, kebanyakan orang akan menjawab Andromeda. Tapi apakah kamu tahu, Andromeda bukan satu-satunya tetangga Bimasakti?

Menurut Daftar Poker777, selain Andromeda, Bimasakti juga memiliki tetangga lain yaitu galaksi Triangulum. Namun karena letaknya lebih jauh, tidak heran jika galaksi ini jadi lebih misterius dari Andromeda. Seberapa misterius galaksi satu ini?

1. Ditemukan pertama kali pada abad ke-16
5 Fakta Galaksi Triangulum, Tetangga Bimasakti yang Misterius

Galaksi Triangulum pertama kali ditemukan pada tahun 1654 oleh seorang astronom Italia bernama Giovanni Battista Hodierna. Meski begitu, galaksi ini baru teridentifikasi pada tanggal 25 agustus 1764 oleh Charles Messier.

Di abad yang sama, William Herschel yang juga merupakan penemu planet Uranus, mengamati Triangulum dan menganggapnya sebagai nebula. Baru pada tahun 1920, Edwin Hubble yang mengamatinya berhasil menemukan sebuah fakta bahwa Triangulum adalah galaksi.

2. Lebih kecil dari Bimasakti
5 Fakta Galaksi Triangulum, Tetangga Bimasakti yang Misterius

Triangulum sendiri adalah salah satu anggota dari kelompok galaksi lokal. Kelompok ini terdiri dari puluhan galaksi lain termasuk tiga galaksi spiral besar, yaitu Bimasakti, Andromeda, dan terakhir galaksi Triangulum. Para peneliti memperkirakan galaksi Triangulum berukuran sekitar 50.000 tahun cahaya, dengan massa antara 10 sampai 40 miliar massa matahari.

3. Triangulum diprediksi akan menabrak Andromeda
5 Fakta Galaksi Triangulum, Tetangga Bimasakti yang Misterius

Salah satu hal yang menarik dari para galaksi ini adalah, mereka bergerak dan saling mendekat satu sama lain. Sementara galaksi Andromeda bergerak ke arah Bimasakti dengan kecepatan 402 ribu kilometer per jam, galaksi Triangulum justru bergerak ke arah Andromeda dengan kecepatan 24 kilometer per detik.

Meski begitu, nasib galaksi Triangulum belum bisa diprediksi. Triangulum mungkin akan menabrak Bimasakti atau yang paling mungkin bertabrakan dengan galaksi Andromeda.

4. Terletak sangat jauh dari Bimasakti
5 Fakta Galaksi Triangulum, Tetangga Bimasakti yang Misterius

Meski galaksi Triangulum masih terhitung tetangga Bimasakti, namun jarak antara kedua galaksi ini tidaklah sedekat seperti yang kamu bayangkan. Jika dibandingkan dengan galaksi lain yang ada di alam semesta, Triangulum memang terhitung dekat. Tapi sebenarnya galaksi ini sangatlah jauh.

Triangulum berjarak 2,7 juta tahun cahaya. Sedangkan dalam satu detik, cahaya bisa menempuh perjalanan hingga 300.000 kilometer. Bahkan tanpa menghitung pun, kita sudah tahu bahwa jarak antara Bimasakti dan Triangulum sebenarnya sangatlah jauh.

5. Meski begitu, kamu masih bisa melihatnya
5 Fakta Galaksi Triangulum, Tetangga Bimasakti yang Misterius

Ya memang jarak kita dan galaksi ini sangat jauh, tapi kabar baiknya kamu masih bisa menemukan galaksi ini di rasi bintang Triangulum. Namun misi pencarian galaksi Triangulum tidaklah mudah. Pertama, kamu harus menemukan galaksi Andromeda lebih dulu.

Baru dari galaksi Andromeda kamu bisa menemukan galaksi Triangulum yang berada disebelah barat Andromeda dan rasi bintang Pisces. Meski begitu, jangan harap kamu bisa melihat galaksi ini sejelas melihat bintang-bintang galaksi Bimasakti ya! Bahkan dengan teleskop pun, galaksi ini terlihat buram karena jaraknya terlalu jauh.