Inilah Katalog Objek Astronomi yang Paling Sering Digunakan

Inilah Katalog Objek Astronomi yang Paling Sering Digunakan

Inilah Katalog Objek Astronomi yang Paling Sering Digunakan – Sebuah katalog astronomi atau katalog adalah daftar atau tabulasi obyek astronomi , biasanya dikelompokkan bersama karena mereka berbagi jenis umum, morfologi, asal, sarana deteksi, atau metode penemuan. Yang tertua dan terbesar adalah katalog bintang .

Katalog umum untuk objek luar angkasa atau objek selain bintang juga berukuran besar. Sekali lagi, ada yang khusus untuk nebula, galaksi, sumber sinar-X, sumber radio, quasar, dan kelas lainnya. Hal yang sama berlaku untuk asteroid, komet, dan badan tata surya lainnya.

Penamaan dengan menggunakan kode tersebut ternyata bertujuan untuk memudahkan login idn poker88 para ilmuwan saat meneliti objek tersebut kembali, mengingat jumlah objek astronomi sangatlah banyak, sehingga dengan menggunakan kode tersebut dapat memudahkan ilmuwan untuk meneliti objek tersebut.

1. Messier Catalogue (M)
Mengenal 5 Katalog Objek Astronomi, Kamu Tahu yang Mana Nih?

Messier Catalogue atau yang biasanya dikenal M, merupakan salah satu katalog astronomi paling tertua di dunia. Katalog ini disusun oleh seorang astronom yang bernama Charles Messier, seorang pemburu komet asal Prancis. Jumlah keseluruhan objek Messier ini ada 110 objek, yang berisi nebula, gugus bintang dan galaksi.

Awal mulanya katalog ini disusun untuk mempermudah astronom lainnya dalam perburuan komet dengan membuat daftar benda langit yang bukan komet. Ada 45 daftar benda langit saat katalog ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1771.

Pada tahun 1781, Messier mendaftarkan 103 objek langit tambahan pada edisi terakhirnya, yang enam objek berasal dari kolaboratornya yakni Pierre Mechain. Pada abad ke-20, berbagai astronom amatir dan profesional menambahkan tujuh objek tambahan ke dalam daftar katalog. M104 pada tahun 1921, M105 – M107 pada tahun 1947, M108 dan M109 pada tahun 1953, dan M110 pada tahun 1966, sehingga jumlah keseluruhannya ada 110 objek.

Beberapa objek terkenal dari katalog ini diantaranya M31 (Galaksi Andromeda) dan M45 (Pleaides).

2. New General Catalogue (NGC)
Mengenal 5 Katalog Objek Astronomi, Kamu Tahu yang Mana Nih?

New General Catalogue atau yang biasanya dikenal NGC, merupakan salah satu katalog astronomi yang memiliki peran penting dalam dunia observasi astronomi. Katalog ini berisikan 7.840 objek yang terdiri dari gugus bintang, nebula dan galaksi.

Katalog ini disusun oleh Dreyer yang didasarkan oleh pengamatan Herschel dan keluarganya pada periode sebelumnya. Katalog ini tidak seperti Messier yang hanya berfokus pada perburuan komet, namun katalog ini cakupannya lebih luas.

Dalam perjalanan pengamatannya, Herschel dan Caroline, saudara perempuannya berhasil memindai 1.000 objek di langit pada tahun 1786. Selanjutnya di tahun 1810, berhasil memindai 2.500 objek di langit yang terlihat dari garis lintang utara. Kemudian pengamatan ini dilanjutkan oleh putra Herschel yang mengamati langit Afrika Selatan, sehingga saat pertama kali diterbitkan olehnya berjumlah 5.709 objek pada tahun 1864. Pada akhirnya Dreyer menyusun katalog tersebut dengan mengumpulkan data dari 50 sumber dan menerbitkan New General Catalogue di tahun 1888 dengan jumlah 7.840 objek.

Beberapa objek NGC yang terkenal diantaranya NGC 5457 (Pinwheel Galaxy) dan NGC 5886 (Spindle Galaxy).

3. Index Catalogue (IC)
Mengenal 5 Katalog Objek Astronomi, Kamu Tahu yang Mana Nih?

Index Catalogue merupakan salah satu karya dari Dreyer yang sebelumnya juga mempublikasikan New General Catalogue (NGC). Katalog ini berisi 5.386 objek yang terbit dalam dua bagian. Penerbitan pertama berjumlah 1.520 objek pada tahun 1895 dan penerbitan kedua berjumlah 3.866 objek pada tahun 1908.

Katalog ini merangkum penemuan galaksi, cluster dan nebula antara tahun 1888 sampai 1907 yang kebanyakan menggunakan teknik fotografi yang lebih maju. Selain itu juga, ada daftar yang berisi koreksi terhadap isi katalog ini yang diterbitkan pada tahun 1912. Salah satu objek IC yang terkenal adalah IC 1011 yang diketahui merupakan galaksi terbesar saat ini.

4. Henry Draper Catalogue (HD)
Mengenal 5 Katalog Objek Astronomi, Kamu Tahu yang Mana Nih?

Henry Draper Catalogue (HD) merupakan salah satu katalog bintang yang dijadikan referensi untuk para astronom saat ini. Katalog ini dinamakan sesuai dengan nama penyusunnya, seorang astronom Amerika, Henry Draper, yang dananya dibiayai oleh jandanya. Katalog ini disusun di Harvard College University di bawah arahan Edward Charles Pickering, Annie Jump Cannon dan Antonia Cartana Maury.

Katalog ini disusun berdasarkan spektrum bintang dan klasifikasi spektrum bintang Harvard yang diamati tergantung suhu bintangnya. Katalog ini terbit pertama kali pada tahun 1890 dengan jumlah 10.351 bintang.

Kemudian dari tahun 1918 hingga 1924 terbit dalam beberapa bagian dengan mencantumkan 225.300 bintang. Perpanjangan katalog ini diterbitkan pada tahun 1949 sehingga jumlah bintangnya menjadi 359.083. Katalog ini juga terbit dalam bentuk grafik yang diberi nama Henry Draper Extension Charts (HDEC).

Beberapa objek HD yang terkenal antara lain  HD 172167 (Bintang Vega) dan HD 48915 (Bintang Sirius).

5. Caldwell Catalogue (C)
Mengenal 5 Katalog Objek Astronomi, Kamu Tahu yang Mana Nih?

Caldwell Catalogue merupakan salah satu katalog Deep Sky Object yang terkenal selain katalog Messier. Katalog ini disusun berdasarkan nama penyusunnya yaitu Sir Patrick Alfred Caldwell-Moore. Dia menyusun katalog ini karena merasa bahwa katalog Messier dianggap kurang lengkap dan terganggu oleh pengamatan komet sehingga ia menyusun katalog sesuai dengan pengamatannya.

Katalog ini berisi 109 objek yang diamati dari belahan bumi Selatan dan Utara. Katalog ini tersusun dari 46 gugus bintang, 28 nebula dan 35 galaksi dan diatur dalam urutan deklinasi.

Beberapa objek Caldwell yang terkenal antara lain C6 (Nebula Mata Kucing) dan C39 (Eskimo Nebula).

Katalog astronomi seperti untuk asteroid dapat dikompilasi dari berbagai sumber, tetapi kebanyakan katalog modern adalah hasil dari survei astronomi tertentu Sejak akhir abad ke-20 katalog semakin sering disusun oleh komputer dari survei otomatis, dan diterbitkan sebagai file komputer daripada di atas kertas.

Berkembangnya pengamatan di bidang astronomi menjadikan banyaknya katalog yang membuat kita kaya akan informasi objek tersebut. Itulah lima katalog astronomi yang terkenal yang dijadikan rujukan para ilmuwan saat ini.