Inilah Fakta Unik Planet Venus Si Tetangga Bumi yang Panas

Inilah Fakta Unik Planet Venus Si Tetangga Bumi yang Panas

Inilah Fakta Unik Planet Venus Si Tetangga Bumi yang Panas – Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari setelah Merkurius. Planet ini mengorbit Matahari selama 224,7 hari Bumi. Venus tidak memiliki satelit alami dan dinamai dari dewi cinta dan kecantikan dalam mitologi Romawi. Setelah Bulan, planet ini merupakan objek alami tercerah di langit malam, dengan magnitudo tampak sebesar −4,6 yang cukup cerah untuk menghasilkan bayangan.

Venus merupakan planet inferior dengan sudut elongasi yang mencapai 47,8°. Kecerahan maksimal planet ini dapat dilihat segera sebelum matahari terbit atau setelah matahari terbenam, sehingga disebut Bintang Fajar atau Bintang Senja.

Masih hafal dengan urutan planet di tata surya yang diajarkan di Club388 Indonesia kelas IPA waktu SD dulu? Kalau begitu, apa planet ke-2 dari Matahari? Betul! Venus namanya. Bertetangga dengan Bumi dan Merkurius, Venus dapat kita lihat di langit subuh dan senja di waktu yang tepat.

Mengenal ambisi manusia, Mars pun sudah kita sentuh lewat kiriman wahana antariksa. Lalu, bagaimana dengan Venus? Terkenal sangat panas, planet yang namanya berasal dari Dewi Kecantikan dan Cinta Romawi ini dikatakan mustahil untuk kita jelajahi.

1. Punya banyak gunung berapi!
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Sebanyak-banyaknya gunung berapi di Bumi, Venus punya lebih banyak! Faktanya, gunung berapi di Venus adalah yang paling banyak dibandingkan planet-planet tata surya.

Para astronom menghitung ada lebih dari 1.600 gunung berapi pada permukaan Venus. Malah, mereka memprakirakan ada lagi gunung-gunung berapi mini yang terlalu kecil untuk dilihat! Untungnya, dari angka tersebut hanya 37 saja yang aktif.

2. Rotasi lebih lama dari revolusi!
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Tes IPA lagi, berapa lama rotasi dan revolusi Bumi? Betul, 24 jam adalah 1 hari di Bumi dan 365 hari adalah satu tahun, atau satu revolusi Bumi mengelilingi Matahari. Bagaimana dengan Venus? Lebih lama, guys!

Menariknya, rotasi Venus lebih lama dari revolusinya! Satu hari atau satu rotasi Venus sama dengan 243 hari Bumi (5.832 jam). Revolusinya? Satu tahun di Venus sama dengan 224,7 hari di Bumi. Aneh bin ajaib, kan?

3. Beda penampilan, Venus dan Bumi ternyata kembar!
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Meskipun berbeda secara penampilan, Venus ternyata adalah kembaran yang paling identik dengan Bumi! Hanya beda tipis saja. Dari ukuran dan berat, Bumi memang sedikit lebih besar dari Venus. Dari segi komposisi dan jarak ke Matahari, Venus dan Bumi yang sama-sama terestrial ini pun hampir sama.

Paling dekat dengan Bumi, Venus juga memiliki permukaan yang relatif “masih muda” dan atmosfer tebal. Mau ke sana? Masalahnya, awan di Venus adalah asam sulfat! Selain tak bisa ditinggali, awan asam sulfat tersebut juga memantulkan cahaya, sehingga permukaan Venus tak terlihat di luar angkasa.

4. Venus adalah planet yang hot!
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Selain asam sulfat, Venus tak bisa ditinggali karena atmosfernya bukan terdiri dari oksigen, melainkan 96 persen karbon dioksida! Efek rumah kaca yang tak terkendali di Venus adalah salah satu faktor utama mengapa permukaan Venus sangat panas!

Seberapa panas? 470 derajat Celsius! Tingginya suhu Venus membuatnya terkenal sebagai planet paling hot di tata surya. Saking panasnya, konon Venus memiliki laut air, namun menguap!

5. Tekanan udara di Venus sangat berat!
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Berpikir untuk tinggal di Venus sama seperti cari mati! Selain tak bisa napas dan panas, tekanan udara di permukaan Venus dapat menghancurkanmu!

Bayangkan tekanan di 900 meter-1 kilometer kedalaman laut. Paru-parumu bisa hancur! Nah, itulah tekanan udara di permukaan Venus. Masih mau coba? Lebih baik urungkan niat.

6. Planet yang paling jarang terlihat melewati Matahari!

Dari planet-planet lain, Venus adalah salah satu planet yang paling jarang terlihat melintasi Matahari dari Bumi. Saking jarangnya, pemandangan Venus melintasi Matahari yang terlihat kurang dari sekali dalam seabad.

Baru tujuh kali Venus terlihat melintasi Matahari sejak penemuan teleskop pada 1608! Pertama kali, Venus terlihat melintasi Matahari pada Desember 1639 berdasarkan perhitungan akurat dua astronom Inggris, Jeremiah Horrocks dan William Crabtree

Terakhir kali, Venus terlihat melintasi Matahari pada 5-6 Juni 2012, dan dapat terlihat di Amerika Utara dan beberapa kawasan Amerika Selatan, Asia Barat, Afrika Timur, dan hampir seluruh Eropa. Kamu kelewatan?! Sayang sekali, kamu harus menunggu hingga 2117 agar Venus melintasi Matahari lagi!

7. Planet paling terang yang bisa Bumi lihat!
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Tak mau menunggu Venus melintasi Matahari? Setidaknya, Venus tetap dapat terlihat dari Bumi karena jaraknya. Selain Bulan, Venus adalah objek langit yang paling terang dan dapat terlihat dari Bumi. Saking terangnya, ada kejadian lucu melibatkan Venus pada Januari 2011.

Seorang pilot pesawat Boeing 767 maskapai Air Canada dari Toronto, Kanada ke Zurich, Swiss yang mengantuk melakukan pendaratan darurat untuk menghindari tabrakan dengan objek cahaya misterius. Ternyata, objek cahaya tersebut adalah planet Venus! Untungnya, dari 95 penumpang dan 8 kru, tidak ada korban jiwa.

8. Bertetangga pun, Venus tetap misterius
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Meskipun dekat dengan Bumi, Venus masih tetap menjadi misteri yang terus dipelajari. Bahkan, peradaban manusia di masa lampau pun sudah mempelajarinya. Studi Venus dapat ditelusuri hingga abad ke-16 SM oleh Kekaisaran Babilonia. Mereka menyebut Venus “Ninsi’anna” atau “Perempuan Suci”.

Lalu, menurut peradaban Yunani Kuno, Venus tadinya disangka dua bintang berbeda: Phosphorus di waktu pagi dan Hesperus di waktu petang. Pandangan tersebut dibantah oleh matematikawan Pythagoras dari Samos yang menemukan bahwa Venus adalah satu planet, bukan bintang, yang muncul pada pagi dan petang pada abad ke-6 SM.

9. Angin di Venus selalu ribut!
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Seberapa cepat tornado dan puting beliung di Bumi? Bahkan, tornado paling cepat di Bumi pun tak bisa dibandingkan dengan Venus.

Di lapisan awan tengah Venus, angin melintas dengan kecepatan yang tidak manusiawi, yaitu 724 kilometer per jam! Faktanya, angin di Venus bergerak hingga 60 kali dari kecepatan rotasinya, sedangkan angin tercepat di Bumi hanya 10-20 kali dari kecepatan rotasi planet.

10. Seperti Bulan, Venus terlihat seperti memiliki fase di Bumi!
10 Fakta Unik Planet Venus, Tetangga Bumi yang Panas

Dikarenakan Venus mengelilingi Matahari di bawah orbit Bumi, planet ini nampak memiliki fase seperti Bulan. Hal ini diungkapkan oleh ilmuwan legendaris Italia, Galileo Galilei, pada awal abad ke-17. Penelitian tersebut menjadi salah satu bukti bahwa Matahari-lah pusat tata surya (heliosentris), bukan Bumi (geosentris)!

Saat Venus jauh dari Matahari, maka planet tersebut terlihat setengah bersinar. Sedangkan, jika Venus sedang berada di dekat Matahari, maka planet ini dapat terlihat sabit hingga bulat penuh! Hal ini hanya membuktikan kalau Venus bukan mengelilingi Bumi, melainkan Matahari.

Itulah beberapa fakta menarik mengenai planet Venus, tetangga planet Bumi yang terkenal sebagai simbol kewanitaan dan karena panasnya. Melihat fakta-fakta ini, memang lebih baik kita kagumi Venus dari jauh.