Inilah Beberapa Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta

Inilah Beberapa Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta

Inilah Beberapa Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta – Alam semesta adalah seluruh ruang waktu kontinu tempat kita berada, dengan energi dan materi yang dimilikinya. Usaha untuk memahami pengertian alam semesta dalam lingkup ini pada skala terbesar yang memungkinkan, ada pada kosmologi, ilmu pengetahuan yang berkembang dari fisika dan astronomi. Planet Bumi adalah suatu bagian dari alam semesta yang penuh dengan keanehan.

Kalau kita mundur ke masa lalu, dahulu banyak hal tentang Bumi yang diperdebatkan, mulai dari seperti apa bentuk Bumi, apakah Bumi berputar atau diam di tempat, adanya gravitasi, dan sebagainya. Namun, Bumi hanyalah salah satu objek alam semesta yang menyimpan keanehan.

Di luar sana, para astronom mengamati alam semesta dan terus menemukan objek baru. Dari sekian banyak objek yang ada di alam semesta, ada beberapa objek yang gagal dipahami oleh para astronom sehingga menjadi objek misterius. Dilansir laman idn poker mobile dan Science Focus, inilah beberapa objek misterius yang ada di alam semesta.

1. Sinyal radio misterius
7 Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta, Sulit Dipahami

Selama bertahun-tahun, para peneliti menerima sinyal radio yang sangat kuat dan jelas, tetapi hanya berlangsung beberapa milidetik. Kilatan misterius ini disebut fast radio bursts (FRB), dan diperkirakan berasal dari jarak miliaran tahun cahaya.

Terakhir, para ilmuwan berhasil menangkap FRB berulang, yang berkedip enam kali berturut-turut. Sinyal kedua yang pernah terlihat dan diharapkan dapat membantu para peneliti mengungkap misteri ini.

2. Planet kerdil Haumea ternyata memiliki cincin
7 Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta, Sulit Dipahami

Haumea adalah planet kerdil yang mengorbit Kuiper Belt di luar Neptunus, yang menunjukkan fenomena yang sudah tidak biasa. Planet ini memiliki bentuk memanjang yang aneh, terdapat dua bulan, dan satu hari yang berlangsung hanya 4 jam.

Kemudian, di tahun 2017, Haumea menjadi semakin aneh. Saat itu, para astronom mengamatinya lewat di depan sebuah bintang dan mengamati adanya cincin yang sangat tipis mengorbit di sekitarnya, yang kemungkinan merupakan hasil dari tabrakan di masa lalu yang lama.

3. Materi gelap
7 Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta, Sulit Dipahami

Dark matter atau materi gelap adalah zat yang tidak diketahui dengan jelas dan membentuk 85 persen dari semua materi di alam semesta. Para peneliti yakin bahwa materi gelap ada di mana-mana.

Namun, pada 2018, para astronom mulai ragu soal keberadaan materi gelap dan berpikir bahwa tampaknya alam semesta hampir tidak mengandung materi gelap. Temuan ini kemudian menimbulkan perdebatan seputar apakah materi gelap benar-benar ada atau tidak.

4. Aliran inframerah dari luar angkasa
7 Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta, Sulit Dipahami

Bintang neutron ialah objek dengan kepadatan tinggi yang terbentuk setelah kematian bintang biasa. Umumnya, bintang ini memancarkan gelombang radio atau radiasi energi tinggi seperti sinar-X. Namun, pada September 2018, para astronom menemukan aliran panjang cahaya inframerah yang berasal dari bintang neutron yang berjarak 800 tahun cahaya dari Bumi.

Itu adalah sesuatu yang belum pernah diamati sebelumnya. Berdasarkan pengamatan tersebut, para peneliti memperkirakan bahwa piringan debu yang mengelilingi bintang neutron dapat menghasilkan sinyal, tetapi belum ada penjelasan yang pasti untuk hal ini.

5. Adanya Galaksi X di dekat Bima Sakti
7 Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta, Sulit Dipahami

Para astronom biasanya menemukan objek baru dengan melihat efeknya pada objek luar angkasa sekitarnya yang lebih mencolok. Misalnya, Neptunus ditemukan berkat pengaruhnya terhadap Uranus. Jadi, saat para astronom melihat riak-riak aneh di cakram Bima Sakti pada tahun 2009, para astronom langsung mencari seputar objek yang mungkin bertanggung jawab atas terjadinya fenomena itu.

Galaksi ini disebut dengan ‘Galaksi X’ dan hanya bisa diidentifikasi berkat adanya empat bintang terang yang bersinar dari kegelapan. Tanpanya, galaksi ini hanya akan mengintai dalam bayang-bayang tanpa pernah diketahui.

6. ‘Oumuamua
7 Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta, Sulit Dipahami

‘Oumuamua adalah objek luar angkasa yang memanjang. Diperkirakan, panjangnya mencapai satu kilometer tetapi lebarnya tidak lebih dari 167 meter, membuatnya terlihat seperti mentimun. Objek ini bergerak sangat cepat sehingga tidak mungkin dapat terikat secara gravitasi oleh Matahari. Diperkirakan, ‘Oumuamua terbentuk di luar Tata Surya kita dan kemudian berjalan jauh hingga masuk ke Tata Surya.

Namun, kemudian diketahui bahwa ‘Oumuamua memiliki sifat yang tidak biasa dibandingkan dengan komet dari Tata Surya. Saat ini, ‘Oumuamua telah keluar dari Tata Surya, tetapi kontroversi seputar ‘Oumuamua masih terus membingungkan astronom.

7. Bintang Tabby
7 Objek Misterius yang Ada di Alam Semesta, Sulit Dipahami

Ketika para astronom dari Louisiana State University pertama kali melihat bintang yang kemudian diberi nama KIC 846285, mereka bingung. Bintang ini juga diberi julukan bintang Tabby, yang memiliki keanehan berupa penurunan kecerahannya pada interval yang tidak teratur dan untuk jangka waktu yang aneh, terkadang hingga 22 persen.

Berbagai teori diajukan, tetapi saat ini, sebagian besar peneliti percaya bintang itu dikelilingi oleh cincin debu abnormal yang menyebabkan penggelapan. Meskipun begitu, selama belum ada penjelasan yang pasti, bintang Tabby masih menjadi objek luar angkasa yang misterius.