Inilah Beberapa Fakta mengenai Seberapa Luas Black Hole

Inilah Beberapa Fakta mengenai Seberapa Luas Black Hole

Inilah Beberapa Fakta mengenai Seberapa Luas Black Hole – Lubang hitam (bahasa Inggris: black hole) adalah bagian dari ruang waktu yang merupakan gravitasi paling kuat, bahkan cahaya tidak bisa kabur. Teori relativitas umum memprediksi bahwa butuh massa besar untuk menciptakan sebuah lubang hitam yang berada di ruang waktu. Ahli astronomi baru saja menemukan cara untuk mengukur luas dari blackhole.

Black hole adalah wilayah ruang dan waktu, di mana gravitasi begitu kuat, sehingga tidak ada partikel atau cahaya yang dapat lolos dari mereka. Black hole terbuat ketika dua bintang bertabrakan.

Di sekitar lubang hitam ada permukaan yang disebut horizon peristiwa. Objek ini disebut “hitam” karena menyerap apapun yang berada disekitarnya dan tidak dapat kembali lagi, bahkan cahaya. idn poker mobile merangkum beberapa fakta mengenai luas black hole dengan mengutip dari beberapa sumber seperti Space dan juga Astronomy. Yuk, mari kita simak bersama!

1. Perbedaan luas black hole
Seberapa Besar Black Hole itu? Yuk, Ketahui Faktanya!

Pertama, mengutip dari Astronomy dan juga Space, black hole yang paling standar dikenal juga sebagai stellar-mass black hole. Black hole ini ada, ketika satu bintang yang sangat besar berada di akhir hidupnya.

Bintang itu sebenarnya masih memiliki sedikit kekuatan di masa akhir hidupnya, akhirnya gravitasi bintang yang sangat kuat menyebabkannya runtuh dan dengan cepat memantul keluar dan menyebabkan ledakan yang dahsyat atau dikenal sebagai supernova.  Selanjutnya, besar dari blackhole sangat tergantung pada massa bintang. Lubang black hole bisa mencapai beberapa lusin kali massa Matahari.

Salah satu black hole yang terbesar adalah Sagittarius A* yang massanya bisa mencapai jutaan hingga miliaran kali massa Matahari dan hal itu masih belum sepenuhnya dibuktikan.

2. Seberapa besar black hole dibanding dengan Bumi?
Seberapa Besar Black Hole itu? Yuk, Ketahui Faktanya!

Masih dari sumber yang sama, mari kita lihat seberapa besar black hole jika dibandingkan dengan Bumi dan juga Matahari. Pada dasarnya, black hole sangat besar jika dibandingkan dengan planet kita ini. Bumi memiliki masa 6×10^24 kilogram dan massa black hole masih berkali-kali lipat dibanding Bumi.

Untung membuat black hole dibutuhkan massa yang cukup, sehingga gravitasi objek dapat mengatasi gaya luar yang mencegahnya dari keruntuhan total. Pada black hole, para ilmuwan mempercayai bahwa ada gravitasi yang tak terbatas di dalamnya.

Astronom yang pertama kali mengukur ukuran besarnya black hole adalah astronom Jerman Karl Schwarzschild pada tahun 1916. Menurutnya, jika black hole memiliki masa seukuran Bumi, maka mereka akan memiliki ukuran sebesar bola pingpong.

3. Seberapa kecilnya black hole yang terkecil
Seberapa Besar Black Hole itu? Yuk, Ketahui Faktanya!

Poin berikutnya, kita akan melihat beberapa black hole yang tidak memiliki ukuran yang besar. Seperti mengutip dari Astronomy, ada beberapa black hole yang ukurannya tak jauh berbeda dengan Matahari atau planet-planet yang ada di galaxy kita. Black hole itu adalah GRO J1655-40 yang memiliki besar 5,4 kali massa Matahari.

4. Seberapa besar ukuran black hole sedang?
Seberapa Besar Black Hole itu? Yuk, Ketahui Faktanya!

Berikutnya kita akan melihat seberapa besar ukuran black hole dengan ukuran sedang. Untuk ukuran black hole berukuran sedang ini, baru saja ditemukan oleh Teleskop Luar Angkasa Hubble pada April 2020.

Black hole yang ditemukan itu memiliki massa lebih dari 50.000 kali massa Matahari. Mereka juga memiliki radius seperlima dari Matahari, atau sekitar dua kali radius Jupiter.

5. Di mana letak black hole yang terbesar?
Seberapa Besar Black Hole itu? Yuk, Ketahui Faktanya!

Tentunya selain ada black hole dengan ukuran kecil dan sedang, ada juga ukuran black hole yang terbesar. Mengutip Astronomy, ukuran black hole terbesar pada galaxy kita terletak pada 26.000 tahun cahaya dari Matahari. Black hole itu bernama Sagittarius A* yang memiliki radius 17 kali lebih besar dari Matahari kita.

Namun, black hole terbesar ditemukan di gugus galaksi Abell 85, lebih tepatnya di galaksi Holm15. Di galaksi ini ada black hole dengan ukuran massa 2 trilliun dari massa matahari.