Fakta Tentang Objek Hoag yang Misterius di Alam Semesta

Fakta Tentang Objek Hoag yang Misterius di Alam Semesta

Fakta Tentang Objek Hoag yang Misterius di Alam Semesta – Objek Hoag adalah galaksi non-tipikal dari jenis yang dikenal sebagai galaksi cincin. Alam semesta memiliki objek-objek yang tak terhingga di dalamnya. Di antara sejumlah objek yang telah ditemukan oleh para ilmuwan, banyak yang masih diselimuti tanda tanya dan misteri.

Galaksi ini dinamai dari Arthur Hoag yang menemukannya pada tahun 1950 dan mengidentifikasinya sebagai nebula planet atau galaksi peculiar dengan delapan miliar bintang, yang mencakup sekitar 100.000 tahun cahaya.

Salah satunya ialah Objek Hoag, galaksi cincin paling misterius di alam semesta ini. Bentuknya yang unik dan tak biasa kerap membuat para ilmuwan bingung sejak awal ditemukannya. Penasaran misteri apa yang ada pada Objek Hoag? Yuk, simak di bawah! ini!

1. Ditemukan oleh Arthur Hoag pada tahun 1950
5 Fakta Objek Hoag, Galaksi Cincin Paling Misterius di Alam Semesta

Objek Hoag pertama kali ditemukan oleh seorang astronom bernama Arthur Hoag pada tahun 1950. Awalnya, Hoag sempat bingung dengan objek yang ia amati lantaran bentuknya yang tak biasa.

Dilansir Hubblesite, Hoag mengira objek seperti cincin asap itu adalah nebula planet, sisa-sisa cahaya bintang yang mirip Matahari. Tapi kemudian, ia dengan cepat menepis perkiraannya tersebut, lalu menyimpulkan bahwa objek misterius itu kemungkinan besar adalah sebuah galaksi.

Selanjutnya, prediksi Hoag tersebut dikonfirmasi oleh pengamatan lebih dalam yang dilakukan pada tahun 1970.

2. Galaksi cincin paling misterius di alam semesta
5 Fakta Objek Hoag, Galaksi Cincin Paling Misterius di Alam Semesta

Dilansir Space, Objek Hoag adalah galaksi cincin paling misterius yang pernah ditemukan di alam semesta. Saking penuh dengan misteri, para ilmuwan mengaku sulit untuk mempelajari galaksi langka ini.

Diketahui, cincin Objek Hoag memiliki lebar hingga 100.000 tahun cahaya, sedikit lebih besar dari galaksi Bimasakti. Sementara itu, jaraknya dengan Bumi diperkirakan mencapai 600 juta tahun cahaya.

3. Disebut galaksi di dalam galaksi
5 Fakta Objek Hoag, Galaksi Cincin Paling Misterius di Alam Semesta

Objek Hoag disebut juga galaksi di dalam galaksi. Sebab, benda misterius ini nampak seperti dua galaksi yang menyatu, di mana objek bundar dan padat di tengah dikelilingi oleh cincin asap yang berkilauan.

Jika diamati melalui teleskop, ruang kosong nan gelap yang menyekat kedua objek tersebut sebenarnya dipenuhi oleh bintang-bintang. Meskipun citra Objek Hoag sudah didapat sedetail mungkin, namun material-material yang ada di dalam galaksi ini masih menjadi misteri.

4. Cincinnya didominasi oleh gugusan bintang muda yang masif
5 Fakta Objek Hoag, Galaksi Cincin Paling Misterius di Alam Semesta

Cincin Objek Hoag didominasi oleh gugusan bintang muda yang masif dengan jumlah miliaran hingga triliunan. Warna cincin yang biru nampak kontras dengan inti ditengahnya yang berwana oranye kemerahan.

Berbeda dengan cincinnya, inti Objek Hoag didominasi oleh bintang-bintang yang umurnya jauh lebih tua. Meskipun demikian, komposisi kimia dari galaksi ini belum diketahui secara jelas.

5. Penyebab terbentuknya masih belum diketahui
5 Fakta Objek Hoag, Galaksi Cincin Paling Misterius di Alam Semesta

Karena Objek Hoag merupakan galaksi paling misterius di alam semesta, penyebab terbentuknya pun masih belum diketahui oleh para ilmuwan. Akan tetapi, terdapat dua hipotesis populer terkait asal usul galaksi aneh ini, yaitu tabrakan galaksi dan efek gravitasi.

Dilansir NASA, Arthur Hoag pernah menyatakan bahwa cincin biru di galaksi hanyalah ilusi optik yang diciptakan oleh lensa atau efek gravitasi. Namun, hipotesis itu disangkal oleh ilmuwan yang melakukan penelitian lebih lanjut terhadap Objek Hoag.

Kemudian, dicetuskan sebuah hipotesis tabrakan galaksi kuno yang menyebut Objek Hoag adalah hasil tumbukan dua galaksi pada miliaran tahun lalu. Dalam hipotesis ini dikatakan bahwa Objek Hoag dulunya adalah galaksi berbentuk piringan yang akhirnya robek karena bertabrakan dengan galaksi tetangga.

Itulah beberapa fakta seputar Objek Hoag si galaksi paling misterius yang pernah ditemukan di alam semesta. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuanmu, ya!