Fakta Tentang Bintang Regulus yang Paling Terang di Rasi Leo

Fakta Tentang Bintang Regulus yang Paling Terang di Rasi Leo

Fakta Tentang Bintang Regulus yang Paling Terang di Rasi Leo – Regulus adalah bintang paling terang di rasi Leo dan termasuk bintang yang cemerlang di langit malam. Bintang ini berada pada jarak 77.5 tahun cahaya dari Bumi. Leo adalah salah satu keluarga rasi zodiak di langit malam. Rasi yang membentuk singa ini memiliki satu bintang paling terang, yaitu Regulus atau Alpha Leonis.

Regulus merupakan sistem multi bintang yang terdiri dari empat bintang yang tergabung dalam dua pasang bintang. Regulus A terdiri dari bintang biru keputihan dan pasangannya yang belum diamati, berkemungkinan adalah bintang katai putih (white dwarf). Regulus terkenal dengan julukan “jantung singa” karena letaknya yang berada persis di jantung rasi bintang Leo.

Namun, siapa sangka, bintang ini ternyata merupakan sistem bintang ganda yang terdiri dari dua pasang komponen. Penasaran seperti apa lebih jelasnya? Yuk, Dilansir dari idn poker mobile simak fakta-faktanya di bawah ini!

1. Bintang paling terang di rasi Leo
5 Fakta Bintang Regulus, 'Jantung Singa' Paling Terang di Rasi Leo

Dilansir Star Facts, Regulus adalah bintang paling terang di rasi Leo sang Singa penguasa langit malam. Ini karena bintang tersebut memiliki magnitudo tampak sebesar 1,35 yang membuatnya bersinar sangat cerlang.

Regulus juga termasuk ke dalam daftar bintang paling terang di langit malam, tepatnya di urutan ke-21. Bintang yang jaraknya 79 tahun cahaya dari Bumi ini terdiri dari dua pasang komponen. Apa saja itu? Simak di poin berikutnya, ya!

2. Merupakan sistem bintang ganda yang terdiri dari dua pasang komponen
5 Fakta Bintang Regulus, 'Jantung Singa' Paling Terang di Rasi Leo

Dilansir The Nine Planets, Regulus merupakan sistem bintang ganda yang terdiri dari dua pasang komponen. Benar, “jantung singa” terdiri atas total empat bintang.

Pertama, yaitu Regulus A dengan pasangannya yang kemungkinan adalah bintang katai putih. Kedua, Regulus B dengan pasangannya Regulus C. Namun, yang paling mendominasi “jantung singa” adalah Regulus A. Sebab, bintang ini memiliki kecerlangan yang lebih terang daripada bintang lainnya.

3. Lebih besar dari Matahari
5 Fakta Bintang Regulus, 'Jantung Singa' Paling Terang di Rasi Leo

Jika dilihat dari Bumi, cahaya yang dipancarkan Regulus akan nampak berwarna putih kebiruan. Hal tersebut menandakan bahwa bintang ini lebih besar daripada Matahari.

Regulus A, yang mana paling mendominasi Alpha Leonis, mempunyai massa yang setara dengan 3,8 kali massa Matahari. Dilansir Earth Sky, bintang ini termasuk ke dalam tipe spektral B8 IVn yang memancarkan cahaya biru dan putih yang panas.

Lain halnya dengan Regulus B dan C, dua bintang ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari Matahari. Sebab, keduanya adalah tipe bintang redup katai merah M4V.

4. Namanya berasal dari bahasa Latin
5 Fakta Bintang Regulus, 'Jantung Singa' Paling Terang di Rasi Leo

Dalam bahasa Latin, nama Regulus memiliki arti “raja muda” atau “pangeran”. Bintang ini disebut juga “Basiliskos” dan “Cor Leonis” yang mana merujuk pada “jantung singa”.

Lain lagi dalam bahasa Arab, Regulus disebut “Qalb al-Asad” yang juga memiliki arti sama seperti sebelumnya. Dilansir Space, penamaan populer tersebut ternyata diberikan oleh astronom asal Polandia yang juga merupakan penemu sistem heliosentris (Matahari sebagai pusat tata surya), yakni Nicolaus Copernicus.

5. Terletak di dua pola bintang populer
5 Fakta Bintang Regulus, 'Jantung Singa' Paling Terang di Rasi Leo

Regulus terkenal karena letaknya yang berada di dua asterisme atau pola bintang populer, yakni Sabit Leo dan Segitiga Musim Semi. Keduanya terbilang cukup mudah untuk ditemukan karena dibentuk oleh bintang-bintang terang.

Regulus bakal membuat formasi Sabit Leo di rasi zodiak singa itu sendiri. Sementara, Alpha Leonis ini akan membentuk pola bintang Segitiga Musim Semi bersama Spica dan Arturus pada langit malam di sepanjang bulan Maret hingga Mei.