Fakta Pemandangan Lyra Yaitu Sebagai Rasi Bintang Kecapi

Fakta Pemandangan Lyra Yaitu Sebagai Rasi Bintang Kecapi

Fakta Tentang Lyra Yaitu Sebagai Rasi Bintang Kecapi – Rasi bintang Lyra (alat musik lira) sudah merupakan bagian dari daftar 48 rasi bintang Ptolemy dan juga satu dari 88 rasi bintang modern yang diakui oleh IAU. Langit malam tidak pernah membosankan bagi para pecintanya. Penuh dengan gemerlap cahaya bintang yang membuat pemandangan indah di malam hari.

Lyra tidak terlalu besar, tetapi tetap mudah ditemukan karena bintang utamanya, Vega, adalah juga titik dalam “segitiga musim panas”.Namun pemandangan ini hanya bisa disaksikan di daerah yang minim akan polusi cahaya. Salah satu keindahan langit malam adalah pemandangan rasi bintang. Mereka adalah kumpulan bintang yang apabila saling dihubungkan akan membentuk sebuah pola tertentu.

Salah satu yang cukup populer adalah Lyra, yang sering dijuluki sebagai rasi bintang kecapi. Sebelum kamu mengamati Lyra secara langsung di malam hari. Dikutip dari download idn play Yuk, simak lima fakta menariknya berikut ini.

1. Namanya berasal dari kebudayaan mitologi Yunani
5 Fakta Konstelasi Lyra, Rasi Bintang Kecapi di Langit Utara

Dalam mitologi Yunani, Lyra berarti kecapi. Alat musik ini dimainkan oleh seorang musisi yang bernama Orpheus setelah dewa Apollo memberikan kepadanya. Orpheus merupakan putra Raja Oeagrus dari Trakia.

Sayang sekali, Orpheus dibunuh oleh Baccanthes karena ia tidak menghormati Dionysus. Kemudian kecapinya dibuang ke sungai. Zeus yang iba memerintahkan seekor elang untuk mengambil kecapinya dan menempatkan keduanya di langit sebagai konstelasi Lyra.

2. Terdiri atas lima bintang utama
5 Fakta Konstelasi Lyra, Rasi Bintang Kecapi di Langit Utara

Rasi bintang Lyra terdiri dari lima bintang utama yang jika dihubungkan membentuk formasi kecapi. Kelima bintang itu adalah Vega, Shulafat, Sheliak, Zeta Lyrae, dan Delta-2 Lyrae. Dilansir NASA, Vega merupakan bintang paling terang kelima di langit malam dan memiliki jarak 25 tahun cahaya dari bumi.

3. Memiliki banyak objek astronomi yang menarik
5 Fakta Konstelasi Lyra, Rasi Bintang Kecapi di Langit Utara

Bukan hanya bintang, rasi bintang ini juga memiliki banyak objek astronomi yang sangat menakjubkan. Adapun objek itu di antaranya M56, M57, NGC 6791, NGC 6745, dan masih banyak yang lainnya. M57 yang dikenal di kalangan astronom sebagai objek Messier dengan nama Ring Nebula. Penampakannya bisa kamu lihat di gambar di atas.

4. Rasi bintang ini mudah ditemukan
5 Fakta Konstelasi Lyra, Rasi Bintang Kecapi di Langit Utara

Rasi ini terkenal akan salah satu bintangnya yang tergabung dalam summer triangle. Dilansir Earth Sky, ini merupakan segitiga bintang yang menunjukkan musim panas akan tiba. Bintang di formasi Lyra yang termasuk di dalamnya adalah Vega. Ia bersama dengan dua bintang lain, yaitu Deneb dan Altair mulai terlihat di bulan Juni hingga akhir tahun.

Jika kamu ingin menemukan rasi ini, lihatlah ke arah timur laut setelah Matahari terbenam. Jika kamu menemukan bintang yang paling terang berwarna biru-putih, selamat kamu sudah menemukan rasi Lyra. Namun kalau kamu bingung, gunakanlah aplikasi penunjuk bintang seperti Stellarium ataupun SkySafari.

5. Rasi bintang Lyra adalah titik radian hujan meteor Lyrids
5 Fakta Konstelasi Lyra, Rasi Bintang Kecapi di Langit Utara

Keunggulan lain dari rasi bintang Lyra adalah ia merupakan titik muncul dari hujan meteor Lyrids. Dilansir Earth Sky, fenomena ini akan muncul setiap tanggal 16 hingga 25 April dan puncaknya terjadi pada tanggal 22 hingga 23 April dengan jumlah 10-15 meteor per jam. Hujan meteor tersebut dapat dilihat di waktu yang sama setiap tahun.

Dilansir Space, hujan meteor Lyrids berasal dari puing-puing komet Thatcher. Ia merupakan komet periode panjang yang mengelilingi matahari setiap 415 tahun. Ketika melintasi orbit Bumi, ia meninggalkan jejak berupa debu dan batuan yang akan masuk ke atmosfer sebagai hujan meteor.