Fakta Komet Hale-Bopp yang Banyak Dilihat Dalam Sejarah

Fakta Komet Hale-Bopp yang Banyak Dilihat Dalam Sejarah

Fakta Komet Hale-Bopp yang Banyak Dilihat Dalam Sejarah – Komet Hale-Bopp  ditemukan pada tanggal 23 Juli tahun 1955 pada jarak yang cukup jauh dari Matahari. Komet Hale-Bopp atau disebut juga komet C/1995 O1 adalah salah satu komet yang masih diperdebatkan pada abad ke dua puluh ini. Komet merupakan benda angkasa yang terbentuk dari sisa-sisa pembentukan tata surya. Bahan-bahan yang membentuk komet adalah debu, batuan, dan es.

Hale-Bopp merupakan salah satu komet terterang / tercerah yang dapat terlihat selama beberapa dekade ini. Komet ini dapat terlihat oleh mata telanjang selama 18 bulan, dua kali lipat daripada komet 1811. Ukuran komet ini sangat beragam, dengan diameter hanya beberapa kilometer hingga puluhan kilometer. Ketika mengorbit Matahari, Komet ini terbakar dan mengeluarkan ekor yang berasal dari gas dan debu.

Salah satu komet yang cukup terkenal adalah Komet Hale-Bopp. Komet ini dikenal karena disebut sebagai salah satu komet yang paling banyak dilihat dalam sejarah. Simak informasi tentang Komet Hale-Bopp di bawah ini.

1. Terakhir terlihat pada 1997
7 Fakta Komet Hale-Bopp yang Terakhir Terlihat pada 1997

Komet ini terlihat dengan jelas di belahan Bumi Utara. Cahaya yang dihasilkan komet ini sangat terang, sehingga bisa terlihat dengan jelas tanpa alat bantu. Alasan mengapa Komet Hale-Bopp bisa terlihat langsung oleh mata adalah karena jaraknya yang sangat dekat.

Jarak terdekat Komet Hale-Bopp dengan Matahari adalah 0,914 SA. Satuan astronomi atau astronomical unit (AU) merupakan satuan jarak yang kurang lebih sama dengan jarak Matahari ke Bumi. Satu SA setara dengan kurang lebih 150 juta kilometer.

2. Ditemukan oleh dua orang peneliti
7 Fakta Komet Hale-Bopp yang Terakhir Terlihat pada 1997

Biasanya, komet diberikan nama oleh orang yang menemukannya atau observatori tempat komet tersebut terlihat. Komet Hale-Bopp ditemukan oleh dua orang peneliti amatir yang bernama Alan Hale dan Thomas Bopp. Komet ini pertama kali ditemukan pada 23 Juli 1995 di Amerika Serikat.

Hale dan Bopp berhasil menemukan komet ini sebelum bisa dilihat dengan mata. Komet yang memiliki nama lain C/1995 01 ditemukan pada jarak 7.15 SA. Komet ini ditemukan di dekat gugus bintang M70 dengan magnitudo 10,5.

3. Terlihat selama lebih dari satu tahun
7 Fakta Komet Hale-Bopp yang Terakhir Terlihat pada 1997

Komet Hale-Bopp mendapatkan julukan “The Great Comet of 1997”. Julukan ini diberikan karena komet ini bisa dilihat secara langsung dari Bumi selama lebih dari satu tahun. Komet ini terlihat dengan jelas di belahan Bumi Utara hingga terakhir terlihat pada 1 April 1997.

Cahaya yang ditimbulkan komet berekor biru-putih ini sangat terang. Orang-orang masih bisa melihat komet ini di kota yang penuh dengan polusi cahaya tanpa alat bantu. Jarak terdekat Komet Hale-Bopp dengan Bumi adalah 1,315 SA atau sekitar 196 juta kilometer.

4. Ukuran Komet Hale-Bopp
7 Fakta Komet Hale-Bopp yang Terakhir Terlihat pada 1997

Komet Hale-Bopp termasuk komet yang berukuran besar. Inti dari komet ini memiliki diameter sebesar 60 kilometer. Kemudian, ekor komet ini memiliki panjang hingga 100 juta kilometer.

Seperti benda langit yang lain, komet ini juga berputar pada porosnya. Waktu yang dibutuhkan untuk Komet Hale-Bopp untuk melakukan rotasi adalah sekitar 11 jam dan 46 menit. Waktu rotasi ini dihitung melalui material komet yang terlepas dari inti komet.

5. Menyebabkan Internet bermasalah
7 Fakta Komet Hale-Bopp yang Terakhir Terlihat pada 1997

Komet ini menjadi sangat terkenal karena bisa dilihat secara langsung. Bahkan, Komet Hale-Bopp menjadi sensasi di surat kabar dan Internet. Karena ramainya pembicaraan mengenai Komet Hale-Bopp, sempat terjadi masalah pada akses Internet.

Laman Jet Propulsion Laboratory milik NASA tercatat dikunjungi oleh 1,2 juta orang setiap harinya. Lonjakan pengunjung ini terjadi karena semua orang ingin mencari tahu tentang Komet Halet-Bopp.

6. Muncul sekte yang memuja Komet ini
7 Fakta Komet Hale-Bopp yang Terakhir Terlihat pada 1997

Sensasi yang ditimbulkan Komet Hale-Bopp juga menimbulkan dampak negatif. Salah satunya adalah kemunculan sebuah sekte yang disebut sebagai Heaven’s Gate. Kelompok ini dibentuk oleh seorang profesor musik yang bernama Marshall Applewhite.

Kelompok ini memercayai bahwa Komet Hale-Bopp diikuti oleh pesawat luar angkasa milik alien. Mereka percaya bahwa tubuh manusia hanyalah wadah dan bisa ditinggalkan untuk menjadi sosok yang lebih tinggi derajatnya.

7. Akan kembali terlihat ribuan tahun lagi
7 Fakta Komet Hale-Bopp yang Terakhir Terlihat pada 1997

Waktu yang dibutuhkan Komet Hale-Bopp untuk mengitari Matahari adalah sekitar 2520 tahun. Sebelum terlihat pada 1997, komet ini diperkirakan berada di perihelion (jarak terdekat sebuah benda langit dengan Matahari) pada 2215 SM. Setelah melalui penghitungan, Komet Hale-Bopp baru akan kembali berada di perihelion pada tahun 4385.

Orbit dari Komet Hale-Bopp berbentuk oval. Jika perihelion komet ini berada di 0,914 SA, aphelion (jarak terjauh benda langit dengan Matahari) dari Komet Hale-Bopp berada di 370,8 SA atau sekitar 55,3 miliar kilometer.