Deretan Fenomena Langit yang Mewarnai Bulan Februari 2022

Deretan Fenomena Langit yang Mewarnai Bulan Februari 2022 – Peristiwa langit adalah fenomena astronomi yang menarik yang melibatkan satu atau lebih benda langit. Beberapa contoh peristiwa selestial adalah fase siklus Bulan, gerhana matahari dan bulan, transit dan okultasi, pertentangan planet dan konjungsi, hujan meteor, dan flybys komet, soltis dan ekuinoks.

Memasuki bulan ke-2 tahun 2022, tidak banyak peristiwa langit yang terjadi. Namun, pada bulan ini terdapat beberapa kejadian yang unik dan bakal muncul, lho.

Buat kamu penikmat langit malam, buruan siapkan teleskop atau binokular mulai dari sekarang, yuk! Berikut ini ada daftar lima peristiwa langit spesial yang terjadi di bulan Februari 2022.

Bulan baru – 1 Februari

5 Peristiwa Langit Fenomenal Bulan Februari 2022 

Dalam astronomi, bulan baru atau bulan mati adalah fase bulan pertama yang terjadi pada saat posisi bulan berada dalam satu garis lurus di antara matahari dan bumi. Seluruh permukaan bulan yang disinari matahari akan berada di bagian “belakang” bulan.

Sedangkan bagian yang tidak disinari akan terlihat dari Bumi. Akibatnya, bulan akan tampak menghitam. Peristiwa tersebut akan terjadi pada awal Februari sekitar pukul 12.47 WIB.

Penampakan planet saturnus – 4 Februari

5 Peristiwa Langit Fenomenal Bulan Februari 2022 

Planet ke-6 dalam Galaksi Bima Sakti ini akan mencapai konjungsi superior pada tanggal 4 Februari 2022. Konjungsi ini terjadi ketika saturnus, matahari, dan bumi terletak pada satu garis lurus dan posisi saturnus membelakangi matahari.

Planet bercincin ini telah hilang dari pandangan langit malam bumi sejak sekitar pertengahan Januari. Oleh karena itu, pada tanggal 4 Februari mendatang planet tersebut akan tampak cukup jelas di langit fajar; kemudian menghilang di bulan Maret.

Venus terlihat terang – 8 Februari

5 Peristiwa Langit Fenomenal Bulan Februari 2022 

Para astronom menyatakan bahwa pada tanggal 8 Februari 2022 akan menjadi waktu penampakan terbaik dan tercemerlang untuk planet berjuluk “bintang kejora” tersebut di sepanjang tahun 2022. Planet tersebut akan mencapai elongasi barat terbesarnya pada tanggal 20 Maret 2022.

Kamu mungkin akan melihat venus pada saat langit mulai terang. Cara termudah untuk menemukannya adalah dengan memulai pengamatan sejak malam hari. Temukan planet ini di dekat titik matahari terbit ketika pagi hari.

Merkurius tampak jelas – 16 Februari

5 Peristiwa Langit Fenomenal Bulan Februari 2022 

Orbit atau garis edar dari planet ini lebih dekat ke matahari daripada bumi. Artinya, merkurius akan selalu tampak dekat dengan matahari dan segera menghilang akibat kecerahan matahari hampir sepanjang waktu. Kamu hanya bisa mengamatinya selama beberapa hari setiap kali mencapai elongasi terbesarnya dari matahari.

Pada 16 Februari 2022, planet merkurius mencapai elongasi barat terbesar 26,3 derajat dari matahari. Hari itu adalah waktu terbaik untuk melihat merkurius karena planet tersebut akan berada di titik tertinggi di atas cakrawala di langit pagi. Carilah planet yang rendah di langit timur sebelum matahari terbit.

Bulan purnama “hunger moon” – 16 Februari

5 Peristiwa Langit Fenomenal Bulan Februari 2022 

Fase bulan ini akan terjadi pada tanggal 16 Februari 2022 sekitar pukul 23.30 WIB. Pada saat peristiwa tersebut berlangsung, bulan akan terletak di sisi berlawanan dari bumi.

Khusus di bulan Februari ini, fenomena bulan purnama tersebut disebut sebagai “hunger moon“. Hal tersebut karena pada saat itu salju terberat sedang turun sehingga membuat perburuan menjadi sulit.

Jangan lupa catat tanggal-tanggal fenomena langit di bulan Februari 2022 tersebut, ya! Biasanya para fotografer sudah mulai menyiapkan lensa terbaik mereka untuk berburu hasil jepretan yang ciamik, nih!

Peristiwa langit adalah fenomena astronomi yang menarik yang melibatkan satu atau lebih benda langit. Beberapa contoh peristiwa langit adalah fase siklus Bulan, gerhana matahari dan bulan, transit dan okultasi , oposisi dan konjungsi planet , hujan meteor, dan flybys komet, titik balik matahari dan ekuinoks.

Fenomena langit seringkali menjadi perhatian yang menarik dan patut ditunggu. Mulai dari gerhana bulan atau matahari hingga hujan meteor.
Fenomena tersebut biasanya diamati dan diteliti oleh para astronom untuk memperkirakan waktu terjadinya. Termasuk fenomena langit yang akan terjadi tahun 2022.