Cara Menjaga Berat Badan Setelah Hari Raya

Cara Menjaga Berat Badan Setelah Hari Raya

Cara Menjaga Berat Badan Setelah Hari Raya – Ada beberapa cara yang bisa di lakukan agar bisa menjaga berat badan setelah Lebaran . Terlebih, saat Lebaran, beragam jenis makanan lezat umumnya tersaji sebagai tradisi hari lebaran serta makanan berminyak dan berlemak . Akan tetapi, banyaknya sajian yang di suguhkan malah membuat kamu lupa diri dan makan berlebihan. Tidak hanya itu, suasana hangat dan asyik pun menjadikan kamu tidak sadar sudah banyak camilan lezat yang di makan saat berkumpul dengan keluarga.

Hal itu pun bisa saja membuat berat badan kamu naik setelah Lebaran. Untuk itu, kamu perlu tahu cara menjaga berat badan setelah Lebaran. Dengan demikian, kamu akan bisa menghindari kenaikan berat badan yang tidak di inginkan usai hari raya Lebaran. Makanan lezat yang manis dan mengandung santan jadi makanan yang khas saat Lebaran. onversity

Beberapa cara mencegah berat badan stelah lebaran berikuy ini.

1. Pertahankan Pola Makan Teratur

Ketika merayakan Lebaran, pola makan harus teratur. Kamu harus tetap makan di jam makan pada umumnya. Kalau kamu mau makan camilan, pastikan kamu tidak terlalu berlebihan.

Usai Hari Raya Lebaran, tetap jaga pola makan agar teratur. Jangan sampai tidak sarapan demi menjaga berat badan tetap terkendali. Melewatkan sarapan tidak membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Sebab itu akan membuat kamu lapar lebih cepat serta sulit mengendalikan porsi ketika makan siang.

2. Perbanyak Makan Buah

Kalau kamu menjadi tuan rumah Lebaran, siapkan berbagai jenis buah favorit keluarga. Terlebih, buah dapat menjadi makanan sehat untuk disantap bersama keluarga dan kamu dapat menjaga berat badan dengan mudah.

Sebab, buah mempunyai kandungan serat tinggi dan dapat membantu kamu kenyang lebih lama. Jadi, hasrat untuk makan camilan akan berkurang. Kamu dapat menyuguhkan buah kurma, pisang, apel, melon, atau jeruk menjadi camilan sehat saat berkumpul bersama keluarga.

Cara Menjaga Berat Badan Setelah Hari Raya

3. Atur Porsi Makan Kamu

Sebaiknya, kamu perhatikan jumlah makanan yang kamu makan. Kalau mau mencoba seluruh makanan yang ada, ambil porsi kecil dalam setiap makanan. Pastikan juga untuk memperbanyak porsi sayur yang ada supaya berat badan masih bisa dikendalikan dengan baik.

4. Banyak Minum Air Putih

Agar tetap sehat setelah banyak mengonsumsi makanan manis dan berat saat Lebaran, kamu juga penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih. Ketika cairan terpenuhi dengan baik, maka kamu terhindar dari dehidrasi.

Ketika cairan terpenuhi tubuh juga bisa membakar kalori dengan baik. Bahkan, saat tubuh terhidrasi dengan baik kamu dapat menekan nafsu makan agar lebih mudah menjaga berat badan.

5. Buat Tubuhmu Bergerak

Ketika Lebaran sangat disarankan untuk perbanyak aktivitas fisik di dalam rumah. Misalnya, bersih-bersih area makan, cuci piring, atau ajak keluarga bermain di teras rumah. Usai Lebaran selesai, pastikan pula untuk kembali berolahraga sehingga kesehatan masih berada dalam kondisi yang baik. Agen Live22

Kamu dapa menjalankan beragam jenis olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Misalnya berjalan kaki, lari, bersepeda, berenang, yoga, sampai kardio. Itulah lima cara agar tetap bisa menjaga berat badan setelah Lebaran Idul Fitri. Dengan lima tips di atas kamu pun tidak usah khawatir dengan berat badan ketika merayakan hari raya. Selamat mencoba!