Berikut Penjelasan Dari Tahun Cahaya Dalam Ilmu Astronomi

Berikut Penjelasan Dari Tahun Cahaya Dalam Ilmu Astronomi

Berikut Penjelasan Dari Tahun Cahaya Dalam Ilmu Astronomi – Tahun cahaya (light year ) adalah satuan panjang yang digunakan untuk menyatakan jarak astronomis dan memiliki nilai sekitar 9,46 triliun  kilometer (9,46 x 1012 km) atau 5,88 triliun mil (5,88 x 1012 mil).

Sebagaimana di definisikan oleh Persatuan Astronomi Internasional (IAU), tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam ruang hampa dalam satu tahun Julian (365,25 hari). Karena memuat kata “tahun”, istilah tahun cahaya terkadang disalahartikan sebagai satuan waktu.

Mempelajari astronomi tentunya akan disinggung mengenai “Tahun cahaya”. Jika dilihat dari idn poker ios tata bahasanya kata tersebut seperti menunjukan satuan waktu atau suatu periode. Namun, pada astronomi makna “Tahun cahaya” bukanlah menunjukan satuan waktu melainkan jarak.

1. Kecepatan Cahaya
Ini 3 Panduan Sederhana Memahami Jarak 'Tahun Cahaya' dalam Astronomi

Seperti yang kita ketahui jarak antar benda-benda di angkasa sangatlah jauh antar satu sama lain, sehingga untuk memudahkan dalam penulisannya digunakanlah satuan “Tahun cahaya” atau LY (Light Year).

Mengapa cahaya? Karena cahaya memiliki kecepatan yang dapat dihitung satuannya, kecepatannya dan jarak tempuh dalam satuan kilometer.

Kecepatan cahaya perdetik sama dengan 300 ribu km perdetik itu berati dalam satu detik cahaya dapat melintas sejauh 300 km atau dalam satu nanodetik (sepersemilyar detik) cahaya dapat melintas sejauh 30 cm.

Bisa dibayangkan bukan jika menggunakan satuan jarak yang biasa digunakan seperti km atau mill untuk menghitung jarak antar benda-benda luar angkasa yang begitu jauhnya, tentunya akan sangat banyak sekali angka nol yang berbaris serta bingung untuk membacanya?

2. Mengapa ada tambahan “tahun” dalam satuan jaraknya?
Ini 3 Panduan Sederhana Memahami Jarak 'Tahun Cahaya' dalam Astronomi

Satuan jarak tempuh cahaya tidak hanya digunakan sebagai satuan jarak saja tetapi juga dapat disatukan dengan satuan waktu.

Cahaya bisa bergerak sejauh 300.000 km perdetik, lalu bagaimana jika dalam waktu semenit, sejam, setahun?

300.000 km/detik x 60 detik/menit x 60 menit/jam x 24 jam/hari x 365,25 hari/tahun = 9.467.280.000.000 km

Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan jika tahun cahaya adalah jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu satu tahun ketika melewati ruang hampa sejauh 9.467.280.000.000 km.

3. Lalu apa maksud dari jarak ‘Tahun Cahaya’?
Ini 3 Panduan Sederhana Memahami Jarak 'Tahun Cahaya' dalam Astronomi

Jika kamu misalnya melihat sebuah bintang yang berjarak 10 juta tahun cahaya dari bumi apakah kamu mengerti maksudnya?

Artinya cahaya yang kita lihat adalah cahaya yang baru sampai setelah melakukan perjalanan dengan jarak 10 tahun atau sederhananya bintang yang kita lihat merupakan keadaan bintang tersebut pada 10 tahun lalu.

Mengapa bisa? Hal ini terjadi karena jarak antar bintang yang sangat teramat jauh jaraknya satu sama lain, sedangkan kecepatan membutuhkan waktu tempuh sehingga cahaya membutuhkan waktu ketika melintas untuk memancarkan sinarnya.

Tahun cahaya paling sering digunakan ketika menyatakan jarak ke bintang dan jarak lain pada skala galaksi, terutama dalam publikasi non-spesialis dan ilmu pengetahuan populer. Satuan yang paling sering digunakan dalam astrometri profesional adalah parsec (simbol: pc, sekitar 3,26 tahun cahaya).

Sebagaimana didefinisikan oleh IAU, tahun cahaya adalah produk dari tahun Julian (365,25 hari sebagai kebalikan dari tahun Gregorian 365,2425 hari) dan kecepatan cahaya (299 792 458 m/s). Kedua nilai ini dimasukkan dalam Sistem Konstanta Astronomi IAU (1976), yang digunakan sejak 1984.

Dari sini, konversi berikut dapat diturunkan. Singkatan yang diakui IAU untuk tahun cahaya adalah ly, meskipun standar lain seperti ISO 80000 menggunakan “l.y.” dan simbol-simbol yang dilokalisasi sering kali, seperti “al” dalam bahasa Prancis (dari année-lumière) dan bahasa Spanyol (dari año luz), “Lj” dalam bahasa Jerman (dari Lichtjahr), dll.