Berikut Lima Fakta Menarik dan Unik Tentang Bulan

Berikut Lima Fakta Menarik dan Unik Tentang Bulan

Berikut Lima Fakta Menarik dan Unik Tentang Bulan – Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan merupakan satelit terbesar kelima dalam Tata Surya. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya. Selama ini kita mengenal bulan karena cahayanya yang indah di malam hari. Namun fungsi bulan bukan hanya sebagai penerang di malam hari saja loh ternyata.

Bulan berada pada rotasi sinkron dengan Bumi, yang selalu memperlihatkan sisi yang sama pada Bumi, dengan sisi dekat ditandai oleh mare vulkanik gelap yang terdapat di antara dataran tinggi kerak yang terang dan kawah tubrukan yang menonjol. Gravitasi bulan dapat mempengaruhi pasang dan surutnya air laut, dan dapat mempertahankan rotasi bumi sehingga tidak terlalu cepat.

Pergerakan bulan mengelilingi bumi juga dijadikan patokan dalam penghitungan kalender bulan. Ternyata banyak banget ya fungsinya bulan. Oleh karena itu bulan merupakan benda langit yang penting sekali untuk bumi, Dilansir dari Daftar Poker777 setelah matahari tentunya. Selain memiliki banyak fungsi, bulan juga memiliki beberapa fakta bulan yang unik dan menarik berikut ini:

1. Walau terlihat kecil, tapi ternyata bulan memiliki diameter seperempat dari diameter bumi
5 Fakta Menarik Tentang Bulan, Satelit Alami Bumi Satu-satunya

Bulan merupakan satelit kelima terbesar dalam tata surya. Dan memiliki ukuran diameter sebesar seperempat dari ukuran bumi. Jadi, jangan terkecoh dengan penampakan bulan yang terlihat sangat kecil dari bumi. Karena faktanya, bulan memiliki ukuran yang lebih besar dari planet Pluto.

2. Usia bulan ternyata lebih tua 1 miliar tahun dari usia bumi dan matahari
5 Fakta Menarik Tentang Bulan, Satelit Alami Bumi Satu-satunya

Walaupun bumi memiliki ukuran yang lebih besar daripada bulan, namun ternyata bulan berusia lebih tua dari bumi dan matahari. Seperti yang sudah kita ketahui, bumi dan matahari diprediksi sudah berusia 4,6 miliar tahun saat ini. Sedangkan umur batu-batuan yang ditemukan di bulan kurang lebih 5,3 miliar tahun.

3. Cuaca di bulan sangat berbeda dengan cuaca di bumi
5 Fakta Menarik Tentang Bulan, Satelit Alami Bumi Satu-satunya

Walaupun bulan merupakan satelit bumi, namun cuaca di bulan sangat jauh berbeda dengan cuaca di bumi. Suhu permukaan bulan sangat bervariasi. Suhunya bisa mencapai 127 derajat Celcius ketika disinari matahari, dan menjadi -153 derajat Celcius kalau tidak mendapatkan sinar matahari. Jadi bisa sangat panas maupun sangat dingin sekali.

4. Sinar matahari mempengaruhi bentuk bulan yang terlihat dari bumi
5 Fakta Menarik Tentang Bulan, Satelit Alami Bumi Satu-satunya

Kamu pasti pernah melihat bentuk bulan kan? Kadang-kadang seperti sabit, kadang-kadang setengah lingkaran, dan terkadang bulan berbentuk bulat sempurna. Sesungguhnya perubahan bentuk bulan yang terlihat dari bumi itu, sangat dipengaruhi oleh sinar matahari. Ketika bulan berputar mengelilingi bumi, matahari menerangi permukaan bulan. Bagian bulan yang diterangi matahari itulah yang kita lihat dari bumi, sehingga bentuknya berubah-ubah.

5. Apa yang terjadi pada bumi kalau bulan hilang dari tata surya?
5 Fakta Menarik Tentang Bulan, Satelit Alami Bumi Satu-satunya

Selama ini Bulan menjaga bumi terus berputar pada porosnya, tanpa bulan bumi tidak bisa berputar dengan sempurna. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi cuaca dan musim di bumi. Selain itu, selama ini bulan yang membuat bumi bisa berotasi selama 24 jam. Tanpa bulan maka kemungkinan besar rotasi bumi hanya berlangsung selama 6-12 jam saja. Langit di malam hari juga akan lebih gelap, dan pasang surut air laut juga akan terganggu.

Melihat fakta-fakta bulan yang menarik di atas, ternyata bulan memang benar-benar sangat dibutuhkan banget oleh bumi. Tidak heran kalau sejak tahun 1959, para ilmuwan sangat tertarik untuk meneliti bulan. Bahkan pada tahun 1969, sudah ada manusia yang berhasil mendarat di bulan. Hebat banget ya!