Berikut Fakta Unik Seputar Planet Saturnus yang Punya Cincin

Berikut Fakta Unik Seputar Planet Saturnus yang Punya Cincin – Saturnus  adalah planet keenam dari Matahari dan merupakan planet terbesar kedua di Tata Surya setelah Jupiter. Saturnus juga merupakan sebuah raksasa gas yang memiliki radius rata-rata sekitar 9 kali radius rata-rata Bumi.

Massa jenis rata-rata Saturnus hanya 1/8 massa jenis rata-rata Bumi, tetapi dengan volume yang lebih besar dari Bumi, massa Saturnus tercatat 95 kali massa Bumi. Kalau kamu membayangkan Saturnus, cincin mungkin akan menjadi hal pertama yang muncul di ingatan kamu.

Sama seperti Jupiter dan Neptunus, Saturnus juga memiliki sebuah cincin yang mengelilinginya. Namun, yang membuatnya berbeda dari planet lain adalah cincin Saturnus jauh lebih besar dan indah. Saturnus adalah planet keenam di tata surya kita. Sama seperti Jupiter, planet bercincin ini juga memiliki ukuran yang sangat besar.

Bisa menampung ratusan bumi
7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh!

Seperti yang kita tahu, Saturnus adalah planet dengan ukuran terbesar kedua setelah Jupiter. Meski hanya berada di posisi kedua, planet ini memiliki ukuran puluhan kali lipat dari Uranus dan Neptunus.

Lantas, planet kita ini tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan raksasa Saturnus. Saking besarnya, satu planet Saturnus mampu menampung 755 planet seukuran bumi.

Saturnus bisa mengapung di atas air
7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh!

Saturnus merupakan planet kedua terbesar di tata surya. Luas Saturnus mencapai 42,7 miliar km. Meski begitu, siapa sangka Saturnus adalah planet yang sangat ringan.

Ini karena Saturnus bukanlah planet batuan seperti bumi, melainkan planet. Semua komponennya terbuat dari gas dengan 75 persen komponennya adalah hidrogen dan 25 persen adalah helium dengan sedikit air, metana, dan amonia.

Saking ringannya, jika ada sebuah danau dengan ukuran sebesar Saturnus, kemudian planet ini diletakkan di atasnya, Saturnus akan tetap mengapung.

Mendapatkan julukan “Lubadsagush”
7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh!

Selain dikenal dengan nama “Saturnus” oleh bangsa Romawi Kuno, planet bercincin ini juga dikenal dengan nama “Lubadsagush” oleh bangsa Asyura. Lubadsagush sendiri berarti ‘tertua dari yang lama’.

Nama ini dipilih bukan tanpa sebab. Sama seperti Jupiter, planet Saturnus berputar sangat cepat di porosnya sehingga satu hari di Saturnus hanya berlangsung selama 10 jam 34 menit.

Namun, di sisi lain, Saturnus sangat lambat saat berputar mengelilingi matahari. Saking lamanya, planet ini membutuhkan waktu hingga 29,4 tahun hanya untuk menyelesaikan satu putaran penuh.

Planet ini juga memiliki angin yang sangat kencang
7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh!

Jika Venus dinobatkan sebagai planet paling panas, Saturnus bisa dinobatkan sebagai planet dengan angin paling cepat di tata surya. Di bumi, kecepatan angin hanya bisa mencapai 250 km/jam dalam keadaan normal dan maksimum 400 km/jam saat badai.

Namun, di Saturnus, kecepatan angin bisa mencapai 1.100 km/jam dalam keadaan normal dan naik menjadi 1.800 km/jam di saat badai. Seram, ya?

Tidak selalu ada, cincin Saturnus juga bisa hilang
7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh!

Satu hal yang ajaib dari cincin Saturnus adalah mereka bisa menghilang. Ya, sebenarnya cincin ini tidak benar-benar menghilang, hanya tidak terlihat. Jadi sama seperti bumi, poros Saturnus sedikit miring dan poros ini membuat cincin Saturnus kadang terlihat dengan jelas saat mengelilingi matahari. Namun, di sisi lain membuat cincinnya jadi tidak terlihat sama sekali.

Fenomena menghilangnya cincin Saturnus ini bisa dibilang sangat langka karena hanya terjadi sekitar 14-15 tahun sekali. Istimewanya, di saat cincin ini tidak terlihat, kamu bisa dengan jelas melihat penampakan dari bulan-bulan Saturnus.

Terinspirasi dari dewa pertanian bangsa Romawi Kuno
7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh!

Planet Saturnus pertama kali ditemukan oleh Galileo Galilei pada 1610. Saat melihat Saturnus untuk pertama kalinya melalui teleskop, Galileo menganggap bahwa cincin yang melingkar di Saturnus adalah sepasang bulan yang berbentuk setengah lingkaran.

Baru pada 1655, Galileo menyadari bahwa itu bukan bulan, melainkan sebuah cincin. Sama seperti hampir semua planet, nama “Saturnus” juga terinspirasi dari dewa Romawi Kuno yaitu dewa pertanian.

Tenang, meski jauh, kamu tetap bisa melihat Saturnus, kok!
7 Fakta Unik Saturnus, Cincinnya Bisa Menghilang loh!

Tetangga terdekat Jupiter ini berada sangat jauh dari matahari dan bumi. Jarak Saturnus dan matahari sendiri mencapai 1.426.666.422 km. Jadi jangan heran kalau matahari terlihat lebih kecil di Saturnus.

Sedangkan, bumi kita akan terlihat jauh lebih kecil lagi dari penampakan matahari. Jika kamu berdiri di sekitar Saturnus, planet bumi hanya akan terlihat seperti bintang kecil berwarna biru atau bahkan tidak terlihat sama sekali.

Hal yang sama juga akan kamu alami ketika melihat Saturnus dari bumi. Dari planet biru kita, Saturnus hanya akan terlihat seperti bintang terang berwarna putih. Karena ukurannya yang besar, Saturnus menjadi objek langit paling terang kelima dari bumi.

Saturnus dinamai menurut dewa kesejahteraan dan agribudaya dalam mitologi Yunani; simbol astronominya (♄) melambangkan sabit yang digunakan oleh dewa tersebut. Interior Saturnus kemungkinan besar terdiri dari inti yang mengandung besi, nikel, dan batuan (senyawa silikon dan oksigen).

Inti Saturnus dikelilingi oleh lapisan dalam yang terdiri dari hidrogen metalik, lapisan menengah yang terdiri dari hidrogen cair dan helium cair, dan lapisan luar yang mengandung gas. Saturnus memiliki rona kuning pucat karena kristal-kristal amonia yang memenuhi atmosfer bagian atasnya.

Arus listrik yang terdapat di dalam lapisan hidrogen metaliknya diperkirakan merupakan penghasil medan magnet Saturnus, yang diketahui lebih lemah dari medan magnet Bumi, tetapi memiliki momen magnetik 580 kali lebih besar dari milik Bumi karena ukuran Saturnus yang lebih besar.