Beberapa Pengertian Dan Benda Di Langit

Beberapa Pengertian Dan Benda Di Langit

Beberapa Pengertian Dan Benda Di Langit – Mulai dari planet hingga asteroid untuk pembahasan tentang benda langit. Kita telah mengetahui pengertian benda langit dan beberapa contohnya. Terakhir, kita sampai di sistem keplanetan yang merujuk bagaimana di angkasa luar kumpulan objek non-bintang yang tersusun menjadi sebuah sistem. Sistem keplanetan yang umum kita kenal adalah tata surya.

Tata surya juga terdiri dari berbagai planet dan satelit, termasuk Bumi dengan Bulan sebagai satelit alaminya. Nah, kali ini kita akan berfokus di bagian yang mengisi sistem keplanetan, termasuk planet, meteorid, asteroid onversity.net, galaksi, dan masih banyak lagi.

1. Meteoroid

Benda langit yang disebut sebagai meteoroid adalah benda-benda kecil di tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar dari sebuah molekul.

Menurut Persatuan Astronomi Internasional pada Sidang Umum IX tahun 1961, meteoroid didefinisikan sebagai benda padat yang berada/bergerak dalam ruang antarlanet, dengan ukuran lebih kecil daripada asteroid dan lebih besar daripada sebuah atom atau molekul.

2. Asteroid

Benda langit ini kerap kali disebut sebagai planet minor atau planetoid. Asteroid sendiri adalah benda berukuran lebih kecil daripada planet, tetapi lebih besar daripada meteoroid.

Beberapa Pengertian Dan Benda Di Langit

Umumnya asteroid terdapat di bagian dalam tata surya. Patut diperhatikan, asteroid berbeda dengan komet dari penampilan visualnya. Komet memiliki koma (ekor), sementara asteroid tidak.

3. Galaksi

Lebih besar lagi cakupannya, galaksi adalah sebuah sistem yang terikat oleh gaya gravitasi yang terdiri atas bintang Livechat Live22, gas dan debu kosmik medium antarbintang, dan kemungkinan substansi hipotesis yang dikenal dengan materi gelap.

Galaksi yang kita kenal pada umumnya kita kenal adalah Bima Sakti. Sebuah galaksi spiral yang besar, didalamnya terdapat tata surya, tempat planet-planet beredar mengelilingi Matahari.

4. Bintang

Bintang menjadi salah satu benda langit yang dapat kita lihat dengan mata telanjang. Definisi bintang adalah benda langit yang memancarkan cahay. Tidak heran, setiap malam kita dapat melihat objek di atas langit yang bersinar.

Bintang terdiri dari dua macam, yakni bintang semu dan bintang nyata. Bintang semu adalah bintang yang tidak menghasilkan cahaya sendiri, namun dapat memantulkan cahaya yang diterima dari bintang lain. Sementara itu, bintang nyata adalah bintang yang dapat menghasilkan cahaya sendiri.

5. Planet

Planet adalah benda langit atau objek astronomi yang mengorbit sebuah bintang. Pada dasarnya planet memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
< Mengorbit mengelilingi bintang atau sisa-sisa bintang.
> Mempunyai massa yang cukup untuk memiliki gravitasi tersendiri agar dapat mengatasi tekanan rigid body sehingga benda angkasa tersebut mempunyai bentuk kesetimbangan hidrostatik (bentuk hampir bulat).
< Tidak terlalu besar hingga dapat menyebabkan fusi termonuklir terhadap deuterium di intinya.
> Telah “membersihkan lingkungan”. Yang dimaksud adalah mengosongkan orbit agar tidak ditempati benda-benda angkasa berukuran cukup besar lainnya selain satelitnya sendiri di daerah sekitar orbitnya. < Memilki diameter lebih dari 800 Km.

Berbicara tentang planet, kita mengenal delapan planet di tata surya, yakni Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, dan Neptunus.