Beberapa Bintang Paling Terang yang Ada Dalam Rasi Scorpius

Beberapa Bintang Paling Terang yang Ada Dalam Rasi Scorpius

Beberapa Bintang Paling Terang yang Ada Dalam Rasi Scorpius -Skorpio  (Kalajengking) adalah salah satu dari rasi bintang zodiak. Dalam tradisi Jawa, rasi ini dikenal sebagai Banyakangrem (“angsa mengeram”). Rasi ini berada di antara Libra di sebelah barat dan Sagitarius di sebelah timur serta merupakan salah satu rasi besar yang terletak di belahan selatan dekat pusat Bima Sakti.

Sebagai salah satu rasi zodiak, ia dilewati oleh garis imajiner ekliptika. Ia mudah dikenali dari rangkaian bintang yang membentuk seperti huruf S atau J besar di belahan langit selatan. Antares atau Alpha Scorpii merupakan bintang paling terang di rasi Scorpius, si Kalajengking dari keluarga zodiak.

Saking terangnya, bintang ini bisa dilihat dari idn poker android Bumi dengan mata telanjang. Sebab Antares memiliki magnitudo tampak sebesar 0,96 yang membuatnya terlihat sangat cerlang di langit malam. Namun selain Alpha Scorpii, ada beberapa bintang terang lain di rasi Scorpius yang tak kalah menakjubkan.

1. Shaula
Selain Antares, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Zodiak Scorpius

Shaula atau Lambda Scorpii adalah bintang paling terang kedua di rasi Scorpius. Dilansir Constellation Guide, bintang ini memiliki magnitudo tampak sebesar 1,63 yang membuatnya jauh lebih redup dari Antares.

Shaula juga masuk ke dalam daftar bintang paling terang di langit malam, tepatnya pada urutan ke-25. Bintang ini merupakan bintang dengan sistem tiga rangkap yang terdiri dari bintang Lambda A, Lambda B, dan Lambda C.

2. Sargas
Selain Antares, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Zodiak Scorpius

Di urutan ketiga, ada Sargas atau Theta Scorpii, si ‘raksasa oranye’ di rasi Scorpius. Dilansir The Sky Live, jika bintang tersebut bersinar dengan magnitudo tampak sebesar 1,87. Ini menyebabkan Theta Scorpii sedikit lebih redup dari Lambda Scorpii.

Sargas juga termasuk ke deretan bintang paling di langit malam, tepatnya di urutan ke-39. Bintang yang jaraknya 300 tahun cahaya dari tata surya ini menpunyai ukuran, massa, dan kecerlangan yang jauh lebih besar dari Matahari, lho!

3. Dschubba
Selain Antares, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Zodiak Scorpius

Dschubba atau Delta Scorpii merupakan bintang paling terang keempat di rasi Kalajengking. Sebab Dschubba memiliki magnitudo tampak yang jauh lebih redup dibandingkan dengan tiga bintang sebelumnya, yakni sebesar 2,31.

Delta Scorpii termasuk ke dalam bintang dengan sistem biner atau dua rangkap. Namun jika dilihat dari Bumi, bintang ini bakal tetap seperti bintang tunggal yang berkelap-kelip di langit malam, sama halnya dengan Shaula.

4. Larawag
Selain Antares, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Zodiak Scorpius

Selanjutnya, ada Larawag atau Epsilon Scorpii, si ‘raksasa oranye’ kedua di rasi Scorpius. Dilansir Sea Sky, bintang ini memiliki magnitudo tampak yang sama dengan Dschubba, yakni sebesar 2,31.

Larawag juga merupakan bintang paling terang ke-78 di langit malam. Menurut data dari Harvard University, bintang ‘raksasa oranye’ ini mempunyai temperatur sekitar 3.227 hingga 4.727 derajat celsius, sedikit lebih dingin dari Matahari.

5. Girtab
Selain Antares, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Zodiak Scorpius

Di urutan keenam ada Girtab atau Kappa Scorpii yang juga merupakan sistem bintang biner. Berbeda dengan Larawag dan Sargas yang berwarna oranye, bintang ini termasuk ke dalam klasifikasi ‘raksasa’ yang memancarakan cahaya biru dan putih.

Dilansir Stars Astro Illionis Edu, Girtab memiliki temperatur sebesar 6,927 derajat celsius. Ini artinya, Kappa Scorpii jauh lebih panas dari Matahari yang bertemperatur 5.505 derajat celsius.

Girtab juga termasuk ke dalam bintang paling terang di langit malam, yakni di urutan ke-82. Magnitudo tampak dari bintang ini sendiri yaitu mencapai angka 2,39.

Saat rasi bintang Scorpius berada di belahan langit barat, formasi bintang-bintang di bagian ekor rasi bintang Scorpius akan menyerupai dengan leher angsa yang sedang mengeram sehingga saat berada pada posisi seperti ini rasi bintang scorpius disebut sebagai “Lintang Banyak Angrem” atau Angsa Mengeram.