Beberapa Bintang Paling Redup yang Ditemukan Para Ilmuwan

Beberapa Bintang Paling Redup yang Ditemukan Para Ilmuwan

Beberapa Bintang Paling Redup yang Ditemukan Para Ilmuwan – Bintang  merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang disebabkan oleh reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi yang terjadi intinya. Perlu diperhatikan bahwa ‘bintang semu’ bukanlah bintang, tetapi planet yang memantulkan cahaya dari bintang lain dan terlihat bercahaya di langit seperti sebuah bintang.

Bintang diklasifikasikan berdasarkan tingkat kecerahan atau magnitudo tampaknya. Maka dari itu, tak heran jika ada bintang yang terang dan ada pula bintang yang redup. Sebuah bintang dikatakan terang jika memiliki magnitudo 1 hingga 3.

Sementara itu, bintang redup biasanya mempunyai magnitudo di atas 6. Nah, berikut ini beberapa bintang paling redup di langit malam yang pernah ditemukan oleh para ilmuwan. Manusia tidak bisa menemukannya hanya dengan mata telanjang.

1. Atakoraka
Suka 'Sembunyi', Ini 5 Bintang Paling Redup di Langit Malam

Atakoraka atau yang memiliki nama lain WASP-64 adalah salah satu bintang paling redup di langit malam. Bintang ini terletak di dalam garis-garis pembentuk rasi Canis Major.

Dilansir International Astronomical Union (IAU), Atakoraka mempunyai magnitudo tampak sebesar 12,69. Jadi, bisa dipastikan jika bintang ini tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Kamu memerlukan bantuan teleskop untuk mengamatinya.

2. Horna
Suka 'Sembunyi', Ini 5 Bintang Paling Redup di Langit Malam

Horna atau yang disebut juga HAT-P-38 termasuk ke dalam bintang redup yang menghiasi langit malam. Bintang ini terletak di rasi Triangulum, tepatnya di dalam garis-garis pembentuk rasi.

Dilansir IAU, Horna memiliki magnitudo tampak sebesar 12,53. Yap, sama seperti Atakoraka, bintang yang memancarkan cahaya kuning ini hanya bisa diamati jelas melalui teleskop.

3. Marohu
Suka 'Sembunyi', Ini 5 Bintang Paling Redup di Langit Malam

Bintang Marohu atau WASP-6 adalah bintang redup yang menghuni ruang rasi Aquarius. Bintang ini termasuk ke dalam tipe spektral bintang G8 yang memancarkan cahaya kuning.

Marohu mempunyai magnitudo tampak sebesar 12,16. Dilansir Go Astronomy, bintang yang berjarak sekiranya 1.000 tahun cahaya dari Bumi ini memiliki satu buah eksoplanet di orbitnya yang diberi nama Boinayel.

4. Lerna
Suka 'Sembunyi', Ini 5 Bintang Paling Redup di Langit Malam

Lerna atau yang memiliki nama lain HAT-P-42 masuk ke dalam deretan bintang paling redup karena magnitudo tampaknya yang mencapai 12,15. Dilansir Universe Guide, bintang ini terletak di dalan garis rasi Hydra si Ular Air.

Jaraknya dengan Bumi diperkirakan sejauh 1.458 tahun cahaya. Sama seperti Marohu, bintang yang dua kali lebih besar dari Matahari ini juga memiliki satu buah eksoplanet di orbitnya.

5. Absolutno
Suka 'Sembunyi', Ini 5 Bintang Paling Redup di Langit Malam

Bintang Absolutno atau yang disebut juga XO-5 merupakan salah satu bintang yang terletak di dalam garis konstelasi Lynx. Bintang ini masuk ke dalam bintang paling redup dengan magnitudo tampak sebesar 12,13.

Jaraknya dengan Bumi diperkirakan sejauh 907,93 tahun cahaya. Dilansir Go Astronomy, Absolutno juga teridentifikasi memiliki satu buah eksoplanet. Setelah diteliti lebih lanjut, eksoplanet tersebut memiliki ukuran sebesar Jupiter, namun suhunya sangat panas.

Oleh sebab itu bintang katai putih dan bintang neutron yang sudah tidak menghasilkan energi tetap disebut sebagai bintang. Bintang terdekat dengan Bumi adalah Matahari pada jarak sekitar 149,680,000 kilometer, diikuti oleh Proxima Centauri dalam rasi bintang Sentaurus berjarak sekitar empat tahun cahaya.