Beberapa Benda-Benda Aneh yang Telah Ditemukan di Bulan

Beberapa Benda-Benda Aneh yang Telah Ditemukan di Bulan

Beberapa Benda-Benda Aneh yang Telah Ditemukan di Bulan – Bulan adalah  satelit alami Bumi satu-satunya dan merupakan satelit terbesar kelima dalam  Tata Surya. Bulan juga merupakan satelit alami terbesar di Tata Surya menurut ukuran planet yang diorbitnya, dengan diameter 27%, kepadatan 60%, dan massa ​181 (1.23%) dari Bumi.

Di antara satelit alami lainnya, Bulan adalah satelit terpadat kedua setelah Io, satelit Jupiter. Dari semua planet dan satelit yang ada di Tata Surya kita, Bumi memang menjadi satu-satunya planet yang dihuni oleh makhluk hidup, termasuk manusia. Nah, pemandangan yang berbeda justru kita temukan di Bulan.

Satelit Bumi ini adalah tempat yang gersang dengan lingkungan yang ekstrim, sehingga tidak ada satu pun makhluk hidup yang bisa tinggal di sana. Meski kosong, di Bulan pernah ditemukan berbagai hal-hal yang tak lazim.

1. Bola golf
7 Benda Tak Lazim yang Ada di Bulan, Bola Golf sampai Foto Keluarga

Tergabung dalam misi Apollo 14 tahun 1971, Alan Shepard merupakan astronaut paling tua sekaligus juga menjadi satu-satunya orang di Bumi yang pernah main golf di Bulan. Tanpa sepengetahuan NASA, Alan Shepard menyelundupkan stik golf yang dia sembunyikan di alat pencari sampel batu Bulan. Tidak hanya menyembunyikan stik golf, sang astronaut juga membawa serta dua bola golf dalam misinya.

Kamu tentu bisa menebak apa yang dia lakukan bukan? Yup, setelah berhasil menyelesaikan misinya, Alan Shepard menyempatkan diri untuk bermain golf di permukaan Bulan. Pukulan pertamanya gagal, namun dia berhasil memukul bola bermil-mil jauhnya pada percobaan kedua. Sayangnya Alan tidak sempat membawa kembali bola-bola tersebut, tetapi setidaknya dia membawa pulang stik golfnya ke Bumi.

2. Selembar foto keluarga
7 Benda Tak Lazim yang Ada di Bulan, Bola Golf sampai Foto Keluarga

Jika kebanyakan astronaut akan mengambil banyak foto selfie saat berada di Bulan, hal yang berbeda justru dilakukan oleh Charles Duke, salah satu astronot Apollo 16 yang mendarat di Bulan tahun 1972. Dilansir Mental Floss, saat astronaut lain sibuk mengambil foto diri sendiri, Duke justru memutuskan untuk meninggalkan selembar foto keluarganya di permukaan Bulan.

Dia juga meninggalkan catatan dibelakang foto tersebut bertuliskan,“This is the family of Astronaut Duke from Planet Earth. Landed on the Moon, April 1972.”. Sayangnya radiasi dari matahari, plus suhu yang super ekstrim membuat gambar di foto tersebut pudar dan hanya menyisakan foto putih tanpa gambar apa pun.

3. Kotoran manusia
7 Benda Tak Lazim yang Ada di Bulan, Bola Golf sampai Foto Keluarga

Berbeda dengan pesawat komersil yang memiliki toilet yang cukup nyaman, pesawat luar angkasa seperti Apollo tidak memiliki fasilitas toilet yang memadai. Akibatnya, para astronaut harus buang air besar dan kecil di kantong khusus. Dilansir VOX, biasanya para astronaut ISS akan membuang kotoran mereka ke Bumi, dan membiarkannya terbakar di atmosfer.

Namun para astronaut Apollo tentu tidak bisa melakukan hal yang sama, sebagai gantinya mereka harus menyimpan kantong kotoran itu di pesawat, dan membuangnya di permukaan Bulan. Kedengarannya sih jorok, tetapi hal ini dilakukan para astronaut untuk mengurangi beban di pesawat. Total ada 96 kantong kotoran yang tergeletak di permukaan Bulan saat ini.

4. Fallen Astronaut
7 Benda Tak Lazim yang Ada di Bulan, Bola Golf sampai Foto Keluarga

Fallen Astronaut adalah sebuah patung astronaut kecil berukuran 8,9 cm yang dibuat oleh seorang seniman Belgia bernama Paul Van Hoeydonck. Patung itu kemudian dibawa oleh Alferd Wooden, David Scott, dan James B. Irwin dalam misi Apollo 15 tahun 1971.

Patung alumunium itu ditinggalkan di Bulan sebagai bentuk penghargaan kepada empat belas astronaut Uni Soviet yang meninggal dalam misi sebelumnya. Niat baik para astronaut ini rupanya ditentang oleh sang seniman, Paul Van Hoeydonck yang mengklaim bahwa patung itu dibuat untuk mewakili seluruh umat manusia.

5. Kuburan
7 Benda Tak Lazim yang Ada di Bulan, Bola Golf sampai Foto Keluarga

Tidak banyak orang yang tahu jika di Bulan juga ada kuburan. Tenang, itu bukan kuburan alien kok melainkan seorang bernama Eugene Merle Shoemaker. Dilansir New York Times, Eugene Shoemaker adalah seorang ahli geologi asal Amerika Serikat yang bekerja untuk NASA.

Dia dan istrinya yang bernama Carolyn, berhasil menemukan 32 komet, dan 1.125 asteroid termasuk komet Shoemaker-Levy 9 tahun 1993, sebelum komet itu menabrak planet Jupiter di tahun selanjutnya. Tidak hanya itu, Eugene Merle Shoemaker bahkan sempat menjadi salah satu kandidat terkuat untuk misi Apollo ke Bulan, namun didiskualifikasi karena penyakit Addison yang dideritanya.

Pada 18 Juli 1997, Dr. Shoemaker bersama istrinya sedang berada di Australia untuk mempelajari tumbukan kawah meteorit. Sayang sebelum misi itu selesai, keduanya mengalami kecelakaan mobil fatal yang membuat Dr. Shoemaker kehilangan nyawa, dan istrinya mengalami patah tulang. Demi mengenang semua jasanya, NASA kemudian mengirimkan 1 ons dari abu kremasi Dr. Shoemaker ke Bulan. Abu kremasi itu dikirim dengan menggunakan pesawat Lunar Prospector yang tiba dengan selamat di Bulan pada tahun 1998.

6. Piringan silikon yang berisi pesan dari 74 pemimpin dunia
7 Benda Tak Lazim yang Ada di Bulan, Bola Golf sampai Foto Keluarga

Mengirim manusia ke Bulan bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Alhasil ketika misi ini dijalankan oleh NASA, para pemimpin dunia menyambutnya dengan antusias. Dilansir Times of India, pesawat Apollo 11 menjadi pesawat dengan awak pertama yang mendarat di Bulan pada tahun 1969.

Tidak hanya mengumpulkan sampel batu bulan, mereka juga membawa serta sebuah piringan silikon berukuran 3,81 cm. Meski ukurannya kecil, piringan silikon ini berisi pesan dari 74 pemimpin negara dunia saat itu. Mulai dari Ratu Elizabeth II, Richard Nixon, Paus Paulus VI, Indira Gandhi, dan puluhan pemimpin dunia lainnya. Pesan yang ditulis dalam tulisan mikroskopis itu berfungsi sebagai pengingat bahwa pemimpin dunia bersatu untuk perjalanan besar ini.

7. Bendera
7 Benda Tak Lazim yang Ada di Bulan, Bola Golf sampai Foto Keluarga

Bisa dibilang, menancapkan bendera di Bulan merupakan salah satu tradisi yang dilakukan oleh para astronaut secara turun-temurun. Dilansir RMG, tradisi ini dimulai oleh Neil Armstrong dan Buzz Aldrin yang menancapkan bendera Amerika Serikat dalam misi Apollo 11. Tidak mau kalah, para astronaut NASA dalam misi Apollo selanjutnya memutuskan untuk melakukan hal yang sama.

Di mana pun mereka mendarat di Bulan, mereka akan menancapkan bendera Amerika Serikat di permukaannya. Sayangnya lagi-lagi, karena radiasi, dan lingkungan Bulan yang keras, warna-warna bendera ini memudar dengan cepat dan hanya menyisakan kain putih.

Bulan berada pada rotasi sinkron dengan Bumi, yang selalu memperlihatkan sisi yang sama pada Bumi, dengan sisi dekat ditandai oleh mare vulkanik gelap yang terdapat di antara dataran tinggi kerak yang terang dan kawah tubrukan yang menonjol. Bulan adalah benda langit yang paling terang  setelah Matahari.

Meskipun Bulan tampak sangat putih dan terang, permukaan Bulan sebenarnya gelap, dengan tingkat kecerahan yang sedikit lebih tinggi dari aspal cair. Sejak zaman kuno, posisinya yang menonjol di langit dan fasenya yang teratur telah memengaruhi banyak budaya, termasuk bahasa, penanggalan, seni, dan mitologi.

Pengaruh gravitasi Bulan menyebabkan terjadinya pasang surut di lautan dan pemanjangan waktu pada hari di Bumi. Jarak orbit Bulan dari Bumi saat ini adalah sekitar tiga puluh kali dari diameter Bumi, yang menyebabkan ukuran Bulan yang muncul di langit hampir sama besar dengan ukuran Matahari, sehingga memungkinkan Bulan untuk menutupi Matahari dan mengakibatkan terjadinya gerhana matahari total.

Bagi beberapa dari kita selama ini pasti berpikir jika Bulan hanyalah sebidang tanah kosong yang luas. Nyatanya meski tidak pernah dihuni oleh manusia, satelit Bumi ini juga dipenuhi oleh berbagai barang tidak lazim milik para astronaut yang menjalankan misi Apollo ke Bulan puluhan tahun yang lalu.