Yukz Melihat Keindahan Aurora Borealis di Lima Kota Berikut

Yukz Melihat Keindahan Aurora Borealis di Lima Kota Berikut

Yukz Melihat Keindahan Aurora Borealis di Lima Kota Berikut – Aurora atau  cahaya kutub adalah fenomena alam yang menghasilkan pancaran cahaya  yang menyala-nyala dan menari-nari di langit malam pada lapisan ionosfer  dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik  yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Fenomena ini hanya bisa dinikmati di negara yang jauh dari garis khatulistiwa, salah satu negara yang fenomena alamnya bagus untuk dilihat adalah Selandia Baru. Aurora Borealis, siapa yang tak terpukau dengan keindahan cahaya di langit malam yang menari-nari? Keindahannya membuat siapa pun ingin menyaksikannya langsung.

Cahaya yang muncul ini disebabkan dari interaksi antara medan magnetik bumi dengan Agen IDN Poker77 partikel yang dipancarkan oleh matahari. Nah, interaksi inilah yang menyebabkan perpindahan energi, sehingga langit utara pun menjadi bersinar dengan warna-warna yang menakjubkan. Tapi tak perlu khawatir, keindahan aurora juga bisa dilihat di tempat yang lebih mudah dijangkau dari kutub Utara.

1. Islandia
5 Kota Ini Cocok untuk Melihat Keindahan Aurora Borealis, Menakjubkan!

Tak diragukan lagi, Islandia memang tempat yang paling cocok untuk dikunjungi ketika ingin melihat keindahan dari aurora borealis. Garis lintang dan garis bujur negara ini sangat mendukung tampilan aurora. Namun, tetap cuaca harus mendukung juga agar aurora bisa terlihat di langit Islandia ini.

Jalan di sekitar pantai merupakan tempat yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan untuk melihat aurora borealis. Kamu bisa berkunjung ke Islandia untuk melihat aurora borealis pada akhir bulan Agustus hingga awal bulan April.

2. Yellowknife, Kanada
5 Kota Ini Cocok untuk Melihat Keindahan Aurora Borealis, Menakjubkan!

Kanada merupakan surga untuk melihat aurora. Hal ini berkat lintang utara dan polusi cahaya yang rendah. Tempat ini menawarkan desa wisata khusus untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan aurora borealis.

Ketika kamu ingin berkunjung ke Kanada untuk melihat aurora borealis, kamu bisa mengunjunginya pada pertengahan bulan Agustus hingga akhir bulan April.

3. Tromso, Norwegia
5 Kota Ini Cocok untuk Melihat Keindahan Aurora Borealis, Menakjubkan!

Salah satu kota di Norwegia yang menjadi sasaran para pemburu aurora borealis adalah Tromso. Kamu bisa melihat auroro di langit Tromso pada pukul 6 sore sampai pukul 1 malam setiap dua kali sehari pada pertengahan bulan September hingga akhir bulan Maret.

Perlu kamu ketahui, bahwa letak kota ini adalah 217 mil dari lingkaran Artik. Tentu udaranya sudah dipastikan sangat dingin.

4. Kiruna, Swedia
5 Kota Ini Cocok untuk Melihat Keindahan Aurora Borealis, Menakjubkan!

Kota Kiruna ini bisa kamu jadikan destinasi untuk melihat aurora borealis. Cuaca di sini jauh lebih stabil daripada pantai di Norwegia, tapi tentu suhunya lebih rendah. Kamu harus menyiapkan jaket ketika akan berkunjung ke sini, apalagi waktu untuk melihat aurora adalah malam hari pada pertengahan malam.

Perlu juga kamu ketahui bahwa waktu yang paling tepat untuk melihat aurora borealis adalah pada saat musim dingin, yaitu antara bulan Desember hingga Maret. Hal ini karena langit lebih gelap pada bulan-bulan tersebut.

5. Lapland, Finlandia
5 Kota Ini Cocok untuk Melihat Keindahan Aurora Borealis, Menakjubkan!

Bagian utara dari Finlandia ini bisa dikatakan tempat yang paling indah dan cocok untuk melihat keindahan aurora borealis. Hal ini karena angka polusi di kota ini sangat rendah. Bahkan, karena kebersihan udaranya, aurora bisa dinikmati selama sekitar 200 malam dalam waktu satu tahun. Sungguh menjakjubkan!

Kamu bisa mengunjungi kota ini pada pertengahan bulan September hingga akhir Maret.

Nah, jadi negara mana saja yang ingin kamu kunjungi untuk melihat keindahan aurora borealis? Persiapkan segalanya sebelum berangkat ya! Semoga keinginanmu untuk melihat aurora di langit utara bisa segera terwujud.

Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis, yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut.

Aurora borealis selalu terjadi di antara bulan September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah selatan yang dikenal dengan  Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa. Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.