Yukz Cari Tahu Tentang 5 konsep Megastruktur di Antariksa

Yukz Cari Tahu Tentang 5 konsep Megastruktur di Antariksa

Yukz Cari Tahu Tentang 5 konsep Megastruktur di Antariksa – Luar angkasa  atau angkasa luar atau antariksa (juga disebut sebagai angkasa), merujuk pada bagian yang relatif kosong dari Jagad Raya, di luar atmosfer  dari benda “celestial”. Istilah luar angkasa digunakan untuk membedakannya dengan  ruang udara dan lokasi “terestrial”.

Karena atmosfer Bumi tidak memiliki batas yang jelas, namun terdiri dari lapisan yang secara bertahap semakin menipis dengan naiknya ketinggian, tidak ada batasan yang jelas antara atmosfer dan angkasa. Ketinggian 100 kilometer atau 62 mil ditetapkan oleh Fédération Aéronautique Internationale merupakan definisi yang paling banyak diterima sebagai batasan antara atmosfer dan angkasa.

Megastruktur ialah kata yang merujuk pada sebuah bangunan yang super besar. Tak hanya di Bumi, megastruktur juga kerap direncanakan untuk download aplikasi qq poker dibangun di antariksa seperti yang sering kita lihat di film-film fiksi. Walaupun terdengar mustahil, ternyata sudah banyak konsep megastruktur antariksa yang ditawarkan dari masa ke masa.

1. Bernal Sphere
Bak Film Fiksi, Ini 5 Konsep Megastruktur Termegah di Antariksa

Bernal Sphere atau Bola Bernal adalah konsep megastruktur habitasi manusia luar angkasa yang digagas oleh John D. Bernal pada 1929. Bentuk bola raksasa ini menyerupai cangkang berongga dengan diameter 16 kilometer.

Bernal Spehere diperkirakan dapat memuat 20 ribu hingga 30 ribu manusia. Nantinya, seluruh ruang di dalam megastruktur ini akan dipenuhi udara untuk menunjang kehidupan manusia.

Selain itu, Bernal Sphere akan berotasi untuk membuat gravitasi buatan. Beberapa fasilitas yang akan disediakan di antaranya rumah manusia, ruang pertanian, serta ruang untuk basis ekonomi dan industri.

2. Torus Standford
Bak Film Fiksi, Ini 5 Konsep Megastruktur Termegah di Antariksa

Torus Standford adalah konsep megastruktur habitat antariksa yang dicetuskan dalam NASA Summer Study pada tahun 1975. Bentuknya menyerupai cincin atau donat dengan diameter 1,8 kilometer.

Melihat ukurannya yang besar, Torus Standford bisa memuat hingga 10 ribu populasi manusia di dalamnya. Megastrukrur ini juga akan berotasi untuk menciptakan gravitasi buatan.

Salah satu fasilitas menarik dari Torus Standford, yaitu ruang hunian dan pertanian yang berbentuk lembah glasial. Tertarik untuk tinggal di sana?

3. O’Neil Cylinder
Bak Film Fiksi, Ini 5 Konsep Megastruktur Termegah di Antariksa

Dilansir National Space Society, O’Neil Cylinder merupakan konsep megastruktur berbentuk silinder yang dikemukakan oleh Gerlad K. O’Neil pada tahun 1976. Silinder ini dirancang khusus untuk habitasi manusia di luar angkasa.

O’Neil Cylinder memiliki diameter 8 kilometer dan panjang 32 kilometer. Nantinya, akan ada oksigen dan gravitasi buatan di setiap ruang megastruktur ini. Tersedia pula sinar matahari yang terefleksi dari dua cermin raksasa.

Fasilitas yang ditawarkan antara lain hunian manusia, ruang pertanian, dan ruang manufaktur industri. Tersedia pula atmosfer buatan agar lingkungan di dalam silinder sama seperti di Bumi.

4. Alderson Disk
Bak Film Fiksi, Ini 5 Konsep Megastruktur Termegah di Antariksa

Alderson Disk adalah konsep megastruktur habitasi manusia yang dicetuskan oleh Dan Alderson pada tahun 1970. Megastruktur ini berbentuk piringan raksasa yang menyerupai bumi datar, namun bagian tengahnya bolong melompong.

Ruang kosong di bagian tengah dimaksudkan sebagai tempat matahari berada. Piringan raksasa ini diperkirakan akan memiliki diameter 244 juta kilometer.

Itu artinya, Alderson Disk bisa melebar hingga orbit Mars dan Jupiter. Untuk mewujudakannya, tentu ini membutuhkan massa yang lebih besar dari massa matahari. Terdengar mustahil, bukan?

5. Bishop Ring
Bak Film Fiksi, Ini 5 Konsep Megastruktur Termegah di Antariksa

Bishop Ring merupakan konsep megastruktur cetusan Forrest Bishop pada tahun 1997. Megastruktur ini berbentuk cincin raksasa yang berotasi di angkasa. Diameternya diperkirakan mencapai seribu kilometer dengan lebar 500 kilometer.

Bishop Ring akan membuat gravitasi, sinar matahari, dan atmosfernya sendiri untuk menunjang kehidupan manusia. Fasilitas seperti ruang hunian, ruang pertanian, dan ruang industri dipastikan ada di dalam cincin raksasa ini.

Saat ini, semua bangunan raksasa di atas masih hanya sekedar konsep. Belum ada kabar pembangunan yang dilakukan.

Di Amerika Serikat, seseorang yang berada di atas ketinggian 80 km ditetapkan sebagai astronaut. 120 km (75 mil atau 400.000 kaki) menandai batasan di mana efek atmosfer menjadi jelas sewaktu proses memasuki kembali atmosfer (re-entry). (Lihat pula garis Karman).