Tips Agar Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Tips Agar Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Tips Agar Mudik Lebaran Aman dan Nyaman – Tinggal beberapa hari lagi Lebaran atau Idul Fitri tiba. Banyak orang sudah melaksanakan mudik sebelum Lebaran tersebut tiba. Bahkan jutaan orang akan mudik karena sekitar dua tahun ini tidak di izinkan mudik karena badai pandemi Covid-19 yang menyerang. Terkait dengan itu, kita harus memahami juga hal-hal yang harus kita lakukan agar mudik Lebaran tetap aman dan nyaman. onversity

Setelah dua tahun di larang, akhirnya tahun ini pemerintah mengizinkan masyarakat yang hendak mudik untuk merayakan Idul Fitri di kampung halaman. Namun, karena masih di situasi pandemi, pemerintah memberikan sederet syarat mudik yang harus ditaati. Selain dengan manaati persyaratan, ada juga beberapa tips mudik yang bisa Anda perhatikan agar tetap sehat dan aman selama perjalanan. Berikut penjelasan lengkapnya. Daftar Live22

Berikut 4 hal yang harus di lakukan agar mudik lebaran aman dan nyaman.

Pastikan barang bawaan tidak ketinggalan

Hal pertama adalah pastikan barang bawaan anda tidak ketinggalan. Harus kita persiapkan segala hal untuk mudik terutama barang bawaan. Hal itu penting agar kita merasa tenang dalam perjalanan.

Ketika ada barang yang ketinggalan di rumah pasti kita akan merasa gelisah. Kegelisahan itu membuat kita tak tenang dan bahkan bersedih. Sebab itulah, pastikan barang bawaan tidak ada yang ketinggalan.

Mesin kendaraan dan semua perangkat di periksa

Hal kedua adalah mesin kendaraan dan semua perangkat yang terkait dengan kendaraan haruslah di periksa dengan sebaik mungkin. Hal itu penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan saat mudik.

Para pemudik jangan sampai lalai karena akan berakibat fatal nantinya. Demi keselamatan, service saja ke bengkel kendaraan yang akan dipakai.

Tips Agar Mudik Lebaran Aman dan Nyaman

Melaksanakan protokol kesehatan

Hal ketiga adalah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Meskipun sudah vaksin booster atau ketiga, setiap orang harus tetap memakai masker, menjaga jarak dan tetap patuhi anjuran pemerintah.

Jangan sampai mudik tahun ini jadi gejala baru Covid-19. Kita harus menghindari hal tersebut demi kebaikan bersama.

Bekali diri dengan informasi sebanyak-banyaknya

Dengan hadirnya banyak infrastruktur baru tiap tahunnya, penting untuk menggali informasi sebanyak-banyaknya, mulai dari bertanya kepada teman-teman hingga mengikuti berita perkembangan arus mudik. Tujuannya adalah agar bisa memahami situasi dan suasana yang akan dilalui nanti, terutama kondisi jalanan, hal-hal yang harus diwaspadai, hingga lokasi-lokasi yang bisa menjadi tempat beristirahat.

Jangan mengenakan perhiasan berlebihan

Saat melakukan perjalanan mudik, baik yang menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, sebaiknya tidak mengenakan perhiasan seperti anting atau kalung emas. Perhiasan yang mencolok dapat menarik perhatian orang-orang yang berniat jahat. Ingatlah bahwa kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat, tapi karena ada kesempatan.

Hindari membawa uang tunai terlalu banyak

Sebelum berangkat, hitunglah dengan saksama keperluan uang tunai yang dibutuhkan sepanjang perjalanan mudik. Paling tidak cukup untuk membeli makanan dan minuman selama di perjalanan. Biarkan uang bekal mudik tersimpan di rekening.