Tempat Destinasi Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nantinya

Tempat Destinasi Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nantinya

Tempat Destinasi Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nantinya – Mars adalah planet terdekat keempat dari Matahari. Namanya diambil dari dewa perang Romawi, Mars. Planet ini sering dijuluki sebagai “planet merah” karena tampak dari jauh berwarna kemerah-kemerahan. Harus diakui, manusia memiliki angan-angan untuk tinggal di planet layak huni selain Bumi. Pencarian tersebut mulai dari tetangganya, Mars.

Manusia sudah mengirimkan berbagai wahana antariksa untuk meneliti planet ke-4 dari Matahari tersebut, termasuk Curiosity pada 2012 dan Perseverance pada 2021.

Mars adalah planet bebatuan dengan atmosfer yang tipis. Di permukaan Mars terdapat kawah, gunung berapi, lembah, gurun, dan tudung es. Baik Curiosity dan Perseverance masih meneliti dan memotret berbagai pemandangan kawah, bukit, dan gunung yang menakjubkan dari “planet merah” tersebut.

Nah, jika memang layak huni, Mars menyimpan berbagai destinasi wisata, lho! Apa saja? Inilah Club388 Indonesia delapan tempat wisata di Mars yang bisa kamu jadikan wish list suatu saat nanti!

1. Olympus Mons
7 Destinasi di Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nanti

Suka memandangi gunung? Olympus Mons bisa kamu catat! Tapi, hati-hati! Olympus Mons adalah salah satu gunung paling besar di seluruh tata surya. Terletak di wilayah vulkanik Tharsis, Olympus Mons berdiri setinggi 25 kilometer, membuat Gunung Everest (8,9 kilometer) terlihat kerdil!

2. Pegunungan Berapi Tharsis
7 Destinasi di Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nanti

Selain Olympus Mons, ada berbagai gunung berapi menakjubkan di Tharsis. Menurut data dari NASA, Tharsis menjadi “rumah” dari 12 gunung berapi raksasa yang membentang seluas 4.000 kilometer. Tentu saja, gunung-gunung berapi ini lebih besar dari di Bumi karena gravitasi di Mars lebih lemah, sehingga gunung berapi tumbuh lebih tinggi!

Gunung berapi di Mars aktif selama 2 miliar tahun, setengah dari usia Mars. Berdekatan dengan Olympus Mons, terdapat tiga gunung api perisai yang berbaris dan memiliki tinggi kira-kira 25 kilometer juga, yaitu:

  • Ascaraeus Mons
  • Pavonis Mons
  • Arsia Mons
3. Valles Marineris
7 Destinasi di Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nanti

Puas melihat gunung berapi? Mars juga punya ngarai terbesar di tata surya, yaitu Valles Marineris. Ngarai ini memiliki panjang 3.000 kilometer dan kedalaman 8 kilometer! Grand Canyon (panjang 800 kilometer dengan kedalaman 1,8 kilometer) lewat! Di balik ukurannya yang menakjubkan, sejarah Valles Marineris masih misterius.

4. Kutub Utara dan Selatan Mars
7 Destinasi di Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nanti

Seperti Bumi, Mars memiliki dua kutub es di utara dan selatan. Menurut NASA, kutub utara dan selatan Mars bisa menjadi sangat dingin saat musim dinginnya, sampai-sampai karbon dioksida di atmosfer Mars mengembun jadi es!

Saat musim panas, karbon dioksida di permukaan kutub utara dan selatan menyublim kembali ke atmosfer. Di kutub utara Mars, karbon dioksida benar-benar hilang dan hanya menyisakan lapisan es serta air. Sementara di kutub selatan, lapisan es karbon dioksida masih ada di atmosfer!

Memang ekstrem, tetapi pergerakan es di kedua kutub ini berpengaruh besar pada angin dan iklim Mars. Merasa tertantang?

5. Kawah Gale dan Aeolis Mons
7 Destinasi di Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nanti

Situs bersejarah mendaratnya wahana Curiosity pada 2012, Kawah Gale adalah saksi bisu adanya air di Mars. Di sini, Curiosity menemukan dasar sungai beberapa minggu setelah mendarat dan menemukan jejak-jejak adanya air di sepanjang dasar kawah.

Selain itu, wahana tersebut juga menemukan bahwa konsentrasi gas metana di atmosfer Mars berubah mengikuti musim. Apakah serta merta pertanda kehidupan? Tidak juga. Meskipun dapat dihasilkan mikroba, gas metana juga dapat dihasilkan fenomena geologi. Jadi, apakah tanda kehidupan di Mars? Masih abu-abu.

6. Medusae Fossae
7 Destinasi di Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nanti

Suka destinasi wisata aneh? Medusae Fossae boleh dikunjungi! Saking anehnya, beberapa orang menuduh situs tersebut sebagai bukti dari insiden UFO di Mars pada masa lampau!

Tetapi, penjelasan yang lebih masuk akal adalah Medusae Fossae adalah endapan zat vulkanik yang amat besar, berukuran seperlima negara Amerika Serikat! Seiring waktu, angin mengukir endapan tersebut menjadi formasi Medusae Fossae yang menakjubkan. Tetapi, para peneliti masih mempelajari asal muasal Medusae Fossae.

7. Bukit Pasir di Noctis Labyrinthus dan Hellas Planitia
7 Destinasi di Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nanti

Mars adalah planet yang sebagian besar fitur geografisnya terbentuk oleh angin karena airnya menguap dan atmosfernya tipis. Namun, bukti keberadaan air di Mars dapat tetap terlihat, kok! Salah satunya adalah bukit pasir di Noctis Labyrinthus dan kawah Hellas Planitia.

Peneliti dan astronom mengatakan bahwa konon, daerah Noctis Labyrinthus dan Hellas Planitia memiliki bukit-bukit pasir setinggi puluhan meter! Namun, karena lahar atau air, puncak bukit-bukit pasir ini terkikis.

7 Destinasi di Planet Mars yang Patut Dikunjungi Nanti

Bukit-bukit pasir tua di Noctis Labyrinthus dan Hellas Planitia menunjukkan bagaimana angin membentuk Mars, sekaligus petunjuk mengenai lingkungan Mars masa lampau. Beberapa peneliti penasaran apakah ada makhluk unik yang terlindung oleh bukit pasir tersebut? Masih harus dicari tahu!

Itulah beberapa tempat wisata menakjubkan yang ada di Mars. Ada yang tertarik untuk kamu kunjungi? Berdoa saja, semoga manusia cepat dapat menghuni atau setidaknya berkunjung ke planet Mars dengan selamat, tanpa harus takut ancaman radiasi mematikan atau tiadanya oksigen!