Saat Para Planet Bertemu Adalah Peristiwa Langit Terbaik Lho

Saat Para Planet Bertemu Adalah Peristiwa Langit Terbaik Lho

Saat Para Planet Bertemu Adalah Peristiwa Langit Terbaik Lho – Ada Begitu banyak fenomena langit yang dapat Terjadi di alam semesta ini. Pada Saat beruntung, kita juga dapat Menyaksikannya Langsung dengan mata telanjang Lho.

Jika Anda menyukai fenomena langit, maka jangan lewatkan  beberapa fenomena menarik yang akan hadir menghiasi langit Indonesia sepanjang Tahun. Tak terasa, tahun 2021 sedang kita lalui. Memasuki bulan-bulan awal, ada banyak hal yang patut untuk kamu nantikan.

Salah satunya adalah sejumlah peristiwa langit yang akan menghiasi angkasa di malam hari. Bulan-bulan di tahun 2021 menandai titik balik dari peristiwa astronomi di Bumi. Sebab di pertengahan bulan nanti, kita akan memasuki Club388 Indonesia ekuinoks pertama, yaitu momen di mana posisi Matahari tepat berada di garis khatulistiwa.

1. Bertemunya Jupiter dan Merkurius
7 Peristiwa Langit Terbaik Maret 2021, Planet Bertemu di Angkasa

Peristiwa langit pertama yang akan kamu saksikan di bulan ini adalah konjungsi antara Jupiter dan Merkurius. Konjungsi adalah fenomena di mana dua benda langit atau lebih tampak berdekatan hingga bisa diamati di sudut pandang yang sama dari Bumi.

Kali ini, planet terbesar dan terkecil di tata surya itu hanya terpisah jarak 0,19 derajat dari sudut pandang Bumi. Untuk mengamatinya, kamu harus bangun lebih pagi daripada biasanya. Jupiter dan Merkurius akan muncul di langit timur sekitar pukul 05.00 waktu daerahmu masing-masing.

Perlu diketahui bahwa penampakan kedua planet ini tidak akan sejelas yang kamu bayangkan. Kamu harus jeli karena keduanya hanya tampak seperti dua bintang berwarna kuning yang tidak berkelap-kelip.

2. Konjungsi Bulan dan Saturnus
7 Peristiwa Langit Terbaik Maret 2021, Planet Bertemu di Angkasa

Benda langit berikutnya yang akan mengadakan “pertemuan” adalah Bulan dan Saturnus. Keduanya akan berada pada konjungsi hingga terpisahkan jarak 3 derajat dengan satu sama lain di langit timur.

Ini merupakan saat yang tepat untuk kamu yang penasaran seperti apa wajah dari Saturnus. Dilansir Info Astronomy, planet tersebut akan berada di sebelah utara Bulan yang saat itu berbentuk sabit. Pemandangan ini bisa mulai diamati sekitar pukul 04.00 waktu daerahmu masing-masing hingga Matahari terbit.

Sayangnya, Saturnus hanya terlihat seperti bintang berwarna kuning yang tidak berkelap-kelip di sisi Bulan. Namun jika kamu mengamatinya dengan teleskop, kamu pasti bisa melihat wujud Saturnus lengkap dengan cincin dan satelitnya.

3. Bulan, Merkurius, dan Jupiter membentuk formasi segitiga
7 Peristiwa Langit Terbaik Maret 2021, Planet Bertemu di Angkasa

Tak boleh dilewatkan, akan ada tiga benda langit yang mengalami konjungsi. Mereka adalah Bulan, Merkurius, dan Jupiter. Ketiganya akan tampak berdekatan hingga seakan membentuk formasi segitiga di angkasa.

Peristiwa ini bisa mulai disaksikan pukul 05.00 waktu daerah setempatmu. Untuk mengamatinya, kamu harus mencari formasi tersebut di langit sebelah timur. Jupiter akan berada di puncak segitiga, sementara Merkurius dan Bulan menjadi kaki-kakinya.

Ketiganya akan meredup saat Matahari mulai terbit. Seperti di peristiwa sebelumnya, Merkurius dan Jupiter tampak seperti bintang kekuningan yang tak berkelap-kelip.

4. Maraton Messier
7 Peristiwa Langit Terbaik Maret 2021, Planet Bertemu di Angkasa

Pernahkah kamu mendengar “Maraton Messier”? Ini merupakan peristiwa di mana 110 gugus bintang Messier menampakkan dirinya sekaligus dalam satu malam. Sangat menakjubkan!

Langit akan dihiasi oleh puluhan hingga ratusan ribu bintang. Namun untuk memastikan kamu tak melewatkannya, kamu harus mengamatinya di area yang tinggi, bebas polusi cahaya, dan benar-benar gelap.

5. Puncak hujan meteor Gamma Normid
7 Peristiwa Langit Terbaik Maret 2021, Planet Bertemu di Angkasa

Setelah lama tak berjumpa dengan hujan meteor, Gamma Normid  menyapamu. Namun puncaknya akan berlangsung. Pada malam tersebut, kamu akan menyaksikan 6 hingga 10 meteor per jamnya.

Untuk mengamatinya, kamu harus siap bergadang. Sebab Gamma Normid baru mulai muncul sekitar tengah malam hingga dini hari. Titik radian atau titik muncul hujan meteor ini berada di langit tenggara, pada ketinggian 10 derajat dari cakrawala.

Agar pengamatanmu semakin jelas, carilah tempat yang lapang, gelap, serta tak terhalang pohon dan gedung. Kabar baiknya, kamu tak perlu menggunakan teleskop untuk menyaksikan peristiwa ini.

6. Bulan, Mars, dan Aldebaran membentuk formasi segitiga 7 Peristiwa Langit Terbaik Maret 2021, Planet Bertemu di Angkasa

Bulan, Mars, dan Aldebaran akan mengalami konjungsi hingga membentuk formasi segitiga. Sebagai informasi, Aldebaran merupakan bintang paling besar yang ada di rasi bintang Taurus.

Kabar baiknya, peristiwa ini tidak akan membuatmu bergadang. Konjungsi antara ketiganya bisa diamati di langit barat laut mulai pukul 18.45 waktu daerahmu masing-masing. Ketiganya meredup pada pukul 21.00. Pada peristiwa ini, Aldebaran akan berada di puncak formasi sementara Mars dan Bulan menjadi kaki-kakinya.

7. Venus bersinar terang
7 Peristiwa Langit Terbaik Maret 2021, Planet Bertemu di Angkasa

Untuk menutup bulan ini, Venus akan hadir dengan cahayanya yang begitu terang. Sang bintang kejora mulai menampakkan dirinya pada dini hari hingga terbitnya Matahari di sebelah timur.

Dari sudut pandang kita, ia hanya akan terlihat seperti bintang yang putih kekuningan yang bersinar terang tanpa kelap-kelip. Kamu pasti sulit untuk melewatkannya karena di momen ini, Venus merupakan objek paling terang setelah Matahari dan Bulan.