Planet Yang Dekat Dengan Matahari

Planet Yang Dekat Dengan Matahari

Planet Yang Dekat Dengan Matahari – Tata surya terdiri dari satu matahari, delapan planet, 146 bulan, sekumpulan komet, batuan antariksa, asteroid, es, dan beberapa planet Katai seperti Pluto.

Delapan planet dalam tata surya terus bergerak mengelilingi matahari dalam gerak revolusi. Planet memiliki lintasan dan gerak revolusi tersendiri, yang berbeda dan teratur sehingga bertabrakan. Planet merupakan benda langit yang mengorbit matahari, memiliki massa yang cukup besar untuk memiliki grativasi telah membersihkan daerah di sekitar orbitnya di penuhi planetesimal. Tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir.

Di lansir dari NASA, planet yang terdekat dengan matahari adalah planet merkurius dan planet yang terjauh dari matahari adalah planet Neptunus

Di lansir dari onversity.net,berikut adalah fakta-fakta mengenai planet-planet dalam tata surya.

1. Merkurius

Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan matahari dan merupakan planet paling kecil di tata surya. Tidak ada atmosfer yang melindungi merkurius dari radiasi matahari sehingga suhu siang hari di Merkurius mencapai 430 derajat celsius dan 180 derajat celsius pada malam hari.

2. Venus

Nama Venus di ambil dari nama nama Dewi Cinta Romawi. Planet kedua terdekat dengan matahari ini merupakan planet terpanas di tata surya.

Atmosfer Venus berupa lapisan tebal yang sebagian besarnya adalah gas karbon di oksida yang memerangkap suhu panas sehingga suhu permukaan Venus mencapai 471 derajat celsius.

Planet Yang Dekat Dengan Matahari

3. Bumi

Planet terdekat dengan matahari yang ketiga adalah Bumi Pragmatic Slot APK. Bumi merupakan satu-stunya planet yang di ketahui memiliki kehidupan di alam semesta. Bumi berada di jarak yang ideal dengan matahari. Jika Bumi terlalu dekat dengan matahari, air di Bumi akan menguap menjadi gas. Namun, jika terlalu jauh dari matahari, air di Bumi akan membeku.

4. Mars

Setelah Bumi, ada Planet Mars yang namanya di ambil dari nama Dewa Perang Romawi. Debu yang kaya zat besi menutupi permukaan Mars dan memberinya warna merah sehingga planet ini di sebut sebagai Planet Merah.

Planet Mars memiliki gunung berapi terbesar di tata surya, yakni Olympus Mons. Atmosfer tipis dan tidak memiliki pelindung yang tebal membuat Mars memiliki suhu rata-rata minus 60 derajat celsius.

5. Jupiter

Planet kelima yang terdekat dengan matahari adalah Jupiter. Jupiter yang merupakan raksasa gas merupakan planet terbesar di tata surya. Ukuran Jupiter dua kali lebih besar dari gabungan semua planet lain di tata surya, tetapi memiliki hari yang paling pendek, yakni hanya 10 jam untuk memutar porosnya.

6. Saturnus

Saturnus, planet keenam yang terdekat dengan matahari, adalah planet terbesar kedua di tata surya. Planet ini terkenal dengan cincinnya yang menonjol. Cincin Saturnus terdiri dari miliaran partikel es dan bebatuan. Cincin terbesar Uranus, Phoebe, membentang seluas hampir 7.000 kali luas Saturnus.