Penyebab yang Membuat Sebuah Planet Layak untuk Ditinggali

Penyebab yang Membuat Sebuah Planet Layak untuk Ditinggali

Penyebab yang Membuat Sebuah Planet Layak untuk Ditinggali – Planet atau bintang siarah adalah benda astronomi yang mengorbit sebuah bintang atau sisa bintang yang cukup besar untuk memiliki gravitasi sendiri, tidak terlalu besar untuk menciptakan fusi termonuklir, dan telah “membersihkan” daerah sekitar orbitnya yang dipenuhi planetesimal. Sejauh ini dari begitu banyaknya planet, bintang, hingga galaksi, hanya Bumi yang diketahui benar-benar berpenghuni.

Planet lain yang telah ditemukan dan diobservasi selama ini tak ada satu pun yang menunjukkan tanda-tanda kehidupan di dalamnya. Akan tetapi, beberapa penelitian juga telah menemukan planet-planet yang memiliki kriteria mirip seperti Bumi atau dengan kata lain layak huni.

Meskipun belum ada konfirmasi soal keberadaan makhluk hidup di sana, namun fakta soal kemungkinan planet tersebut bisa ditempati saja sudah cukup mencengangkan banyak orang. Nah, Dirangkum dari idn poker mobile hal ini kemudian menimbulkan sebuah pertanyaan besar. Kira-kira faktor apa saja yang membuat sebuah planet dapat dikatakan layak huni seperti Bumi? Yuk, langsung disimak!

1. Terdapat kandungan air di permukaan planet tersebut
5 Faktor Utama yang Membuat Planet Dinyatakan Layak Huni

Air merupakan sumber kehidupan yang penting bagi makhluk hidup. Bahkan, makhluk hidup pertama yang diketahui ada di Bumi berasal dari wilayah perairan. Berkat air, beragam aktivitas makhluk hidup dapat dilakukan. Mulai dari membantu memenuhi energi dalam tubuh hingga untuk dimanfaatkan dalam aktivitas lainnya.

Sebenarnya kadar air di alam semesta sangat melimpah. Hanya saja, bentuknya berbeda-beda di setiap planet. Misalnya, ada air yang berbentuk padat (es), gas, hingga cairan. Nah, air yang dibutuhkan oleh makhluk hidup haruslah yang bersifat cair.

Sejauh ini, baru Bumi dan Mars saja yang diketahui memiliki atau pernah memiliki air dalam bentuk cairan di permukaannya. Planet-planet lain di tata surya tidak memiliki karakteristik tersebut.

2. Permukaan planet harus terbuat dari bebatuan atau material padat
5 Faktor Utama yang Membuat Planet Dinyatakan Layak Huni

Selain air di atas permukaan, planet yang dapat dihuni juga harus memiliki sedimen batuan sebagai tempat berpijak makhluk hidup. Selain itu, permukaan padat tersebut juga harus bisa menopang kehidupan dengan kandungan mineral ataupun material lain yang ada di dalamnya.

Menurut laman University of Utah, syarat ini menjadi mutlak lantaran beberapa planet yang berhasil diobservasi ada yang memiliki permukaan berupa gas. Ini membuatnya tidak memungkinkan untuk ditinggali karena hampir tidak ada tempat berpijak. Selain itu, besar kemungkinan tak adanya mineral yang dapat dimanfaatkan jika berada di planet gas tersebut.

Beberapa planet dengan permukaan gas tersebut ternyata ada dalam sistem tata surya kita. Mereka adalah Jupiter, Saturnus, dan Uranus.

3. Terdapat lapisan pelindung di langitnya
5 Faktor Utama yang Membuat Planet Dinyatakan Layak Huni

Luar angkasa penuh dengan berbagai material keras dan kejadian yang tak terduga. Oleh sebab itu, planet-planet yang ada juga harus memiliki mekanisme pertahanan diri agar tidak rusak jika bersinggungan dengan benda langit lainnya.

Gas tersebut juga memiliki beragam fungsi. Mulai dari pengatur suhu di Bumi agar tidak terlalu panas ataupun dingin, mencegah radiasi dari sinar ultraviolet, hingga melindungi permukaan Bumi dari hantaman benda-benda asing dari luar angkasa.

4. Ukuran planet tidak terlalu besar maupun terlalu kecil
5 Faktor Utama yang Membuat Planet Dinyatakan Layak Huni

Standar ukuran dari sebuah planet untuk dapat dinyatakan layak huni sendiri sejauh ini harus mendekati ukuran Bumi, tidak lebih besar maupun tidak lebih kecil. Tentunya ada alasan di balik pentingnya ukuran dari suatu planet.

Jika ukuran planet lebih kecil dari Bumi, inti cair planet akan cenderung lebih lemah dan cepat hilang. Sebaliknya, jika planet terlalu besar, maka inti cair tersebut akan terlalu panas sehingga dapat membahayakan makhluk hidup di atasnya.

5. Terdapat satu buah bintang di pusatnya dengan jarak yang tepat
5 Faktor Utama yang Membuat Planet Dinyatakan Layak Huni

Matahari adalah bintang pusat yang ada dalam sistem tata surya kita. Keberadaan bintang pusat bagi sebuah planet tentu sangat penting agar planet tersebut memiliki garis orbit sehingga tidak terombang-ambing di luar angkasa.

Selain keberadaan bintang, jarak dan ukuran dari benda langit tersebut juga jadi syarat penting agar makhluk hidup dapat bertahan. Seperti yang disebutkan Manuel G├╝del dalam jurnal “What Makes a Planet Habitable?”, jika sebuah bintang pusat memiliki massa lebih kecil dari Matahari, maka energi yang dipancarkan akan lebih lemah.

Kemudian, ukuran dari bintang pusat juga akan mempengaruhi zona layak huni (habitable zone) dari planet yang mengorbit padanya. Semakin besar pancaran energinya, semakin sulit bagi planet untuk mempertahankan air di permukaan dan suhu yang tepat.