Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam

Pengertian Ilmu Pengetahuan AlamPengertian Ilmu Pengetahuan Alam – Adalah istilah yang di gunakan yang merujuk pada rumpun ilmu di mana objeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dan di mana pun.

Orang yang menekuni bidang ilmu pengetahuan alam di sebut sebagai saintis.

Sains (science) di ambil dari kata latin scientia yang arti harfiahnya adalah pengetahuan. Sund dan trowbribge merumuskan bahwa Sains merupakan kumpulan pengetahuan dan proses.

Sedangkan Kuslan Stone menyebutkan bahwa Sains adalah kumpulan pengetahuan dan cara-cara untuk mendapatkan dan mempergunakan pengetahuan itu.

Sains merupakan produk dan proses yang tidak dapat di pisahkan.

biologi

Biologi atau ilmu hayat adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya.Ilmu biologi modern membahas pengetahuan yang sangat luas, eklektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin.

Secara umum, seluruh cabang keilmuan biologi di satukan oleh konsep dasar yang mengatur semua penelitian biologi, yaitu konsep tentang sel, gen, dan evolusi.

Sel di akui sebagai satuan dasar kehidupan, gen di akui sebagai satuan dasar pewarisan, dan evolusi di asumsikan sebagai mekanisme yang mendorong terciptanya spesies baru

Ilmu hewan

Hewan, binatang, fauna, margasatwa, atau satwa adalah organisme eukariotik multiseluler yang membentuk kerajaan biologi Animalia. Dengan sedikit pengecualian…

Filsafat ilmu
Adalah bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Filsafat ilmu memiliki cabang-cabang filsafat yang.

Geografi
Geografi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan, persamaan, dan perbedaan antarruang di Bumi. Pusat kajian geografi adalah hubungan manusia dan.

Hidrologi

di seluruh Bumi, termasuk siklus hidrologi dan sumber daya air. Orang yang ahli dalam bidang hidrologi disebut hidrolog, bekerja dalam bidang ilmu bumi…

Meteorologi

cuaca dapat di lakukan. Fenomena meteorologi adalah aktivitas cuaca yang dapat diamati dan dijelaskan dengan ilmu meteorologi. Akivitas tersebut terikat dengan.

Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam

Paleontologi

ingkungannya (paleoekologi). Pengamatan paleontologi telah didokumentasikan sejak abad ke 5 sebelum masehi. Ilmu paleontologi berkembang pada abad ke 18 ketika.

Fosil
sisa-sisa organisme ini harus segera tertimbun sedimen. Para pakar paleontologi mengklasifikasikan fosil menjadi beberapa macam . Ada fosil batu biasa.

Fisik

Fisik atau dalam bahasa Inggris “Body” adalah sebutan yang berarti sesuatu wujud dan dapat terlihat oleh kasatmata, yang juga merupakan terdefinisi oleh.

Astrofisika

Astrofisika adalah bidang ilmu yang mempelajari sifat-sifat fisika fenomena dan objek astronomi di jagat raya. Membahas objek-objek di luar…

Termodinamika


pertama termodinamika dan hukum termodinamika kedua menjadi acuan dalam membahas mengenai perubahan energi. Pengukuran di dalam termodinamika tidak dinyatakan.

 

About the Author

You may also like these

No Related Post