Penampakan Hasil Tabrakan Galaksi yang Unik dan Menakjubkan

Penampakan Hasil Tabrakan Galaksi yang Unik dan Menakjubkan

Penampakan Hasil Tabrakan Galaksi yang Unik dan Menakjubkan – Tabrakan Andromeda–Bima Sakti adalah tabrakan galaksi yang diperkirakan akan terjadi 4 miliar tahun lagi antara dua galaksi terbesar di Grup Lokal—Bima Sakti (tempat Tata Surya dan Bumi berada) dan Galaksi Andromeda. Alam semesta menyimpan banyak objek menakjubkan di dalamnya.

Namun bintang-bintang yang terlibat dipisahkan oleh jarak yang cukup jauh sehingga mustahil ada bintang yang ikut bertabrakan. Maka dari itu, tak heran jika objek-objek tersebut bisa saling berinteraksi lalu menciptakan satu kesatuan baru yang jauh lebih besar.

Contohnya ialah objek hasil tabrakan galaksi yang memicu terbentuknya satu galaksi super besar di akhir. Nah, Dirangkum dari idn poker mobile kali ini kamu bakal melihat penampakan lima galaksi hasil tabrakan yang unik dan menakjubkan. Penasaran seperti apa? Yuk, cek di bawah ini!

1. Galaksi Antennae
Menakjubkan, 5 Penampakan Objek Hasil Tabrakan Galaksi di Alam Semesta

Antennae merupakan objek hasil tabrakan galaksi yang terbentuk sejak ratusan juta tahun lalu. Dilansir NASA, penggabungan dua galaksi di Antennae ini masih terus berlangsung hingga saat ini.

Diketahui, Antennae terdiri dari dua galaksi spiral, yaitu NGC 4038 dan NGC 439. Objek ini populer disebut “Galaksi Cincin Ekor” dan “Arp 244”. Sebab, Antennae termasuk ke dalam daftar “The Atlas of Peculiar Galaxies” atau “Atlas Galaksi Aneh” yang dibuat oleh astronom Halton Arp pada tahun 1966.

2. Objek Mayall
Menakjubkan, 5 Penampakan Objek Hasil Tabrakan Galaksi di Alam Semesta

Melihat jauh ke arah konstelasi Ursa Major, ada sebuah objek hasil tabrakan galaksi yang bernama Objek Mayall. Dilansir ESA, Objek Mayall atau Arp 148 adalah sepasang galaksi yang jaraknya 450 juta tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi ini ditemukan oleh seorang astronom asal Amerika, Nicholas U. Mayall, pada tahun 1940. Bentuknya yang unik bak cincin berekor membuat Objek Mayall juga masuk ke dalam jajaran galaksi aneh dalam atlas Arp.

3. Galaksi Mice
Menakjubkan, 5 Penampakan Objek Hasil Tabrakan Galaksi di Alam Semesta

Mice adalah objek hasil tabrakan galaksi yang terletak di konstelasi Coma Berenices. Objek yang menyerupai “tikus” ini terdiri dari dua galaksi spiral, yaitu IC 819 dan IC 820. Constellation Guide melansir bahwa dua galaksi di Mice sudah saling melewati satu sama lain. Namun, proses penggabungannya masih terus berlangsung hingga saat ini.

Kedua galaksi tersebut dihubungkan oleh jejak material dan akan terus bertabrakan selama miliaran tahun ke depan. Sampai akhirnya, mereka bakal bergabung menjadi satu galaksi elips yang lebih besar.

4. Galaksi Arp 272
Menakjubkan, 5 Penampakan Objek Hasil Tabrakan Galaksi di Alam Semesta

Selanjutnya ada Arp 272, sepasang galaksi raksasa yang menghuni konstelasi Hercules. Objek ini diperkirakan berjarak 400 juta tahun cahaya dari Bumi.

Dilansir ESA, Galaksi Arp 272 adalah bagian dari Great Wall Cluster, superstruktur kosmis terbesar yang pernah ditemukan di alam semesta. Objek ini juga masuk ke dalam daftar galaksi aneh dalam atlas Arp

5. Galaksi UGC 8335
Menakjubkan, 5 Penampakan Objek Hasil Tabrakan Galaksi di Alam Semesta

UGC 8335 merupakan dua galaksi spiral yang menyatu di konstelasi Ursa Major. Objek ini diperkirakan berjarak 400 juta tahun cahaya dari Bumi. Sama seperti objek hasil tabrakan galaksi sebelumnya, UGC 8335 turut masuk ke dalam jajaran galaksi aneh dalam atlas Arp.

Kelima objek di atas hanyalah sebagian kecil dari banyaknya galaksi hasil tabrakan di luar angkasa sana, baik yang telah ditemukan maupun yang belum. Mengingat alam semesta ini terus berkembang, bukan hal mustahil apabila nanti bakal ditemukan objek kosmis serupa yang lebih menakjubkan lagi.