Lima Objek Luar Angkasa yang Diduga Menampung Makhluk Asing

Lima Objek Luar Angkasa yang Diduga Menampung Makhluk Asing – Objek Astronomi atau dikenal dengan nama Benda Langit adalah objek fisik atau struktur yang ada di alam semesta teramati. Contoh benda langit adalah planet, satelit, bintang, nebula, galaksi, asteroid, meteoroid, sistem keplanetan, Komet, debu antariksa, gugus galaksi, lubang hitam, supergugus, dll.

Apakah kehidupan asing memang sungguh-sungguh ada di luar sana? Faktanya, hingga saat ini belum ditemukan bukti ilmiah yang mendukung hal tersebut. Akan tetapi, sains tetap terbuka dengan berbagai kemungkinan. Ya, kehidupan asing atau alien diprediksi ada di suatu tempat yang jauh di sana.

Beberapa ilmuwan dan kalangan akademisi bahkan sempat menyatakan bahwa di alam semesta ini ada banyak objek yang bisa dijadikan tempat tinggal alien.

Enceladus

Tak Disangka, 5 Objek Angkasa Ini Diduga Menampung Kehidupan Asing

Saturnus memiliki banyak bulan sebagai satelit alamnya. Bahkan, para ahli mencatat ada nyaris 100 jenis bulan yang selalu aktif mengelilingi planet bercincin tersebut. Well, kabar baiknya, ilmuwan percaya bahwa beberapa bulan di sekitar Saturnus mampu menopang kehidupan biologis asing layaknya Bumi.

Dilansir Earth Sky, Enceladus adalah bulan milik Saturnus yang memiliki air dalam jumlah banyak di bawah permukaannya. Nah, dengan kondisi ini, Enceladus juga diduga menampung kehidupan organisme asing yang cukup kompleks. Di sana juga terdapat banyak metana. Hal ini bisa menjadi sinyal kuat bahwa organisme pernah hidup di sekitarnya.

Titan

Tak Disangka, 5 Objek Angkasa Ini Diduga Menampung Kehidupan Asing

Selain Enceladus, sebuah bulan di Saturnus yang bernama Titan juga diduga menampung kehidupan biologis karena kondisinya yang dianggap nyaman. Nah, ditulis dalam National Public Radio, beberapa ilmuwan sepakat bahwa Titan layak dimasukkan sebagai kandidat untuk dijadikan tempat tinggal manusia di masa depan.

Bagaimana maksudnya? Rupanya, bulan yang tampak kehijauan tersebut memiliki atmosfer yang cukup tebal. Di samping itu, kondisi perairannya juga stabil. Amanda Hendrix, seorang ahli astronomi dari Planetary Science Institute mengungkapkan bahwa ada baiknya manusia justru memandang Titan sebagai Bumi yang baru ketimbang Mars.

Europa

Tak Disangka, 5 Objek Angkasa Ini Diduga Menampung Kehidupan Asing

Tak mau kalah dengan Saturnus, planet terbesar di tata surya bernama Jupiter juga mempunyai bulan yang dianggap mampu menampung kehidupan asing. Menurut NASA, bulan tersebut memiliki permukaan yang didominasi oleh lapisan es. Namun, di bawah permukaan terdapat kandungan air yang cukup masif dan tenang layaknya di Bumi.

Wahana Voyager sempat mengambil gambar Europa pada saat ia melintas di sekitar Jupiter. Lalu, pesawat luar angkasa Galileo dan teleskop Hubble juga menginformasikan hal yang sama. Sayangnya, NASA tidak mau berkomentar lebih dalam dan membuat ini semua masih dalam takaran prediksi atau dugaan.

Proxima b

Tak Disangka, 5 Objek Angkasa Ini Diduga Menampung Kehidupan Asing

Proxima b adalah planet yang berada sejauh 4,2 tahun cahaya dari Bumi. Uniknya, berdasarkan pengamatan, planet tersebut dianggap mirip dengan Bumi, seperti dicatat dalam laman Space. Jika ini benar, mungkin kita memiliki tetangga terdekat dengan kondisi yang sama dengan Bumi.

Well, sebaiknya jangan terlalu senang dulu. Pasalnya, Planet Proxima b yang sangat mirip Bumi tersebut tidak sedekat yang dibayangkan. Dengan jarak sekitar 4,2 tahun cahaya, ini berarti dibutuhkan 75 ribu tahun bagi manusia untuk sampai ke sana, itu pun dengan pesawat luar angkasa berkecepatan tinggi.

Kepler-1649c

Tak Disangka, 5 Objek Angkasa Ini Diduga Menampung Kehidupan Asing

Nah, kandidat terkuat dari objek angkasa yang memiliki kehidupan asing adalah Planet Kepler-1649c. Menurut NASA, bukan hanya ukuran dan atmosfernya saja yang mirip, melainkan juga cuaca, iklim, dan kondisinya nyaris sama dengan Bumi. Kendati demikian, untuk saat ini jelas manusia mustahil bisa ke sana.

Jaraknya mencapai 300 tahun cahaya dari Bumi dan itu berarti 75 kali lebih jauh dibanding jarak ke Proxima b. Jika nekat mengunjunginya, dibutuhkan waktu sekitar 5,6 juta tahun bagi kita untuk menuju ke Kepler-1649c. Bagaimana? Menurutmu, kapan manusia bisa mengunjungi tetangga alien kita?

para ahli astronomi menyatakan bahwa ada planet di galaksi Bima Sakti yang mempunyai ciri-ciri yang sama dengan Bumi,hanya saja ukurannya dua kali lipat ukuran Bumi. Planet tersebut diberi nama Gliese 581g atau sering disebut planet bumi super. Adapun sebuah planet yang mengitari Matahari di luar delapan planet tersebut.

Namun,karena belum diketahui namanya,planet ini disebut Planet X. Banyak orang sering menyebut Venus sebagai bintang fajar ataupun bintang kejora,namun sebenarnya nama itu kurang tepat,karena Venus bukanlah sebuah bintang,melainkan planet.

Masih ada beberapa zona yang dianggap mampu menampung kehidupan asing di dalamnya. Namun, lima objek angkasa di atas merupakan zona yang dinilai paling nyaman bagi kehidupan organisme biologis. So, semoga dapat menambah wawasan, ya.