Lima Fakta Menarik Mengenai dari Galaksi Andromeda

Lima Fakta Menarik Mengenai dari Galaksi Andromeda

Lima Fakta Menarik Mengenai dari Galaksi Andromeda – Galaksi Andromeda adalah sebuah galaksi spiral yang berjarak kira-kira 2,5 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi ini merupakan salah satu galaksi di luar galaksi Bima Sakti yang dapat dilihat dengan mata telanjang pada malam yang cerah, tanpa bulan, dan tanpa polusi cahaya. Jagat raya memiliki berbagai misteri yang belum terpecahkan jika dilihat dari begitu luasnya seluruh alam semesta.

Strukturnya mirip dengan galaksi Bima Sakti yaitu berbentuk spiral. Jaraknya sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Salah satu yang menarik untuk diulas adalah mengenai salah satu galaksi ‘tetangga’ yang dapat dilihat langsung dari bumi dengan mata telanjang, yaitu galaksi andromeda. Seperti umumnya galaksi dengan bentuk spiral layaknya galaksi bimasakti.

Di balik keunikan yang tersimpan di dalamnya, sudahkah kamu mengetahui fakta menarik seputar galaksi andromeda? Untuk kamu yang penasaran mengenai fakta menarik dari galaksi andromeda yang seru dan asyik untuk diulas, simak yuk apa saja!

1. Salah satu galaksi yang dapat dilihat dengan mata telanjang
5 Fakta Menarik dari Galaksi Andromeda, Dapat Dilihat Langsung!

Untuk kamu pecinta dunia astronomi yang penasaran dengan galaksi satu ini, tidak perlu khawatir karena tidak memiliki teleskop. Hal ini karena galaksi andromeda dapat disaksikan dengan mata telanjang selama tidak terdapat polusi cahaya dan tanpa bulan, pastikan bahwa malamnya juga tampak cerah.

Waktu terbaik melihat galaksi ini adalah pada bulan September, Oktober, November dan apabila diamati dengan teropong maka akan terlihat seperti kabut tipis kecil di langit bagian utara.

2. Terus mendekati galaksi bimasakti setiap detiknya dengan kecepatan penuh
5 Fakta Menarik dari Galaksi Andromeda, Dapat Dilihat Langsung!

Siapa yang menyangka bahwa galaksi ‘tetangga’ kita ini ternyata terus bergerak mendekati galaksi bimasakti dengan kecepatan tinggi hingga mencapai 300 km/detik. Tentunya hal ini akan menjadi salah satu yang menarik karena kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi apabila kedua galaksi besar ini suatu saat akan bertemu dan menyatu.

3. Memiliki banyak bintang di dalamnya
5 Fakta Menarik dari Galaksi Andromeda, Dapat Dilihat Langsung!

Seperti halnya galaksi bimasakti yang memiliki banyak bintang, tentunya galaksi andromeda juga memiliki bintang dengan jumlah yang fantastis, yaitu 1 triliun bintang dengan ukuran yang bervariasi satu sama lain. Dengan jumlah yang banyak tentu kita dapat membayangkan bahwa galaksi ini juga tidak kalah besarnya dengan galaksi tempat tinggal kita, yaitu bimasakti.

4. Memiliki ukuran diameter yang lebih besar dari galaksi bimasakti
5 Fakta Menarik dari Galaksi Andromeda, Dapat Dilihat Langsung!

Galaksi andromeda ternyata memiliki ukuran diameter yang sangat luar biasa besar, yaitu sekitar 220.000 tahun cahaya. Ukuran diameter yang sangat besar inilah ternyata mampu mengalahkan besaran diameter dari galaksi bimasakti, yaitu hanya 100.000 tahun cahaya. Tentunya kita dapat melihat perbedaan yang cukup jauh dan membayangkan bahwa galaksi bimasakti ternyata sangat luas.

5. Terdapat puluhan lubang hitam dalam galaksi ini
5 Fakta Menarik dari Galaksi Andromeda, Dapat Dilihat Langsung!

Lubang hitam seringkali menjadi momok menakutkan dalam ilmu astronomi khususnya karena sifatnya yang mampu menarik benda apapun disekitarnya bahkan cahaya sekalipun.

Inilah yang membuat galaksi andromeda menjadi lebih menarik karena terdapat puluhan lubang hitam di dalamnya. Bahkan konon terdapat lubang hitam supermasif di pusat galaksi dengan yang memiliki massa 140 juta kali dari pada matahari kita.

Nah, 5 fakta menarik seputar galaksi andromeda di atas dapat menjadi informasi bagi kamu agar dapat mengenal lebih jauh tentang galaksi ‘tetangga’ yang konon sekitar 4 miliar tahun lagi akan bersatu dengan bimasakti. Bagaimana menurutmu?