Lima dari Galaksi Terbesar Ini Diketahui Menjadi Kecil

Lima dari Galaksi Terbesar Ini Diketahui Menjadi Kecil

Lima dari Galaksi Terbesar Ini Diketahui Menjadi Kecil – Bintang merupakan benda langit yang memancarkan cahaya yang disebabkan oleh reaksi fusi nuklir yang menghasilkan energi yang terjadi intinya. Memandangi bintang di langit malam dengan teleskop adalah kepuasan sendiri bagi segelintir orang. Dari langit Bumi yang tercemar oleh polusi, beruntung jika kita bisa melihat bintang dan planet yang mendampingi Bumi mengelilingi Matahari.

Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap–komponen yang penting namun belum begitu dimengerti. Selain bintang, planet, dan komet, ada satu objek astronomi yang kerap diburu: galaksi. Pemandangan galaksi yang indah diburu dengan susah payah saking jauhnya dari Bumi.

Nah, Dilansir dari Deposit IDN Poker Via Dana di luar galaksi kita, Bima Sakti, ternyata berhamburan galaksi-galaksi lain yang berukuran lebih besar! Saking besarnya, Bima Sakti hanya terlihat seperti biji di tengah stadion olahraga. Galaksi-galaksi apakah itu?

1. IC 1101: Galaksi terbesar namun sedang sekarat yang diketahui umat manusia

Galaksi terbesar di daftar ini dan diketahui oleh umat manusia adalah galaksi IC 1101. Ditemukan oleh astronomer/komposer Britania Raya, Frederick William Herschel I, pada 1790, IC 1101 terletak di pusat klaster Abell 2029 (A2029), konstelasi Virgo yang jaraknya 1,045 miliar tahun cahaya dari Bumi!

Sayangnya, IC 1101 dikategorikan sebagai galaksi yang sedang sekarat. Hal tersebut terlihat dari kecepatan lahirnya bintang baru di IC 1101 yang lebih lamban dibandingkan Bima Sakti. Satu-satunya cara bagi IC 1101 agar bisa tetap bersinar adalah dengan “memakan” galaksi lain. Tenang saja, Bima Sakti bukan sasarannya.

2. 3C 348 (Hercules A): Paling terang dan berat di kelasnya

Berada di konstelasi Hercules, galaksi terbesar ke-2 dipegang oleh 3C 348 atau Hercules A. Tak terlihat dari Bumi, Hercules A berjarak 2,1 miliar tahun cahaya.

Pada 2012, teleskop Hubble mendeteksi sebuah galaksi kecil terlihat tengah “dimakan” oleh Hercules A. Formasi Hercules A memperlihatkan dua pancaran kosmik dari pusatnya yang tak kasat mata dan hanya terdeteksi melalui sinyal radio.

Selain itu, Hercules A juga memiliki massa 1.000 kali lebih berat dari Bima Sakti. Galaksi ini juga memiliki lubang hitam dengan massa solar 2.5 miliar, 1.000 kali lebih berat dibandingkan Bima Sakti.

3. A2261-BCG: Galaksi kembung yang lubang hitamnya antah berantah

Selain Hercules A, A2261-BCG adalah galaksi yang juga terletak di klaster Abell 2261 (A2261), konstelasi Hercules. Dari Bumi, A2262-BCG berjarak 3 miliar tahun cahaya!

Baru ditemukan pada 2011 melalui program Cluster Lensing And Supernova survey with Hubble (CLASH), BCG pada namanya adalah kepanjangan dari “Brightest Cluster Galaxy” atau “Klaster Galaksi Paling Terang”.

Teleskop Hubble memperlihatkan inti A2261-BCG berukuran sekitar 10.000 tahun cahaya, yang terbesar yang pernah terlihat. Terdapat dua kemungkinan mengapa inti A2261-BCG terlihat besar:

  • Gravitasi yang dipancarkan sepasang lubang hitam yang tengah bergabung mengaduk dan mengacak-acak bintang-bintang sehingga inti galaksi terlihat besar; atau
  • Kedua lubang hitam yang telah tergabung tersebut “dimuntahkan” dari inti. Tanpa sauh, bintang-bintang mulai menyebar lebih luas lagi sehingga inti galaksi tampak menggembung.
4. ESO 306-17: Galaksi penyendiri yang diam-diam suka makan teman

Di posisi ke-4, terdapat galaksi ESO 306-17. Terletak di konstelasi Columba, ESO 306-17 memiliki diameter sekitar 1 juta tahun cahaya. Dari Bumi, ESO 306-17 berjarak 493 juta tahun cahaya.

Mengutip dari situs Science Daily, para astronomer berpendapat bahwa ESO 306-17 sudah “melahap” galaksi-galaksi di sekelilingnya, terbukti dari beberapa bintang yang meredup di sekeliling ESO 306-17. Oleh karena itu, tindakan kanibalisme ESO 306-17 ini memasukkannya ke dalam kelompok galaksi fosil.

5. Malin 1: Saking jauhnya, tidak bisa terlihat dengan observatorium biasa

Terakhir di daftar ini, galaksi terbesar ke-5 dipegang oleh Malin 1. Bukan, namanya bukan diambil dari legenda anak durhaka yang dikutuk jadi batu di Sumatra Barat.

Terletak di konstelasi Coma Berenices, Malin 1 ditemukan oleh astronomer/fotografer asal Britania Raya, David Malin, pada 1986. Termasuk dalam kategori galaksi dengan kecerahan permukaan rendah (Low Surface Brightness/LSB), galaksi spiral berpalang ini terletak 1,19 miliar tahun cahaya dari Bumi. Jauh nian!

Sejak 2015, Malin 1 menyandang gelar “Galaksi Spiral Berpalang Terbesar” dengan diameter 650 ribu tahun cahaya, tiga kali lebih besar dibandingkan Bima Sakti yang hanya 170 ribu – 200 ribu tahun cahaya! Lengan spiral Malin 1 saja memiliki diameter 33 ribu tahun cahaya, hampir 1/6 dari diameter Bima Sakti!