Lima Dampak Revolusi Bumi Terhadap Kehidupan Kita

Lima Dampak Revolusi Bumi Terhadap Kehidupan Kita

Lima Dampak Revolusi Bumi Terhadap Kehidupan Kita – Rotasi Bumi merujuk pada gerakan berputar planet Bumi pada sumbunya. Bumi berputar ke arah timur, atau jika dilihat dari utara, melawan arah jarum jam. Revolusi Bumi merupakan pergerakan atau peredaran bumi mengelilingi matahari. Hal ini terjadi akibat adanya gaya saling menarik antara gravitasi matahari dengan bumi.

Akibat pergerakan pada sumbunya, setiap daerah di Bumi mengalami siang dan malam, walaupun dengan panjang siang dan malam yang bisa berbeda-beda. Waktu yang dibutuhkan bumi untuk satu kali mengelilingi matahari adalah 365,25 hari. Selama berevolusi, bumi bergerak dengan kemiringan yang membentuk sudut hingga 23,50 derajat terhadap matahari, yang diukur dari garis khatulistiwa.

Tentunya banyak sekali manfaat yang dapat kita rasakan dari aktivitas revolusi bumi. Berikut 5 dampak atau akibat revolusi bumi terhadap kehidupan kita.

1. Perubahan musim
5 Dampak atau Akibat Revolusi Bumi bagi Kehidupan, Masih Ingat?

Perubahan musim merupakan salah satu akibat dari revolusi bumi. Hal ini merupakan salah satu yang sangat bermanfaat bagi manusia. Pada umumnya kita mengenal 4 musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, serta musim semi. Namun di Indonesia hanya terdapat 2 musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan.

Perubahan musim merupakan hal yang sangat penting. Jika tidak terjadi perubahan musim, maka suatu daerah hanya akan mengalami 1 musim sepanjang tahun yang tentunya akan menyulitkan.

2. Perbedaan lama siang dan malam
5 Dampak atau Akibat Revolusi Bumi bagi Kehidupan, Masih Ingat?

Walaupun terjadinya siang dan malam merupakan akibat dari rotasi bumi, namun revolusi bumi berpengaruh terhadap lamanya siang dan malam. Perbedaan waktu lamanya siang dan malam ini terjadi lantaran akibat dari kombinasi antara revolusi bumi dan kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika.

Keadaan perbedaan lama siang dan malam dapat kita lihat dengan jelas jika kita berada di dekat kutub bumi, baik kutub utara maupun kutub selatan.

3. Gerak semu tahunan matahari
5 Dampak atau Akibat Revolusi Bumi bagi Kehidupan, Masih Ingat?

Revolusi bumi yang mengelilingi matahari, menyebabkan timbulnya gerak semu tahunan matahari. Gerak semu tahunan matahari umumnya dikenal dengan posisi matahari yang berubah di tempat yang sama bila diamati secara berkala.

Sebenarnya gerak semu ini merupakan pergerakan matahari ke arah bumi bagian utara yang biasanya terjadi pada 22 Desember sampai 21 Juni. Serta dari utara menuju selatam pada 21 Juni hingga 21 Desember.

4. Perubahan letak rasi bintang
5 Dampak atau Akibat Revolusi Bumi bagi Kehidupan, Masih Ingat?

Rasi bintang yang tampak berubah juga merupakan salah satu akibat dari revolusi bumi. Rasi bintang yang kita kenal dengan zodiak ini, sering dikaitkan dengan garis nasib seseorang.

Perbedaan susunan rasi bintang yang terlihat dari bumi sebenarnya terjadi karena posisi kita sebagai pengamat. Ketika bumi bergerak mengelilingi matahari, posisi rasi bintang pun seolah-olah berubah.

5. Kalender Masehi
5 Dampak atau Akibat Revolusi Bumi bagi Kehidupan, Masih Ingat?

Dampak selanjutnya dari revolusi bumi adalah adanya kalender Masehi yang umum kita gunakan. Perhitungan kalender Masehi didapat dari satu kali kala revolusi bumi selama 365,25 hari. Berdasarkan pembagian bujur barat dan bujur timur, ditetapkan batas penanggalan internasional adalah bujur 180 derajat. Ini berakibat jika bagian timur bujur 180 derajat tanggal 15, maka bagian barat bujur 180 derajat masih tanggal 14.

Nah, itulah tadi beberapa dampak atau akibat revolusi bumi bagi kehidupan. Menarik bukan? Semoga informasi tadi dapat bermanfaat dan menambah wawasan kamu ya.