Inilah yang Harus Dilewati Jika Ingin Menjadi Astronaut

Inilah yang Harus Dilewati Jika Ingin Menjadi Astronaut

Inilah yang Harus Dilewati Jika Ingin Menjadi Astronaut РAntariksawan adalah sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Astronaut adalah orang yang diberikan tugas atau misi untuk melakukan pekerjaan khusus di luar angkasa.

Istilah “astronaut” juga kadang digunakan untuk merujuk secara spesifik kepada antariksawan yang berasal dari Amerika Serikat atau negara sahabat, Tugas mereka beraneka ragam, mulai dari pilot wahana luar angkasa, teknisi, dokter, ilmuwan, ahli komputer, dan lain sebagainya. Pada dasarnya, seorang astronaut dilatih secara khusus sebelum melakukan misinya ke luar angkasa.

Nah, jika kamu ingin menjadi seorang astronaut, hal ini bukanlah hal yang mustahil. Namun, memang ada kriteria khusus di mana tidak semua orang bisa ditunjuk untuk melakukan misi ke luar angkasa. Kira-kira apa saja yang harus dilewati oleh seseorang jika ingin menjadi seorang astronaut ya? Yuk, disimak!

1. Latar belakang pendidikan
Mau Jadi Astronaut? 5 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Salah satu syarat untuk menjadi seorang astronaut adalah latar belakang pendidikan di bidang eksakta yang mumpuni. NASA dalam lamannya mencatat bahwa pendidikan dari calon astronaut harus sesuai dengan bidang yang bakal berkaitan dengan tugas-tugas astronaut.

Itu sebabnya, astronaut yang bertugas di luar angkasa biasanya terdiri dari berbagai macam keahlian. Mulai dari teknisi, pilot, ahli fisika, dokter, dan lain sebagainya. Oh ya, nilai kelulusan yang tertera di ijazah milikmu juga wajib memenuhi angka minimum dari yang telah disyaratkan oleh badan antariksa, lho. Jadi, memang tidak semua orang bisa terpilih menjadi astronaut.

2. Kewarganegaraan juga memengaruhi peluang untuk menjadi astronaut
Mau Jadi Astronaut? 5 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Biasanya, orang berkewarganegaraan Amerika Serikat lebih memiliki peluang untuk menjadi astronaut karena memang NASA merupakan badan antariksa milik pemerintah AS. Namun, bukan berarti orang-orang di luar kewarganegaraan AS tidak bisa menjadi astronaut. Sudah banyak negara yang mengirimkan tenaga ahlinya untuk melakukan misi ke luar angkasa.

Nah, bagaimana orang di luar AS jika ingin melamar menjadi astronaut? Biasanya, mereka di luar warga negara Amerika akan memiliki status sebagai astronaut internasional dan akan bertugas sebagai payload specialist, yakni seorang ahli yang ditugaskan oleh NASA untuk bersama-sama melakukan tugas di luar angkasa dan mendampingi astronaut Amerika Serikat.

3. Pengalaman yang berkaitan dengan tugas-tugas NASA
Mau Jadi Astronaut? 5 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Pengalaman sangat dibutuhkan untuk mempertegas keahlian kamu di bidang yang kamu kuasai. Misalnya, kamu ingin menjadi ahli fisika di NASA, maka setidaknya, kamu wajib memiliki pengalaman akademik lanjutan di bidang fisika selama beberapa tahun. Nah, kalau seorang pilot ingin melamar sebagai astronaut, maka ia wajib memiliki beberapa ribu jam terbang yang disyaratkan oleh NASA.

Oh ya, kemampuan bahasa juga sangat diperhitungkan di sini. Bahasa Inggris merupakan bahasa yang wajib dikuasai secara penuh oleh semua orang yang melamar sebagai astronaut NASA. Bagaimana? Apa kamu sudah memiliki pengalaman untuk menjadi astronaut?

4. Fisik dan mental
Mau Jadi Astronaut? 5 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Latihan fisik dan mental merupakan salah satu hal yang wajib dijalankan oleh calon astronaut. Banyak yang gagal dalam hal ini. Pasalnya, latihan fisik dan mental bagi calon astronaut memang terbilang sangat berat dan membutuhkan waktu lama. Calon astronaut akan melalui latihan penyesuaian gravitasi nol dengan tubuh. Beberapa latihan fisik yang sangat menguras energi juga dilakukan dalam jangka waktu lama.

Latihan fisik dan mental yang sangat berat tersebut harus dilakukan oleh calon astronaut selama kurun waktu tertentu, tergantung pada keputusan NASA. Bahkan, bagi astronaut berpengalaman pun, zona gravitasi mikro dan nol masih merupakan momok karena akan membuat mereka sangat tidak nyaman. So, model pelatihan NASA sangat tidak disarankan bagi kamu yang mudah pusing dan mabuk perjalanan.

5. Sehat secara jasmani dan rohani
Mau Jadi Astronaut? 5 Hal Ini yang Harus Kamu Perhatikan

Selain sehat secara fisik, seorang astronaut juga wajib sehat secara rohani atau kejiwaan. Dokter NASA akan memeriksa dan melakukan banyak tes untuk memastikan bahwa seseorang layak untuk mengemban tugas berat di luar angkasa. Mulai dari kerja jantung, otak, ginjal, paru-paru, dan semua organ tubuh akan diperiksa oleh pihak medis.

Kesehatan mental atau rohani juga sangat penting supaya astronaut sanggup menghadapi hal-hal yang memberatkan mereka di luar angkasa. Faktanya, tekanan dan rasa sepi di luar angkasa bisa membuat seseorang menjadi gila. Ya, keadaan luar angkasa dengan segala macam risikonya akan memengaruhi mental para astronaut yang bertugas, dicatat dalam laman Massachusetts Institute of Technology (MIT).