Inilah Perusahaan yang Menjalankan Bisnis Ke Luar Angkasa

Inilah Perusahaan yang Menjalankan Bisnis Ke Luar Angkasa

Inilah Perusahaan yang Menjalankan Bisnis Ke Luar Angkasa РPerusahaan SpaceX di bawah naungan salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk, ini memang sedang getol-getolnya merencanakan misi besar yakni berwisata Mars pada 2026. Transportasi luar angkasa SpaceX ini dirancang berbeda dengan milik NASA. Kalau liburan kamu biasanya ke mana? Pantai? Luar kota? Atau bahkan luar negeri? Tentunya liburan merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari.

SpaceX merupakan perusahaan kedirgantaraan ternama di Amerika, tepatnya berpusat di Hawthorne, California. Didirikan pada 6 Mei 2002, SpaceX telah memproduksi banyak kendaraan luar angkasa, seperti peluncuran Falcon 9 dan Falcon Heavy, mesin roket, kargo Dragon, pesawat ruang angkasa awak, dan satelit komunikasi Starlink.

Tapi apakan kamu pernah berpikir untuk melakukan perjalanan ke luar angkasa? Di masa depan perjalanan wisata ke luar angkasa tidak hanya menjadi mimpi, namun bisa menjadi nyata. Banyak perusahaan yang saat ini berlomba-lomba menjalankan bisnis perjalanan luar angkasa. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya.

1. Space Exploration Technologies (SpaceX)
5 Perusahaan Ini Tawarkan Perjalanan Luar Angkasa, Tertarik?

Perusahaan yang didirikan oleh Elon Musk pada 6 Mei 2002 ini mempunyai misi utama yaitu mengirim manusia ke mars dan membuat koloni baru di sana. Sampai sekarang perusahaan ini telah mencatat berbagai prestasi dan kemajuan demi mencapai misi utamanya.

Belakangan Spacex diketahui sukses mengirim dua astronot NASA ke International Station. Peluncuran pada 30 Mei waktu setempat itu juga mengukuhkan SpaceX sebagai perusahaan swasta pertama yang mengirim manusia ke ISS.

2. Bigelow Aerospace
5 Perusahaan Ini Tawarkan Perjalanan Luar Angkasa, Tertarik?

Bigelow Aerospace merupakan perusahaan swasta yang berkantor pusat di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Perusahaan ini sendiri didirikan oleh Robert Bigelow pada tahun 1998. Saat ini Bigelow Aerospace sedang fokus membuat dan mengembangkan hotel yang rencananya akan diluncurkan ke luar angkasa pada tahun 2021, hal ini membuka kesempatan bagi manusia untuk merasakan sensasi menginap di langit.

3. Blue Origin
5 Perusahaan Ini Tawarkan Perjalanan Luar Angkasa, Tertarik?

Orang terkaya di dunia saat ini, Jeff Bezos juga ikut meramaikan persaingan bisnis luar angkasa. Namun Blue Origin didirikan jauh sebelum ia menjadi yang nomor 1, tepatnya perusahaan ini berdiri pada 8 September 2000.

Blue Origin saat ini fokus mengembangkan roket yang punya kemampuan vertical take-off dan vertical landing, sehingga bisa digunakan berkali-kali. Pada tanggal 11 Desember 2019, roket New Shepard sukses melakukan vertical take-off dan vertical landing untuk yang ke-12 kalinya.

4. SpaceDev
5 Perusahaan Ini Tawarkan Perjalanan Luar Angkasa, Tertarik?

Perusahaan yang mempunyai kantor pusat di Poway, California ini didirikan pada tahun 1997. SpaceDev sendiri diketahui sebagai anak perusahaan Sierra Nevada Corporation yang bergerak di bidang penerbangan luar angkasa dan mikro satelit. Perusahaan ini juga tercatat bekerjasama dengan NASA untuk mengembangkan pesawat penumpang luar angkasa yang dinamai dengan Dream Chaser.

5. Virgin Galactic
5 Perusahaan Ini Tawarkan Perjalanan Luar Angkasa, Tertarik?

Virgin Galactic merupakan anak perusahaan Virgin Group yang didirikan oleh Richard Branson pada 2004. Perusahaan yang berkantor pusat di Las Cruses, New Mexico ini mempunyai misi membuka perjalanan wisata ke luar angkasa.

Pesawat SpaceShipTwo milik Virgin Galactic tercatat sukses mencapai tepi angkasa pada Desember 2018, pencapaian ini tentunya membuat Richard Branson semakin dekat dengan mimpinya. Tiket perjalanan dengan Virgin Galactic akan dijual dengan harga 250.000 dollar atau sekitar 3,6 miliar rupiah.