Inilah Lima Bintang yang Paling Terang di Rasi Taurus

Inilah Lima Bintang yang Paling Terang di Rasi Taurus

Inilah Lima Bintang yang Paling Terang di Rasi Taurus – Taurus adalah tanda astrologi kedua di zodiak. Zodiak Ini mencakup tingkat ke 30-60 zodiak, antara 27,25 dan 54,75 derajat bujur langit. Taurus adalah salah satu rasi bintang populer yang juga termasuk ke dalam penamaan zodiak. Rasi ini memiliki bintang terkenal yang bernama Aldebaran.

Di bawah zodiak tropikal, matahari transit daerah ini pada 20 April sampai 20 Mei setiap tahun. Di bawah zodiak sidereal, matahari transit konstelasi Taurus dari tanggal 16 Mei Sampai 21 Juni. Aldebaran diketahui masuk ke dalam urutan bintang paling terang di langit malam.

Namun, di balik bintang ini, Dilansir dari Daftar Poker777 ternyata ada beberapa bintang lain di Taurus yang tak kalah terangnya. Penasaran apa saja itu? Yuk, simak di bawah ini!

1. Elnath
Selain Aldebaran, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Taurus

Beta Tauri, atau secara resmi bernama Elnath, adalah bintang paling terang kedua yang terletak di perbatasan antara rasi bintang Taurus dan Auriga dengan magnitudo tampak 1,65. Selain itu, Elnath juga termasuk ke dalam daftar bintang paling terang di langit malam, yakni di urutan ke-28.

Bintang ini terkenal karena posisinya yang terletak dekat dengan anti pusat galaksi Bimasakti. Hal tersebut membuat Elnath kerap dijadikan patokan atau penunjuk arah anti pusat galaksi dari Bumi.

2. Alcyone
Selain Aldebaran, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Taurus

Alcyone atau Eta Tauri ialah bintang paling terang ketiga di rasi Taurus dengan kecerlangan magnitudo 2,87. Bintang ini juga mendapat titel bintang paling terang di gugus Pleaides, salah satu gugus bintang terbuka yang mendiami rasi Taurus.

Dilansir The Nine Planets, Alcyone mempunyai massa yang enam kali lebih besar dari Matahari. Jaraknya dengan Bumi diperkirakan mencapai 448 tahun cahaya.

3. Tianguan
Selain Aldebaran, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Taurus

Tianguan atau Zeta Tauri merupakan bintang paling terang keempat di rasi Taurus dengan kecerlangan magnitudo 3. Dilansir Universe Guide, bintang ini termasuk ke dalam tipe bintang raksasa yang memancarkan cahaya biru.

Menurut data Hipparcos 2007, Tianguan memiliki jarak sekiranya 444,97 tahun cahaya dari Bumi. Bintang ini bisa dilihat dengan mata telanjang, namun jika ingin mengamatinya dengan jelas, tetap harus menggunakan teleskop, ya!

4. Chamukuy
Selain Aldebaran, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Taurus

Chamukuy atau yang memiliki nama lain Theta 2 Tauri adalah bintang paling terang kelima di rasi Taurus. Sama seperti Tianguan, bintang ini diklasifikasikan sebagai bintang rakasasa dengan tipe spektral A7III.

Chamukuy tidak berada pada garis yang membentuk rasi Taurus, melainkan mendiami bagian dalamnya. Berdasarkan tipe spektralnya, bintang ini diketahui memancarkan cahaya putih biru.

5. Lambda Tauri
Selain Aldebaran, Ini 5 Bintang Paling Terang di Rasi Taurus

Lambda Tauri ialah bintang paling terang keenam di dalam rasi Taurus. Bintang ini termasuk ke dalam tipe bintang deret utama dengan sistem rangkap tiga. Lambda Tauri berada pada garis-garis yang membentuk rasi Taurus. Dilansir The Sky Live, bintang ini memiliki magnitudo 3,47 dan memancarkan cahaya berwarna biru.

Itulah urutan bintang paling terang di rasi Taurus selain Aldebaran. Jika langit malam cerah, kamu bisa mengamati bintang-bintang ini dengan leluasa. Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuanmu, ya!