Inilah Fakta Unik Mengenai Cahaya Cantik di Langit Utara

Inilah Fakta Unik Mengenai Cahaya Cantik di Langit Utara

Inilah Fakta Unik Mengenai Cahaya Cantik di Langit Utara – Aurora atau  cahaya kutub adalah fenomena alam yang menghasilkan pancaran cahaya  yang menyala-nyala dan menari-nari di langit malam pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik  yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya). Fenomena ini hanya bisa dinikmati di negara yang jauh dari garis khatulistiwa, salah satu negara yang fenomena alamnya bagus untuk dilihat adalah Selandia Baru.

Oleh karena itu, tidak heran kalau Aurora menghasilkan cahaya yang indah banget di langit. Cahaya Aurora bahkan bisa dilihat dari luar angkasa. Aurora yang ada di langit bagian selatan bumi disebut Aurora Astralis, sedangkan Aurora yang ada di langit bagian utara bumi disebut Aurora Borealis. Diantara keduanya, Aurora Borealis adalah yang paling terkenal.

Walaupun sama-sama memiliki cahaya yang sama cantiknya, namun medan untuk melihat Aurora Borealis cenderung lebih mudah ditempuh. Aurora Astralis yang berada di kutub selatan, memiliki Agen IDN Poker77 medan yang cukup sulit untuk dijangkau.

1. Setiap hari warna cahaya aurora yang dipancarkan selalu berbeda
7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Kalau kamu melihat dari foto-foto tentang Aurora Borealis yang banyak beredar, kamu pasti bisa melihat kalau Aurora ini memiliki warna cahaya yang berbeda-beda. Perbedaan warna ini disebabkan karena kandungan atom pada Oksigen dan Nitrogen di udara selalu berubah-ubah.

Ketika kadar atom Oksigen lebih besar, maka cahaya Aurora akan dominan berwarna hijau atau kemerahan. Sedangkan kalau kadar atom Nitrogen lebih banyak, maka cahaya Aurora akan dominan berwarna orange atau kemerahan. Tapi selain warna diatas, kadang-kadang ada muncul juga cahaya berwarna biru.

2. Cahaya aurora mampu menciptakan ilusi
7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Setiap orang yang menyaksikan cahaya Aurora secara langsung, pasti menyangka kalau Aurora itu letaknya dekat banget. Padahal nih itu semua cuma ilusi saja. Kenyataannya Aurora itu letaknya di atmosfir bumi, jaraknya sekitar 90 kilometer. Jauh banget kan?

Bahkan saking jauhnya, keindahan cahaya Aurora masih bisa dinikmati oleh para astronot yang sedang berada di luar angkasa. Tapi para astronot harus berhati-hati saat menikmati Aurora, karena biasanya cahaya Aurora jelas terlihat kalau sedang terjadi badai di matahari. Dan mereka harus berusaha menghindari radiasi dari badai matahari tersebut.

3. Nama Aurora ternyata berasal dari nama dewi kepercayaan orang Romawi
7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Keindahan cahaya di langit utara ini memang tiada duanya, hal ini membuatnya diberikan nama yang sama indahnya yakni Aurora Borealis. Nama Aurora berasal dari nama Dewi Fajar kepercayaan orang Romawi Kuno. Sedangkan nama Borealis berasal dari bahasa Yunani “Boreas”, yang artinya angin utara.

4. Di sekitar Kutub Utara, banyak beredar cerita legenda tentang Aurora
7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Hal-hal aneh dan unik pasti selalu memiliki legenda yang menyertainya, begitu juga dengan Aurora Borealis. Penduduk di Amerika Utara percaya kalau Aurora merupakan perwujudan roh dari orang-orang yang sudah meninggal. Namun, ada pula yang percaya kalau Aurora merupakan cahaya untuk memandu jiwa-jiwa orang yang sudah meninggal ke surga.

Sedangkan orang-orang suku Inuit atau lebih kita kenal sebagai orang Eskimo, memiliki kepercayaan kalau Aurora Borealis adalah perwujudan dari roh-roh binatang yang sudah mereka buru selama ini.

5. Selain cahaya yang cantik, aurora ternyata juga bisa mengeluarkan suara
7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Menurut para ilmuwan, karena letaknya yang sangat tinggi maka Aurora juga mampu mengeluarkan suara. Namun suara Aurora tidaklah selalu terdengar, karena suaranya biasanya muncul di malam hari saat tidak ada angin yang berhembus.

Menurut orang-orang yang sudah pernah mendengarnya, suara yang dikeluarkan oleh Aurora merupakan suara lembut seperti gulungan ombak. Namun ada juga yang mendengarnya seperti suara gemericik air, dan suara tepukan.

6. Matahari memiliki peranan penting dalam proses terjadinya aurora
7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Seperti yang sudah dijelaskan di awal artikel ini, Aurora terjadi karena adanya interaksi antara medan magnetik bumi, dengan partikel yang dipancarkan oleh matahari. Oleh karena itu matahari memegang peranan penting dalam proses terjadinya Aurora.

Semakin tinggi suhu yang dipancarkan oleh matahari, maka cahaya Aurora yang terpancar juga akan semakin indah dan spektakuler. Cahaya Aurora Borealis yang paling spektakuler, pernah terjadi pada tanggal 28 Agustus dan 2 September 1859. Cahayanya saat itu begitu kuat dan menyilaukan mata.

7. Aurora Borealis bisa disaksikan di beberapa tempat di bagian utara bumi
7 Fakta Tentang Aurora Borealis, Cahaya Cantik di Langit Utara

Saat ini Aurora Borealis dikenal sebagai pesona alam yang ada di Iceland atau Islandia. Tapi sesungguhnya cahaya Aurora bisa dinikmati pada beberapa tempat di bumi bagian utara. Mulai dari Alaska, Kanada hingga Siberia, di tempat ini kamu bisa menyaksikan indahnya cahaya Aurora dengan sempurna.

Cahaya Aurora bisa dilihat sepanjang hari. Dataran Arktik menjadi tempat terbaik kalau kamu ingin melihat keindahan cahaya Aurora di siang hari ataupun saat tengah malam. Sayang sekali ya tempat-tempat tersebut sangat jauh letaknya dari Indonesia. Tapi mungkin suatu hari nanti, kamu juga memiliki kesempatan untuk menyaksikan keindahan Aurora Borealis secara langsung.

Fenomena aurora ini terkait dengan selubung medan magnet atau magnetosfer Bumi dan aktivitas kemunculan cahaya dari Matahari. Semakin kuat dan lama cahaya aurora, dapat diperkirakan semakin kuat gangguan dari Matahari yang dikenal sebagai badai matahari (solar storm). Badai Matahari adalah siklus kegiatan peledakan dahsyat dari masa puncak kegiatan bintik matahari (sunspot), biasanya setiap 11 tahun akan memasuki periode aktivitas badai matahari. Sedangkan gangguannya yang terjadi pada medan magnet Bumi, dinamakan badai magnet (magnetic storm).