Inilah Fakta Langka Mengenai Planet Dalam Susunan Tata Surya

Inilah Fakta Langka Mengenai Planet Dalam Susunan Tata Surya

Inilah Fakta Langka Mengenai Planet Dalam Susunan Tata Surya – Tata Surya adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi, dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.

Tata Surya terbagi menjadi Matahari, empat planet bagian dalam, sabuk asteroid, empat planet bagian luar, dan di bagian terluar adalah Sabuk Kuiper  dan piringan tersebar. Awan Oort diperkirakan terletak di daerah terjauh yang berjarak sekitar seribu kali di luar bagian yang terluar.

Planet-planet di Tata Surya pasti bukan sesuatu yang asing bagi kita, karena toh kita sudah mengenal Agen IDN Poker77 planet-planet ini ketika masih duduk di sekolah dasar. Tapi tahu enggak kalau apa yang kamu pelajari dulu ternyata belum ada apa-apanya lho.

1. Uranus miring ke samping
5 Fakta Langka tentang Planet di Tata Surya, Kamu Sudah Tahu Belum?

Planet di Tata Surya tidak benar-benar tegak. Bumi kita contohnya yang memiliki kemiringan hingga 23 derajat. Tapi hal itu bukan apa-apa jika dibandingkan dengan kemiringan yang dimiliki Uranus. Planet terjauh ini memiliki kemiringan hingga 98 derajat yang membuatnya jatuh ke samping. Para ahli berpendapat jika dulu planet Uranus pernah ditabrak benda langit lain sehingga mengalami kemiringan yang ekstrem.

2. Venus mengalami pemanasan global
5 Fakta Langka tentang Planet di Tata Surya, Kamu Sudah Tahu Belum?

Merkurius boleh jadi planet terdekat dengan matahari, tapi justru Venus-lah yang mendapat predikat sebagai planet terpanas. Mengapa bisa begitu? Ini karena Merkurius tidak memiliki atmosfer sama sekali, sedangkan Venus memiliki atmosfer tebal yang 95 persen di antaranya terdiri dari karbon dioksida atau CO2.

Karbon dioksida ini memerangkap panas matahari dan membuat suhu planet naik drastis hingga mencapai 450 derajat Celcius.

3. Mars dulunya memiliki air
5 Fakta Langka tentang Planet di Tata Surya, Kamu Sudah Tahu Belum?

Menurut sciencefocus.com, dulu planet merah memiliki air dalam jumlah banyak. Hal ini dibuktikan dengan pendaratan Mariner 9 tahun 1971 dan Viking beberapa tahun setelahnya. Dua pesawat itu menemukan bukti bahwa erosi, banjir besar, dan hujan pernah terjadi di planet ini. Lalu bagaimana ceritanya Mars bisa berubah jadi gersang?

Ternyata perubahan Mars disebabkan oleh menghilangnya medan magnet di planet ini. Medan magnet inilah yang melindungi planet dari terpaan angin matahari. Tanpa medan magnet, angin matahari akan mengikis atmosfer menjadi lebih tipis dan membuat planet yang dulunya penuh air jadi gersang seperti sekarang.

4. Bulan Jupiter memiliki gunung berapi
5 Fakta Langka tentang Planet di Tata Surya, Kamu Sudah Tahu Belum?

Jupiter memang merupakan planet gas raksasa, tapi uniknya banyak dari bulan Jupiter memiliki permukaan batu layaknya Bumi. Tidak hanya sekedar daratan, salah satu bulan Jupiter yang bernama lo ternyata dipenuhi oleh gunung berapi yang masih aktif dan bisa meletus kapan saja mereka mau.

5. Tidak hanya bulan Jupiter, Pluto pun memiliki gunung
5 Fakta Langka tentang Planet di Tata Surya, Kamu Sudah Tahu Belum?

Satelit Jupiter bukan satu-satunya yang memiliki gunung api, karena planet kerdil Pluto pun memilikinya. Tentu saja bukan gunung berapi melainkan gunung es setinggi 3.300 meter. Yang membuatnya mengejutkan adalah, gunung es ini pernah aktif sekitar 100 juta tahun yang lalu.

Padahal untuk aktif secara geologi, gunung ini membutuhkan energi besar. Dan energi itu jelas tidak di dapat dari matahari karena letak Pluto terlalu jauh. Jadi pertanyaannya, dari mana planet kerdil ini memiliki energi besar untuk membuat sebuah gunung aktif dan memiliki aktifitas vulkanis?

Sejak pertengahan 2008, ada lima objek angkasa yang diklasifikasikan sebagai planet katai. Orbit planet-planet katai, kecuali Ceres, berada lebih jauh dari Neptunus. Kelima planet katai tersebut ialah Ceres (415 juta km. di sabuk asteroid; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kelima), Pluto (5.906 juta km.; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kesembilan), Haumea (6.450 juta km), Makemake (6.850 juta km), dan Eris (10.100 juta km).