Inilah Astronaut Pertama AS yang Dihormati Sebagai Pahlawan

Inilah Astronaut Pertama AS yang Dihormati Sebagai Pahlawan

Inilah Astronaut Pertama AS yang Dihormati Sebagai Pahlawan – Antariksawan (lazim disebut astronaut atau kosmonaut) adalah sebutan bagi orang yang telah menjalani latihan dalam program penerbangan antariksa manusia untuk memimpin, menerbangkan pesawat, atau menjadi awak pesawat antariksa. Hampir 6 bulan setelah organisasi Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) dibuat pada Oktober 1958, ada tujuh astronaut yang dipilih untuk menjadi orang Amerika pertama yang pergi ke luar angkasa. Kelompok astronaut pertama dikenal sebagai Mercury Seven.

Pada tahun 1962, NASA menambahkan kelompok astronaut kedua yang dikenal sebagai Next Nine. Kelompok ini terdiri dari Jim Lovell, yang menjadi salah satu kru pertama yang mengorbit Bulan di Apollo 8 dan komandan Apollo 13, serta Neil Armstrong, manusia pertama yang mendarat di Bulan.

Buzz Aldrin, masuk ke grup 3 yang beranggotakan 14 orang dan diperkenalkan pada tahun 1963. Uniknya, di kala itu, Dikutip dari idn poker mobile astronaut diperlakukan seperti selebritas dan dihormati sebagai pahlawan. Inilah rasanya menjadi salah satu astronaut pertama Amerika Serikat.

1. Astronaut pertama AS adalah kelompok homogen
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Pejabat militer Presiden Dwight D. Eisenhower menyarankan agar calon astronaut memiliki 1.500 jam terbang dalam uji militer. Ada beberapa kriteria lain, termasuk gelar sarjana di bidang teknik dan berusia kurang dari 40 tahun.

Pada Januari 1959, panitia mengantongi 508 nama pilot untuk diseleksi dan mengonfirmasinya kepada Mercury Seven. Ada enam proses seleksi selama dekade berikutnya. NASA menulis bahwa para kandidat harus menjalani serangkaian tes psikologis, fisik, dan kesehatan.

2. Astronaut pertama ini tahu bahaya yang mengintai mereka
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Sejak tahun 1948, AS dan Uni Soviet bereksperimen dengan mengirim hewan ke luar angkasa, tetapi banyak yang tidak bertahan. Setelah misi Mercury berhasil mengirim seseorang ke luar angkasa dan kembali dengan selamat, misi Gemini dan Apollo berikutnya pun dilakukan untuk membawa manusia ke Bulan.

Astronaut Grup 3 Bill Anders, bagian dari misi Apollo 8 yang pertama mengorbit Bulan, mengatakan kepada PBS bahwa ada kemungkinan satu dari tiga astronaut bisa tewas. Namun, mereka tak gentar dan melihat misi tersebut sebagai tantangan yang menarik.

3. Para astronaut dan stafnya pindah ke Houston
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Pada bulan September 1961, NASA memindahkan markas program luar angkasanya dari Virginia ke Houston. Pembangunan Manned Spacecraft Center atau sekarang Johnson Space Center dimulai pada tahun 1962.

Begitu misi dimulai, dukungan lingkungan mengambil peran penting. Mereka melindungi privasi para astronaut dengan berbohong kepada orang luar yang menanyakan alamat mereka. Dilansir laman Houston Chronicle, ketika Jim Lovell kembali ke Timber Cove dari misi Apollo 13 yang membawa malapetaka, mereka menyambutnya dengan cahaya lilin untuk menghormati jasanya.

4. Astronaut Amerika pertama dianggap seperti selebritas
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Mercury Seven diperkenalkan pada konferensi pers pada 9 April 1959 dan langsung menyedot perhatian banyak pihak. Status selebritas para astronaut ini justru berdampak positif untuk program luar angkasa. Mereka mempertaruhkan hidup untuk menunjukkan kepada Soviet bahwa Amerika jauh lebih unggul.

5. Diterpa masalah rumah tangga
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Para astronaut pertama dianggap sebagai panutan, tetapi di balik layar, banyak yang memiliki kehidupan pribadi yang kacau.  Menikah dengan seorang astronaut dibayangi banyak ketakutan seperti ditinggal lama demi tugas dan kabar duka yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Selain itu, kehidupan mereka juga menjadi perhatian paparazzi dan media.

Seperti yang dijelaskan laman The Washington Post, Alan Shepard, orang Amerika pertama yang melakukan perjalanan ke luar angkasa diterpa isu perselingkuhan. Dari 30 astronaut yang telah menikah dan direkrut dalam 10 tahun pertama program luar angkasa, 23 astronaut harus bercerai dengan pasangan mereka.

6. Kesepakatan dengan Majalah Life
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

NASA menandatangani kontrak dengan majalah Life yang memberikan akses eksklusif untuk mengulik lebih dalam kehidupan pribadi para astronaut. Dilansir laman Atlantic, Life meliput para astronaut dalam 28 edisi antara tahun 1959 dan 1963.

Sebaliknya, Life memberi NASA dan para astronaut hak persetujuan atas semua konten yang berkaitan dengan mereka dan uang 500 ribu dolar AS untuk dibagi tujuh orang (sekitar 4.475.500 US dolar pada tahun 2021) dan jika dirupiahkan mencapai 64,7 miliar.

7. Pelatihan ketat dan ekspansif
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Tidak tahu kondisi apa yang akan dihadapi para astronaut di luar angkasa, pelatihan pun dilakukan untuk mempersiapkan ketahanan. Mereka bahkan melakukan pelatihan hutan, laut, dan bertahan hidup di gurun.

Ada pula kelas teknik dan kuliah, mulai dari fisiologi hingga aeronautika. Voas menugaskan setiap astronaut mempelajari salah satu sistem kapsul Mercury yang masih dibangun, untuk membuatnya seramah mungkin bagi astronaut. Mereka juga harus belajar astronomi, sehingga mereka bisa menavigasi bintang.

8. Pakaian astronaut pertama tidak sebaik seperti sekarang
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Pakaian antariksa yang dikenakan untuk misi Mercury cukup sederhana karena para astronaut tidak akan meninggalkan kapsul ruang angkasa selama misi berlangsung. Pakaian mereka diadaptasi dari pakaian bertekanan yang dikenakan oleh pilot Angkatan Laut AS yang terbang di ketinggian.

Namun, pakaian untuk misi Mercury itu sulit dipindahkan saat diberi tekanan. Akhirnya, hal ini diperbaiki untuk misi Gemini. Pakaian astronaut pun mengalami banyak perkembangan sesudahnya.

9. Sebanyak tujuh dari 30 astronaut pertama tewas dalam kurun waktu 3 tahun
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Dari 30 orang dalam tiga kelompok astronaut pertama NASA, tujuh di antaranya meninggal pada tahun 1964 hingga 1967. Ini membuktikan bahwa pekerjaan mereka tidaklah mudah.

Dikutip dari laman ArsTechnica, ruang pesawat membutuhkan waktu setidaknya 90 detik untuk dibuka, sedangkan para astronaut tidak dapat mengurangi tekanan kabin. Mereka pingsan dan sesak napas karena asap beracun dari kapsul ruang angkasa yang terbakar sebelum akhirnya tewas dalam beberapa menit.

10. Beberapa astronaut AS pertama yang memiliki karier antariksa di masa tuanya
10 Fakta Astronaut Amerika Serikat Pertama dalam Sejarah

Untuk beberapa astronaut pertama, misi luar angkasa tidak berakhir pada tahun 60-an. Pada 28 Oktober 1998, John Glenn, orang Amerika pertama yang mengorbit Bumi, memecahkan rekor lain sebagai orang tertua yang pergi ke luar angkasa. Saat itu, ia berusia 77 tahun.

Shepard dibantu oleh sesama astronaut Mercury Seven, Deke Slayton, yang saat itu menjadi panitia seleksi. Selang 3 tahun setelah terpilih untuk Project Mercury, Slayton didiagnosis mengidap penyakit jantung.